SISTEM PASAR ISLAMI", SEBUAH JAWABAN TENTANG KEGAGALAN PASAR
Abstract
Konsep pasar konvensional dan pasar islami memiliki berbagai perbedaan yang
cukup signifikan, perbedaan-perbedaan pada beberapa sisi mendasar tersebut akan
mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyaakat. Misalnya konsep pasar persaingan
sempurna yang tidak serupa pengaturannya antara pasar islami dan pasar konvensional.
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pentingnya pasal islami
dalam kesejahteraan masyarakat. Adapun hasil penelitian ini yakni, pentingnya pasar islami
dalam kesejahteraan masyarakat tidak bisa dilepaskan dari beberapa faktor yang lekat
dengan corak pasar islami itu sendiri yakni konsep pasar persaingan sempurna dimana
pemetaan harga yang sama dan menghindari harga ditetapkan sesuka hati oleh kelompok
tertentu. Disamping itu, dalam pasar islami juga menekankan pengamalan cara berdagang
Rasulullah yang lekat dengan kejujuran dan keikhlasan serta, mempedomani mekanisme
kriteria pasar islami sebagaimana yang dirumuskan oleh Ibnu Taimiyah akan membuat
masyarakat maupun pedagang itu sendiri merasakan kesejahteraan sebab menyandarkan
ketentuan aktifitas pasarnya pada konsep syariat
References
Buchari, Andi. Islamic Economics: Ekonomi Syariah Bukan OPSI Tetapi SOLUSI. Jakarta:
Bumi Aksara, 2009.
Hardian. “Konsep Dagang Nabi Muhammad Saw Dan Relevansinya Dengan Teori
Pemasaran Modern.” In Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha
Saifuddin Jambi, 2021.
Lidyana, Novita. “Pasar Persaingan Sempurna Dalam Islam.” Jurnal Iqtishodiyah Vol. 2,
No. 2 (2016).
Nasution, Arman Hakim. Manajemen Pemasaran Untuk Engineering. Yogyakarta: ANDI,
2006.
Nasution, Mustafa Edwin. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media
Group, 2006.
Rahmi, Ain. “Mekanisme Pasar Dalam Islam.” Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan
Vol. 4, no. 2 (2015).
Sukirno, Sadono. Teori Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2013.
forshei.org/2019/10/mekanisme-pasar-dalam-perspektif-islam.html.
Suprayitno, Eko. Ekonomi Mikro Islam. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Zaini, Ahmad Afan. “Pasar Persaingan Sempurna Dalam Perspektif Ekonomi Islam.”
Jurnal Ummul Qura Vol. 42 (2014)