Persepsi dan Keputusan Investasi Masa Depan pada Generasi Milenial dan Gen Z

  • Raju Adha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad fuadi Tanjung Universitas Isla Negeri Sumatera Utara
  • Sugianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: OCBC NISP Financial Fitness Index, Keputusan Investasi, Generasi Milenial.

Abstract

Abstract

Bank OCBC NISP held the OCBC NISP Financial Fitness Index to analyze the financial health of Indonesia's young generation. The results revealed that around 85.66% of them were in an unhealthy financial condition, while 14.33% who looked healthy still needed measures to maintain stability. This study aims to explore the perceptions of millennials and gen Z in making investment decisions in the future. Using qualitative research methods through interviews, the results show the difference between the two, especially on the emphasis on sustainability and social impact in investment. However, both agree that financial education and the influence of social media have a key role in shaping their investment decisions.

Keywords: OCBC NISP Financial Fitness Index, Investment Decision, Millennial Generation.

 

Abstrak

Bank OCBC NISP menyelenggarakan OCBC NISP Financial Fitness Index untuk menganalisis kesehatan finansial generasi muda Indonesia. Hasilnya mengungkapkan bahwa sekitar 85,66% dari mereka berada dalam kondisi finansial yang kurang sehat, sementara 14,33% yang terlihat sehat masih memerlukan langkah-langkah untuk mempertahankan stabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi milenial dan gen Z dalam pengambilan keputusan investasi di masa depan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui wawancara, hasilnya menunjukkan perbedaan antara keduanya terutama pada penekanan keberlanjutan dan dampak sosial dalam investasi. Namun, keduanya sepakat bahwa pendidikan keuangan dan pengaruh media sosial memiliki peran kunci dalam membentuk keputusan investasi mereka.

Kata Kunci: OCBC NISP Financial Fitness Index, Keputusan Investasi, Generasi Milenial.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Rahman. (2004). Psikologi : Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Kencana.

Andi Kardian. (2016). Komunikasi Sosial Pembangunan : Tinjauan Komunikasi Dalam Pembangunan Sosial. Hawa dan Ahwa.

Bimo Walgito. (2018). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset.

Bryan A. Garner. (2009). Black Law Dictionary. West Publishing Co. Thomson Reuters.

Budiati. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementrian Pemberdayaan.

Jalaluddin Rakhmat. (2013). Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosadakarya.

NISP, O. (2019). OCBC NISP Paparkan Riset Financial Fitness Index Indonesia, Hasilnya Generasi Muda Perlu Segera Check-up dan Perbaiki Kesehatan Finansial. Http://Www.Ocbcnisp.Com/. https://www.ocbc.id/id/tentang-ocbc-nisp/informasi/siaran-pers/2021/08/20/financial-fitness-index-indonesia

Qurniawati Rina Sari, N. Y. A. (2018). eWOM pada generasi Z di media. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 20(2), 70–80.

Rahadi, D. R., & Stevanus, Y. (2020). Persepsi Dan Pengambilan Keputusan Milenial Terhadap Instumen Investasi Masa Depan : Studi Literatur. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(2), 162–177. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i2.129

Siswanto. (2023). 7 Pengertian Keputusan dan Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli Lengkap. https://www.pelajaran.co.id/pengertian-keputusan-dan-pengambilan-keputusan-menurut-para-ahli/

Sumanto. (2015). Psikologi Umum. CAPS.

Zelazko Alicja. (2023). Millenial Demographic Group. Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/topic/millennial

Published
2023-12-30
How to Cite
Raju Adha, Ahmad fuadi Tanjung, and Sugianto. 2023. “Persepsi Dan Keputusan Investasi Masa Depan Pada Generasi Milenial Dan Gen Z”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 20 (2), 257-66. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i2.870.