Membentuk Karakter Siswa Melalui Program-Program Sekolah : Studi Kasus di SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang

  • Dewi Sinta Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Fahrudin Fahrudin Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Achmad Faqihuddin Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia
  • Abid Nurhuda Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
Keywords: Pembinaan Karakter, Generasi Muda, Program-Program Sekolah

Abstract

Abstract

Character education is a crucial aspect in forming a young generation that is strong and has integrity. This research aims to explore character training through school programs at SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang. The selection of this school as a research object was based on the success of its superior programs, which allegedly had a significant role in shaping student character. This research uses a qualitative approach with a case study design. Data collection techniques include observation, interviews, and document study. Data analysis was done using data reduction, display, verification, and conclusion. The results of the research show that the superior programs at SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang include Al-Quran tahfidz, science competitions, OSIS activities, extracurriculars, the Adiwiyata School program, child-friendly, Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), Cambridge Curriculum, and activities -habituation and acculturation activities effectively shape students' character with religious values, leadership and responsibility. The supporting factors for its success are integrating the program with the school's vision, mission, and motto, a collaboration between foundation management, leaders, and teachers, adequate infrastructure, and active support from parents.  

Keywords: Character Development, Young Generation, School Programs

 Abstrak

Pendidikan karakter menjadi aspek krusial dalam membentuk generasi muda yang tangguh dan berintegritas. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pembinaan karakter melalui program-program sekolah di SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang. Pemilihan sekolah ini sebagai objek penelitian didasarkan pada keberhasilan program-program unggulannya yang disinyalir memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, verifikasi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program unggulan di SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang seperti tahfidz Al-Quran, kompetisi sains, kegiatan OSIS, ekstrakurikuler, program Sekolah Adiwiyata, ramah anak, Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), Kurikulum Camridge, serta kegiatan-kegiatan pembiasaan dan pembudayaan efektif membentuk karakter siswa dengan nilai-nilai religius, kepemimpinan, dan tanggung jawab. Faktor pendukung kesuksesannya adalah keterpaduan program dengan visi, misi dan moto sekolah, kolaborasi antara pengelola yayasan, para pimpinan dan guru-guru, sarana prasarana yang memadai, serta dukungan aktif orangtua.

Kata Kunci: Pembinaan Karakter,  Generasi Muda, Program-Program Sekolah

References

Abid Nurhuda, and Abdullah Hadziq. “Implementation of Tahfidz Al-Qur’an Program At Boarding School Smptq Abi Ummi Boyolali.” Paedagogia: Jurnal Pendidikan 11, no. 2 (2022): 257–74. https://doi.org/10.24239/pdg.vol11.iss2.200.

Aji, Singgih Prasetya, and Nur Azizah. “Pembentukan Karakter Santri Melalui Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 15, no. 2 (2021). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v15i2.1818.

Arnidha, Yunni, and Fatahillah Fatahillah. “Membentuk Karakter Logis, Kritis, Kreatif Dan Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik.” JURNAL E-DuMath 7, no. 1 (2021): 35–41. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1359.

Ayu, Ida, and Yoni Septi. “Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Melalui Pengembangan Program Sekolah.” Manajemen Pendidikan Volume 23, no. 5 (2012): h. 445-453.

Baidowi, Ahmad, and Moh Solehuddin. “Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Di SMP Al-Furqan Madrasatul Quran Tebuireng.” RISDA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 6, no. 1 (2021): 1–13.

Christiana, Rachel Anastasya, Achmad Supriyanto, and Juharyanto Juharyanto. “Implementasi Kurikulum Cambridge Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan 2, no. 4 (2022): 288–95. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p288-295.

Darmawan, G S, G A Afti, and ... “Pengaruh Efektivitas Sekolah Menengah Atas Terhadap Peluang Masuk Universitas Negeri Jakarta: Studi Kasus Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial.” … Motivasi Pendidikan … 1, no. 1 (2023). https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmpb-widyakarya/article/view/581%0Ahttps://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmpb-widyakarya/article/download/581/611.

Diniaty, Amirah. “Dukungan Orangtua Terhadap Minat Belajar Siswa.” Jurnal Al-Taujih Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami 3, no. 1 (2017): 90–100. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/atj.v3i1.592.

Dirgantoro, Ajar. “Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Bangsa Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).” Jurnal Rontal Keilmuan PPKn, 2 (1) 2, no. 1 (2016): 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/ppkn.v2i1.321.

Efendi, Rinja. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.

Fawaid, Moh. Mansyur. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa.” Urnal Civic Hukum 2, no. 1 (2017).

Hamzah, Syeh Hawib. “Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik.” Dinamika Ilmu 12, no. 1 (2012): 1–22.

Hayudiyani, Meila, Bagus Rachmad Saputra, Maulana Amirul Adha, and Nova Syafira Ariyanti. “Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Program Unggulan Sekolah.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8, no. 1 (2020): 89–95. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131.

Hidayat, Rizandi, Arrazi Muhammad, Asmendri, and Sari Milya. “Pentingnya Manajeman Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (2023): 47–59. https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.745.

Joko, Tri. “Implementasi Manajemen Organisasi Siswa Intra Sekolah Sebagai Strategi Dalam Pengembangan Kepemimpinan Siswa SMP Negeri 2 Sukadana.” Jurnal Lentera Pusat Penelitian LPPM UM Metro 3, no. 1 (2018): 71–86.

Khiyaroh, Arifatul, Muhammad Imam Syafii, Chusnul Mutia, Ahmad Fikri Mujtahid, Desti Endah, and Abid Nurhuda. “The Influence of Jamaluddin Al-Afghani’s Pan-Islamic Movement on the Fighting Spirit of Muslims in Various Countries.” Fahima 2, no. 1 (2023): 1–12.

Kodrianingsih, Wafiq Laelatul, Ahmad Fauzan, Baiq Mega Kurnia, and Nurul Hidayati. “Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Siswa Melalui Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Di SMPN 1 Narmada.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 6, no. 1 (2023). https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/2692.

Kurniawaty, Imas, Purwati Purwati, and Aiman Faiz. “Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air.” Jurnal Education and Development 10, no. 3 (2022): 496–98. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3905.

Kusuma, Galih Habibati. “Zikir Al-Màtsurat Sebagai Media Ketenangan Psikososial Remaja.” Gunung Djati Conference Series 19 (2023): 261–70. http://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1221.

Mafu’ah. Mengenal Hari-Hari Besar Islam. Semarang: Alprin, 2019.

Masrizal, and Muhammad Iqbal. Panduan Satuan Pendidikan Aman Benacana. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2022.

Metcalfe, Jason, and Daniel Moulin-Stożek. “Religious Education Teachers’ Perspectives on Character Education.” British Journal of Religious Education 43, no. 3 (2021): 349–60. https://doi.org/10.1080/01416200.2020.1713049.

Murjazin, Murjazin, Abid Nurhuda, and Thariq Aziz. “Community Social Education in the Perspective of the Hadith of the Prophet Muhammad SAW.” IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application) 6, no. 2 (2023): 161–70. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ijeca.v6i2.16418.

Murjazin, Murjazin, Abid Nurhuda, Linna Susanti, and Yasin Syafii Azami. “Psychological and Physiological Motives in Humans (Study on Verses of The Qur’an).” Suhuf 35, no. 1 (2023): 30–44. https://doi.org/10.23917/suhuf.v35i1.22581.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Askara, 2011.

Muslim, Amim, Dian Putri Ayuni, Mahadhika Wipradharma, and Hagni Wiyanti. “Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Upaya Penanaman Karakter Islami Di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo.” Buletin Literasi Budaya Sekolah 3, no. Mutu Pendidikan (2021): 4. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i2.14277.

Nafiati, Dewi Amaliah. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21, no. 2 (2021): 151–72. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.

Nasution, S. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Bandung: Bumi Askara, 2016.

Nurhuda, Abid. “Islamic Education in the Family : Concept , Role , Relationship , and Parenting Style.” International Journal Corner of Educational Research (IJCER) 2, no. 4 (2023): 359–68. https://doi.org/https://doi.org/10.54012/jcell.v2i4.153.

———. “Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Aku Bukan Jodohnya Karya Tri Suaka.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 22, no. 2 (2022): 17–23. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1393.

———. “Sufism Values in Pancasila as the Nation’s Ideology.” ATHENA: Journal of Social, Culture and Society 1, no. 3 (2023): 103. https://doi.org/https://doi.org/10.58905/athena.v1i3.53.

Nurhuda, Abid, and Nur Aini. “Bergandengan Di Tengah Keberagaman (Moderasi Beragama Di Indonesia).” Jurnal Sudut Pandang 2, no. 9 (2021): 24–27. https://doi.org/https://doi.org/10.55314/jsp.v2i9.196.

Nurhuda, Abid, and Afifah Vinda Prananingrum. “Empowerment of Children in Dawung, Matesih, Karanganyar Village Through Educational Classes in the Time of Covid-19.” Journal of Educational Analytics 1, no. 1 (2022): 61–70.

Nurhuda, Abid, and Nur Aini Setyaningtyas. “Implementasi Pembelajaran Ilmu Hadist Di MAN 1 Boyolali Saat Pandemi ( The Implementation of Hadith Science Learning in Man 1 Boyolali During the Pandemic ).” Jurnal Nusantara Mengabdi 1, no. 2 (2022): 63–76.

Nurhusna, S. “Membentuk Kepribadian Murid Melalui Sifat-Sifat Terpuji Dalam Ajaran Islam Yang Berdampak Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar.” Jurnal Mahasiswa Humanis 1, no. 1 (2021): 18–24.

Nurjanah, Ida, and Abdul Halim Sholeh. “Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa Di MIN 02 Kota Tanggerang Selatan.” Jurnal Qiro’ah 10, no. 1 (2020): 58–73.

Pitaloka, Angelica Fajar, and Julia Ivanna. “Pentingnya Soft Skill Dalam Membangun Jiwa Kepemimpinan.” Hikmah 15 (2018). http://jurnalhttp//e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/24/21.umk.ac.id/index.php/RE.

Pramitha, Devi. “Urgensi Perumusan Visi, Misi Dan Nilai-Nilai Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Tarbawi 01, no. 01 (2016): Halaman : 8-9.

Prasetya, Sidiq. “Pengaruh Disiplin Tata Tertib Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa.” Jurnal Eksekutif 13, no. 2 (2016): 249–63.

Purwanti, Dwi. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 1, no. 2 (2017): 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622.

Rachmadyanti, Putri. “Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201-214.” Jpsd 3, no. 2 (2017): 201–14. 2002.

Rohman, Syaifur, Sekolah Tinggi, Ilmu Tarbiyah, and Al Mubarok Lampung. “Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Untuk Menjaga Potensi Aqidah Pada Anak.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2020): 117–38. http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/36.

Salminati, Intik. “Pembiasaan Upacara Bendera Sebagai Upaya Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa.” Jurnal Kewarganegaraan 1, no. 1 (2017): 8–11. https://doi.org/10.31316/jk.v1i1.877.

Subiyakto, Alviatus Zahro, and Friska Ayu. “Sosialisasi Pentingnya Penerapan Budaya 5R Di SD Al Huda.” Jurnal Pengabdian “Dharma Bakti” 6, no. 1 (2023): 29–34.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2017.

Susanti, Linna, Muhamad Fiqhussunnah Al Khoiron, Abid Nurhuda, and Muhammad Al Fajri. “The Reality of Tarbiyah, Ta’lim, and Ta’dib in Islamic Education.” SUHUF 35, no. 2 (2023): 11–19. https://doi.org/10.23917/suhuf.v35i2.22964.

Ubaidah, Siti. “Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah.” Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin 5, no. 11 (2014): 150–61. https://media.neliti.com/media/publications/56738-ID-manajemen-ekstrakurikuler-dalam-meningkat.pdf.

Ulfatin, Nurul. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative, 2015.

Widyaningrum, Heny Kusuma, and Fauzatul Ma’rufah Rahmanumeta. “Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan.” Proceedings Infernational Seminar FoE (Faculty of Education) 1 (2016): 268–77.

Yosada, Kardius Richi, and Agusta Kurniati. “Menciptakan Sekolah Ramah Anak.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 5, no. 2 (2019): 145–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480.

Zamzam, Rohimi, and Mita Arifiah. “Penerapan Program Sekolah Adiwiyata Kepada Karakter Siswa.” Dinamika Lingkungan Indonesia 1, no. 1 (2018): 241–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/dli.2.1.p.61-64.

Published
2024-06-13
How to Cite
Sinta, Dewi, Fahrudin Fahrudin, Achmad Faqihuddin, and Abid Nurhuda. 2024. “Membentuk Karakter Siswa Melalui Program-Program Sekolah : Studi Kasus Di SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang ”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 21 (01), 428-48. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v21i01.854.