Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pola Asuh Orang Tua dan Teman Sebaya Terhadap Akhlak Siswa di Sekolah Menengah atas Negeri Se-Kota Pekanbaru
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pola Asuh Orang Tua Dan Teman Sebaya Terhadap Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif sampel penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Pekanbaru sebanyak 363 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan Regresi Linier dan Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel 0,140 > 0,102) dengan nilai sig. 007 < 0,005. Dengan besar kontribusi 20%. Pola Asuh Orang Tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akhlak siswa. Hal ini di tunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (0,190 > 0,102)dengan nilai sig. 0,000 < 0,005. Dengan besar kontribusi 39%. Teman Sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akhlak siswa. Hal ini di tunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (0,122 > 0,102)dengan nilai sig. 0,020 < 0,005. Dengan besar kontribusi 15%. Terdapat pengaruh signifikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pola Asuh Orang Tua Dan Teman Sebaya Terhadap Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai F hitung > F tabel (8,026 > 2,61). dengan besar konstribusi 63%. Ini berarti sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 63%.’
Kata Kunci: Pembelajran PAI, Pola Asuh Orang Tua, Teman Sebaya dan Akhlak.
ABSTRACT
This research aims to determine the influence of Islamic religious education learning from parenting patterns from parents and peers on student morals in state high schools throughout the city of Pekanbaru. This research is field research with a quantitative approach. The research sample was 363 students at State Senior High Schools in Pekanbaru City. Data collection techniques use questionnaires and documentation. Data analysis techniques use Linear and Multiple Regression. The results of this research indicate that Islamic Religious Education Learning has a significant influence on the morals of students in State Senior High Schools throughout the City of Pekanbaru. This is indicated by the calculated t result being greater than the t table 0.140 > 0.102) with a sig value. 007 < 0.005. With a contribution of 20%. Parenting styles have a significant influence on student morals. This is shown by the calculated t result being greater than the t table (0.190 > 0.102) with a sig value. 0.000 < 0.005. With a contribution of 39%. Peers have a significant influence on student morals. This is shown by the calculated t result being greater than the t table (0.122 > 0.102) with a sig value. 0.020 < 0.005. With a contribution of 15%. There is a significant influence of Islamic Religious Education Learning on the Parenting Patterns of Parents and Peers on the Morals of Students in State High Schools throughout the City of Pekanbaru. This is shown by the results of the calculated F value > F table (8.026 > 2.61). with a contribution of 63%. This means that the contribution of the influence of the independent variable to the dependent variable is 63%.'
Keywords: PAI Learning, Parenting Patterns, Peers and Morals.
References
Yatimin Abdulah, Studi Akhlak dalam Prespektif Al Qur’an, (Jakarta: Amzah , 2007)
Binti Maunah, Landasan Pendidikan (Yogyakarta: Suses Offsed, 2009)
Ahmad D. Marimba Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Alma’arif, 1987)
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001)
Zakiyah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta:Bulan Bintang, 2003)
Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, (Jakarta: Pustaka Amani, 1995)
Desmita, Psikologi Perkembangan, PT Remaja Rosda karya , Bandung, 2008
Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, Mendesain Model Pemebelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual, (Jakarta: KENCANA, 2014)
Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2010)
Indah Ayu Setiyowati, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Smp Negeri 11 Dumai, Jurnal Tafidu Vol. 1 No.1, Agustus 2022
Jihad Asep, Evaluasi pembelajaran, (Yogyakarta: Multi Pressindo, 2003)
Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka pelajar offset, 1996)
Ny. Y. Singgih D. Gunarsa dan Gunarsa, Singgih D , Psikologi Remaja, (Jakarta: Gunung Mulia, 2007)
Yulita Rintyastini, Bimbingan Konseling SMP Untuk Kelas VII, (Jakarta: Erlangga, 2006)
Andi Mappiare, Psikologi Remaja, (Surabaya : Usaha Nasional, 1982)
Zainuddin, Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991)
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995)
Efendi, Konsep Pemikiran Edwars L. Thordike’ Behavioristik dan Imam Al- Ghazali’Akhlak, (Jakarta: Guepedia, 2016)
Djamarah, Syaiful Bahri, pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta : Rineka Cipta, 2014
Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.