Pemanfaatan Google Street View dalam Pembelajaraan Sejarah Kebudayaan Islam Materi Manasik Haji
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi banyak menimbulkan dampak terhadap segala aspek termasuk pendidikan. Berbagai macam upaya pemanfaatan produk digital marak diberdayakan dalam pembelajaran, salah satunya Google Street View. Google Street View dapat menyampaikan informasi mengenai lokasi di suatu daerah secara virtual, dan relevan jika digunakan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam khususnya pada materi manasik haji. Berbagai fitur yang tersedia dalam Google Street View memungkinkan penggunanya menjelajahi tempat yang diinginkan oleh pengguna tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, tentu mereka dapat menjelajahi tempat di seluruh penjuru dunia secara real time dan jelas. Sehingga menunjang pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, khususnya dalam konteks kunjungan ke tempat-tempat bersejarah yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pendekatan lapangan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengoptimalkan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui penggunaan Google Street View. Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Penulis memberikan rekomendasi kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mengkaji dengan menambahkan variable lanjutan yang di sandingkan dengan pengujian keefektifan penggunaan Google Street View dengan sajian kuantitatif khususnya dalam dunia pendidikan islam.
References
Abby Wijaya. “3 Manfaat Menggunakan Fitur Google Street View,” November 20, 2021. https://adjar.grid.id/amp/542995896/3-manfaat-menggunakan-fitur-google-street-view?page=2.
Ahmad Sarwat, Lc. MA. Ibadah Haji Rukun Iman Kelima. Vol. 55. 1, 2019.
Ahmad Zaki, Diyan Yusri. “Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 7, no. 2 (2020): 809–20. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618.
“Cara Menggunakan Google Street View.” Accessed October 25, 2023. https://id.wikihow.com/Menggunakan-Google-Street-View.
Dragomir Anguelov and Carole Dulong. Google Street View: Capturing the World at Street Level. 2010th ed. Vol. 37, 2010.
Edi Elisa. “Pengertian Media Pembelajaran,” 2016. https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-media-pembelajaran.html.
Fathur Rachman. “Google Street View: Solusi Masyarakat Untuk Jalan-Jalan Di Tengah Pandemi,” Mei 2020. https://mojok.co/terminal/google-street-view-solusi-masyarakat-untuk-jalan-jalan-di-tengah-pandemi/.
“Gagné R M. The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1977.,” 1977, 1977.
Gito Yudha Pratomo. “Teknologi Dan Kontroversi Google Street View,” Agustus 2014. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20140826113326-192-1789/teknologi-dan-kontroversi-google-street-view.
Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan 18, no. 2 (December 26, 2021): 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
Salsabila, Unik Hanifah, Munaya Ulil Ilmi, Siti Aisyah, Nurfadila Nurfadila, and Rio Saputra. “Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi.” Journal on Education 3, no. 01 (January 6, 2021): 104–12. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348.
Somantri. “Memahami Metode Kualitatif.” Makara Sosial Humaniora, 2005.
Taufik Hidayat, and Zidan Sihotang. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Maps Terhadap Minat Belajar Geografi Peserta Didik Di Sma Negeri Kota Langsa.” Jurnal Samudra Geografi 4, no. 2 (August 13, 2021): 20–26. https://doi.org/10.33059/jsg.v4i2.3847.
Teraloggiq. “Fakta Tntang Google Street View,” 2021. https://terralogiq.com/cara-menggunakan-google-street-view/.
“The Conditions of Learning.” Accessed October 28, 2023. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/421/269.
wikihow. “Cara Menggunakan Google Street View,” 2023, 2023.
Zuhri, Syaifudin. “Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Multimedia” 2, no. 1 (2022).
Wawancara
Daryanto (Mahasiswa), wawancara oleh Dinda Azzahra, Univeritas Ahmad Dahlan. Tanggal 25 Oktober 2023
Fahmi (Mahasiswa), wawancara oleh Sendi Nurtanti, Univeritas Ahmad Dahlan. Tanggal 25 Oktober 2023
Hanifah (Mahasiswa), wawancara oleh Avivah Rahma Dini, Univeritas Ahmad Dahlan. Tanggal 25 Oktober 2023
Hendy (Mahasiswa), wawancara oleh Janingsih, Univeritas Ahmad Dahlan. Tanggal 25 Oktober 2023
Lail (Mahasiswa), wawancara oleh Janingsih, Univeritas Ahmad Dahlan. Tanggal 25 Oktober 2023
Linda (Mahasiswa), wawancara oleh Dinda Azzahra, Univeritas Ahmad Dahlan. Tanggal 25 Oktober 2023
Nisa (Mahasiswa), wawancara oleh Dinda Azzahra, Univeritas Ahmad Dahlan.
Putri (Mahasiswa), wawancara oleh Sendi Nurtanti, Univeritas Ahmad Dahlan. Tanggal 25 Oktober 2023
Rahmah (Mahasiswa), wawancara oleh Avivah Rahma, Univeritas Ahmad Dahlan. Tanggal 25 Oktober 2023
Riska Anisa (Mahasiswa), wawancara oleh Sendi Nurtanti, Univeritas Ahmad Dahlan.
Tanggal 25 Oktober 2023
Tanggal 25 Oktober 2023
Copyright (c) 2023 Unik Hanifah Salsabila, Dinda Azzahra, Sendi Nurtanti, Avivah Rahma Dini, Janingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.