Teori Alam Dalam Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Teori Manajemen Waktu Dalam Penciptaan Alam
Teori Alam Dalam Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Teori Manajemen Waktu Dalam Penciptaan Alam
Abstract
Abstract
The universe is the creation of the Almighty Allah. The universe is apart from Allah SWT. The universe also functions as a medium that humans use to learn. The data source for this research is literature, namely books and scientic journals. This study found that the management of natural formation consists of six stages; as stated in Surah Hud verse 7, the universe was created in six eras. God created the universe through a long process consisting of various elements and factors, not automatically and directly, in Islamic education theory. This universe was not created for Him alone; it was created for all living creatures who were given life. Humans are one of the elements of the universe to prosper the universe and continue its development. With his status as creator and owner, Allah has full authority to protect it or destroy it without being held accountable by anyone else. Educational institutions can design Islamic education materials that center on the love of nature in all institutions, both in the curriculum and in students' daily lives.
Keywords: Natural; philosophy; education; Islam; time management.
Abstrak
Alam semesta adalah kreasi dari Allah yang maha agung. Alam semesta adalah selain Allah swt. Alam semesta juga berfungsi sebagai media yang digunakan manusia untuk belajar. Sumber data penelitian ini adalah literatur, yaitu buku dan jurnal ilmiah. Studi ini menemukan bahwa manajemen pembentukan alam terdiri dari enam tahap, seperti yang dinyatakan dalam Surah Hud ayat 7 bahwa alam semesta diciptakan dalam enam masa. Alam semesta diciptakan oleh Allah melalui proses yang panjang yang terdiri dari berbagai elemen dan faktor, bukan secara otomatis dan langsung. Dalam teori pendidikan Islam. Alam semesta ini tidak diciptakan hanya untuk Dia sendiri; itu diciptakan untuk semua makhluk hidup yang diberi kehidupan. Manusia menjadi salah satu unsur alam semesta dengan tujuan memakmurkan alam semesta dan melanjutkan perkembangannya. Dengan statusnya sebagai pencipta dan pemilik, Allah memiliki otoritas penuh untuk menjaganya atau menghancurkannya tanpa diminta pertanggungjawaban oleh orang lain. Lembaga Pendidikan dapat merancang materi pendidikan Islam yang berpusat pada cinta alam ke dalam semua lembaga, baik dalam kurikulum maupun dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Kata Kunci: Alam; filsafat; pendidikan; islam; manajemen waktu.
References
Aini, Nurul. “Proses Penciptaan Alam Dalam Teori Emanasi Ibnu Sina.” Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam 3, no. 2 (2020): 55–75. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v3i2.9567.
Alim, Alimatus sa’diyah. “Hakikat Manusia, Alam Semesta, Dan Masyarakat Dalam Konteks Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Keislaman 15, no. 2 (2020): 144–60. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i2.1760.
Atabik, Ahmad. “Konsep Penciptaan Alam : Studi Komparatif-Normatif Antar Agama-Agama.” Fikrah:Jurnal Aqidah Dan Studi Keagamaan 3, no. 1 (2015): 101–22.
Dawi, M. Nuh. “Alam Semesta Dalam Perspektif Filsafat Islam.” Hibrul Ulama 3, no. 1 (2021): 1–10. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v3i1.147.
Filsafat, Perspektif, Pendidikan Islam, and Tentangalam D A N Lingkungan. “Oleh : Muhammad Taufik Ilmu Pendidikan Islam Dengan Filsafat Pendidikan Islam / Meski,” n.d.
Halawa, Ririn Valentina. “Tuhan Sebagai Pencipta : Konsep Penciptaan Jagat Raya Berdasarkan Kitab Kejadian Pasal 1-2.” Phronesis 5, no. 1 (2022): 15–27.
Hamka, Syamsuar. “Studi Kritis Pemikiran Fisika Modern Stephen Hawking Menurut Filsafat Pendidikan Islam.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2019): 1. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1895.
Hayani, Suma, Andi Saputra, and Saidul Amin. “Pandangan Al-Ghazali” 21 (2019): 148–61.
Hendra, Mersi, and Muhamad Rezi. “Konsep Penciptaan Bumi Dalam Al-Qur’an (Studi Terhadap QS. Al-Anbiya’ [21]: 30) Menurut Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar.” Jurnal Tafsere 9, no. 1 (2021): 92–121. https://doi.org/10.24252/jt.v9i1.30988.
Ilhamuddin, Ilhamuddin. “Reinterpretasi Dan Sinergitas Teori Penciptaan Alam.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 38, no. 2 (2014). https://doi.org/10.30821/miqot.v38i2.62.
Islam, Jurusan Pendidikan, Pascasarjana Uin, and Sumatera Utara. “Esensi Alam Semesta Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Dedi Sahputra Napitupulu.” Jurnal Pendidikan Islam VI, no. 1 (2017): 1–15.
Jainuddin, Nanang. “HUBUNGAN ANTARA ALAM DAN MANUSIA” 3, no. 2 (2023): 292–98.
Khotimah Prodi Ilmu Al-Qur, Husnul, An Isy Karima Karanganyar, and Jawa Tengah. “Kajian Tentang Penciptaan Alam Semesta Dalam Perspektif Kitab Tafsir Al-Azhar Dan Ilmuwan Sains the Study of the Creation of the Universe in the Perspective of Al-Azhar and Scientific Science.” AL-Karima 04, no. 02 (2020): 46–59.
Mardliyah, Watsiqotul, S. Sunardi, and Leo Agung. “Peran Manusia Sebagai Khalifah Allah Di Muka Bumi: Perspektif Ekologis Dalam Ajaran Islam.” Jurnal Penelitian 12, no. 2 (2018): 355. https://doi.org/10.21043/jp.v12i2.3523.
Maunah, Siti. “Hakikat Alam Semesta Menurut Filsuf Islam.” Madaniyah 9, no. 1 (2019): 1–21.
Mujahidin, Endin, Rachmat Rachmat, Abbas Manshur Tamam, and Akhmad Alim. “Konsep Manajemen Waktu Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 01 (2022): 129. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2203.
Ramadhan, Rizki, Soma Reza Maulana, and Singgih Zein Massaid Ramadhan. “Relativitas Waktu Penciptaan Alam Semesta Ditinjau Dari Teori Bigbang Dan Surat Hud Ayat 7.” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains 4 (2022): 11–18.
Rangkuti, Bima Wahyudin. “Reflection on the Essence of the Universe in a Review of Islamic Education Philosophy.” Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan 6 (2022): 22–47.
Sada, Heru juabdin. “Alam Semesta Dalam Presfektif Al-Qur’an Dan Hadist.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. November (2016): 21.
Saputra, M Rizqi Zidan, Muhammad Nor, and Revalina Zahro. “Terciptanya Alam Semesta Dalam Pandangan Islam” 1 (2023): 298–304.
Sufni, Adria Zahrani. “Proses Penciptaan Alam Semesta Dalam Al Qur ’ an.” Ulumul Qur’an: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 2 (2020): 20–32.
Syarif, Muh. Rasywan, and Fathur Rahman Basir. “Periodisasi Penciptaan Alam Semesta Dalam Manuskrip Kutika Dan Science Islam.” Elfalaky 5 (2021): 29–48.
Ungu, Embun Sakara, Khairunnisa Dwi Harry, and I Royani. “El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat Hakikat Alam Semesta Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat” 4, no. 2 (2024): 759–72. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.4339.
Copyright (c) 2023 Muhammad Rizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.