Pengaruh Layanan Bimbingan Konseling Islam terhadap Perubahan Perilaku Negatif Siswa

  • Afrizawati Institut Agama Islam Abdullah Said Batam
Keywords: perilaku negatif, bimbingan konseling islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahh mencari tahu bagaimana program konseling Islami dapat membantu mengurangi perilaku siswa yang mengganggu adalah fokus penelitian ini. Siswa SMP Muhammadiyah 01 Batam berpartisipasi dalam penelitian ini. Besar sampelnya adalah 56 siswa kelas VIII yang dipilih secara acak menggunakan cluster sampling. Metodologi kuantitatif digunakan untuk penelitian ini. Skala yang digunakan adalah skala layanan bimbingan konseling Islam, dan juga digunakan skala perilaku buruk siswa. Telah terbukti bahwa layanan konseling Islami memiliki dampak yang signifikan secara statistik terhadap modifikasi perilaku positif siswa. (p>0,05). Hanya 19% dari total keseluruhan yang dipengaruhi oleh variabel ini; sisanya dipengaruhi oleh pengaruh eksternal. Tingkat kesadaran diri siswa, serta lingkungan keluarga dan teman sebayanya, mungkin berperan dalam membentuk kecenderungannya terhadap perilaku buruk. Ketika seseorang bertindak dengan cara yang merugikan, mereka mungkin terlibat dalam perilaku menyimpang. Perilaku yang melanggar standar kesusilaan manusia dianggap menyimpang, dan terkadang disebut sebagai “penyimpangan sosial”. Nasihat konseling Islami adalah proses memberikan setiap orang dukungan spesifik, jangka panjang, dan metodis yang mereka perlukan untuk sepenuhnya mewujudkan potensi keagamaan mereka dengan mempelajari dan menghayati ajaran Al-Qur'an dan teladan Nabi Muhammad.

References

Anwar, M Fuad, Landasan Bimbingan Dan Konseling Islam (Deepublish, 2019)

Aprianto, Muhammad Ridho Fajar, ‘Peran Guru Pai Dalam Mencegah Perilaku Negatif Siswa Pada Masa Pubertas (Studi Deskriptif) Di SMP Negeri 1 Jenangan’ (IAIN Ponorogo, 2022)

Baharudin, Nurhikmah, ‘Perilaku Penyalagunaan Obat Keras Oleh Buruh Bangunan Kawasan Pergudangan Parangloe Indah KecamataN Tamalanrea’ (Makasar, 2015)

Fauzana, Suci, Sudirman Sudirman, and Yuhasnil Yuhasnil, ‘Hubungan Perilaku Negatif Siswa Dengan Prestasi Belajar PKN Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota’, Jurnal Edukasi, 1.1 (2021), 29–37

Handayani, Hawa Laily, Syamsul Ghufron, and Suharmono Kasiyun, ‘Perilaku Negatif Siswa: Bentuk, Faktor Penyebab, Dan Solusi Guru Dalam Mengatasinya’, Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7.2 (2020)

Hidayat, Juni Arifin, ‘Peran Guru Dalam Menanggulangi Perilaku Bullying Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Klangon Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta Tahun Pelajaran 2018/2019’, At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8.2 (2019), 293–315

Imaduddin, Ahmad, ‘Konseling Islam Dalam Menanggulangi Perilaku Negatif Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung’ (UIN Raden Intan Lampung, 2020)

Kurniawan, Asep, ‘Bimbingan Konseling Islam Bagi Perilaku Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Cirebon’, Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 2.1 (2019), 17–40

MR, Galuh Nashrullah Kartika, ‘Perspektif Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Islam’, NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 1.2 (2017), 95–109

Nurhidayah, Nurhidayah, ‘Bimbingan Konseling Dalam Perspektif Islam’ (Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2019)

Permana, Dian, and Arif Fajar Praetyo, Psikologi Olahraga Pengembangan Diri Dan Prestasi (Penerbit Adab, 2021)

Potabuga, Yodi Fitradi, ‘Pendekatan Realitas Dan Solution Focused Brief Therapy Dalam Bimbingan Konseling Islam’, Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 9.1 (2020), 40–55

Prihwanto, Puji, Kasmi Maturidi, Clauradita Angga Renny, Sitti Humairah, Ahmad Fadliansyah, and Riska Da, Konseling Lintas Agama Dan Budaya: Strategi Konseling Di Era Modern (GUEPEDIA, 2021)

Saefulloh, Ahmad, and Mellyarti Syarif, Model Pendidikan Islam Bagi PecanduNarkotika (Deepublish (CV. Budi Utama), 2019), I

Salahudin, Anas, Bimbingan & Konseling (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2019)

Saputra, Wahyu Nanda Eka, Agus Supriyanto, Budi Astuti, Yulia Ayriza, Sofwan Adiputra, and A Da Costa, ‘Peace Counseling Approach (PCA) to Reduce Negative Aggressive Behavior of Students’, Universal Journal of Educational Research, 8.2 (2020), 631–37

Su’ud, Sudarmi, ‘Remaja Dan Perilaku Menyimpang (Studi Kasus Pada Masyarakat Boepinang, Bombana)’, Selami, 1.34 (2011), 221401

Subarkah, Andi, ‘Himpunan Al-Qur’an Dan Terjemah New Cordova’, Bandung: Syaamil Quran, 2012

Sugiyono, P, ‘Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir’, Bandung: Alfabeta, 2019

Sulaswari, Misroh, Laila Nor Indah, Zuni Fatul Amaroh, Bagus Sadewo, Adi Khoirul Anam, and Mulyani Putri, Bunga Rampai: Edukasi Moderasi Beragama Di Tengah Pluralitas Masyarakat (GUEPEDIA)

Tania, Aditya Lupi, Usaha Pemberian Layanan Yang Optimal Guru BK Pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling) (UAD PRESS, 2021)

Tanjung, Sahrul, Bimbingan Konseling Islami Di Pesantren (umsu press, 2021)

Ulfiah, M Si, Psikologi Konseling Teori & Implementasi (Prenada Media, 2020)

Widiasworo, Erwin, ‘Masalah-Masalah Peserta Didik Dalam Kelas Dan Solusinya’, Yogyakarta: Araska, 2017

Winkel, W S, Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan, 2021

Wulandari, Monica, Safrizal Safrizal, and Husnani Husnani, ‘Faktor Penyebab Siswa Berperilaku Negatif Di Sekolah Dasar (Studi Kasus SD X Kota Batusangkar)’, Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2023, 1–12

Yuliyatun, Yuliyatun, Sugiyo Sugiyo, Anwar Sutoyo, and Sunawan Sunawan, ‘Peranan Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Di Era Digital’, in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2022, V, 1201–6

Published
2024-01-03
How to Cite
Afrizawati. 2024. “Pengaruh Layanan Bimbingan Konseling Islam Terhadap Perubahan Perilaku Negatif Siswa ”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 20 (2), 335-46. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i2.825.