Strategi Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Syari’ah : Antara Peluang dan Tantangan

  • Ade Suhartini STIE Syariah Bengkalis
Keywords: peluang, tantangan, strategi, perkembangan, usaha mikro, kecil, dan menengah.

Abstract

Keuangan Syariah berkembang dengan melonjak secara cepat sehingga menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang bagi dunia usaha dan memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan ekonomi dan juga bisnis-bisnis di Indonesia. Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) berpeluang besar dalam menyerap tenaga kerja sehingga perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan. Namun sebagian besar lembaga keuangan belum memiliki kepercayaan terhadap UMKM karena penghasilan yang diperoleh oleh pelaku usaha UMKM sangat kecil sehingga hanya sedikit UMKM yang meminjam uang untuk modal usaha di lembaga keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peluang dan tantangan yang ada dalam perkembangan UMKM berbasis Syari’ah. Penelitian ini menggunakan teknik studi lirature dalam mencari teori yang relevan yang untuk menjawab permasalahan penelitian terkait Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Syariah, antara Peluang dan Tantangan. Hasil pada penelitian ini adalah membuat web untuk pembelian produk secara online, rutin memasarkan produk secara online maupun ofline, menyediakan produk di luar dari permintaan konsumen, meningkatkan kualitas produk, mempertahankan keunggulan- keunggulan yang dimiliki oleh produk, meningkatkan inovasi dengan meng-upgrate mengikuti perkembangan zaman dengan menjual barang- barang  yang sedang populer, mencari supplier yang menjual dan memasarkan barang dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, memperluas target pasar dengan memanfaatkan teknologi yang ada, menjaga hubungan baik dengan konsumen dan suplier.

References

Al- Qur’an dan terjemahannya

Akhmad Al Aidhi, M Ade Kurnia Arahap, Arief Yanto Rukmana, Asri Ady Bakri. “Peningkatan Daya Saing Ekonomi Melalui Peran Inovasi, Multidisiplin West Science” 2 no. (2023).

Ambyah Atas Aji. “Evaluasi Pengadaan Dan Penanganan Barang Dagang Dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Anggota Dikoprasi Serba Usaha Pasar Tani Alami Kabupaten Boyolali.” Vol.23, No.1, 2023.

Andi Fitriansyah, Netti Nurlenawati, Dexi Triadinda. “Studi Komperatif Pemasaran Ofline Store Dengan Pemasaran Online B2c Pada Umkm Warbaks Sotang Mozarela Di Rangasdengklok.” Journal Of Syntax Literate Vol.8 No.4 (2023).

Aulia Azzahra, Ayumi Isna Ningsih, Puji Lestari, Sakila. “Strategi Peneapan Harga Di Point Coffe.” Jurnal Ekonomi, Akutansi Dan Manajemen Indonesia Vol.2, No. (2023).

Blasius Manggu, Sabinus Be. “Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kedai Kopi Ongaku Kota Bengkayang Berdasarkan Analisis SWOT.” Jurnal Wicida Vol. 27 No (2023).

Dani Rahadian Muharam. “Evaluasi Strategi Promosi Dan Penjualan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT. Astragraphia TBK Cabang Manado.” Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis,Dan Akutansi vol.4, no. (2016).

Dewi Santri, Dermilan Siregar. “Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara.” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen Vol.3, No. (2023).

Dhamayantie, E. “Nguatan Karakteristik Dan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM.” Jurnal Matriks: Manajement, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan Vol. 11. N (2017).

Diartono, D. A. “Pengembangan Model Cyber Cluster E-Commerce Berbasis Cms Dan Seo Produk UMKM.” Jurnal Of Computing And Cybernitics System Vol,9. No. (2015).

Dindin Abdurrahim Brata Sonjaya, Yanti Susila, Tresnawati, Afief Maula Novendra, Andry. “Strategi Bertahan Dan Pemasaran Online Di Masa Pandemi Covid 19 UKM Kota Bandung Studi Kasus Usaha Kecil Rajut.” Jurnal Ilmu Administrasi 2 no. (2023).

Jannah, M. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UMKM Batik Gedog Khas Tuban.” Jurnal Orientasi Kewirausahaan Vol.5. No. (2019).

Kartawinata, B., Wijayangka, C., Dabinda, H., & Aprilia, S. “Analisis Perkembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Sebelum Dan Sesudah Memperoleh Pembiayaan Dari Lembaga Keuangan Syariah.” Jurnal Eco-Buss Vol.2. No. (2020). https://doi.org/10.32877/Eb.V2i2.108 .

Lantu, D. C. “Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM Di Indonesia: Valiadasi Kuantitatif Model.” Jurnal Management Teknologi Vol. 15. N (2016).

Lina Rifda Naufalin. “Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kabupaten Bayumas.” Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi Vol.22, N (2020).

Maryati, S. “Peran Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Dalam Mengembangankan UMKM Dan Agri Bisnis Pedesaan Di Sumatera Barat.” Jurnal Economica Vol. 3. No (2017).

Maulida, Sri, and Ahmad Yunani. “Peluang Dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Dari Berbagai Aspek Ekonomi” 2, no. 1 (2017): 181–96.

“Memperluas Target Pasar Dengan Memanfaatkan Teknologi,” n.d. https://koinworks.com.

Muheramtohadi, Singgih. “Peran Lembaga Keuangan Syariah Dalam Pemberdayaan UMKM Di Indonesia” 8, no. 1 (2017): 65–77.

Nasruloh, A. “Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Penggunaan Produk Dan Jasa Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Sebagai Salah Satu Pilar Sistem Keuangan Nasional.” Vol. 1. No. 8 Jurnal Pro (2017).

Oktafia, R. “Percepatan Pertumbuhan Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Perkuatan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Lkms) Di Jawa Timu.” Jurnal Economica Vol. I. No (2017).

Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Keci dan Menengah ( Pasal 6) (2021).

Ronda Deli Sianturi. “Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM.” Journal of Business and Economics Research (JBE) Vol. 1 No. (2020).

Siaranpreshm. “Perkembangan-Umkm-Sebagai-Critical-Engin-Perekonomian-Nasional-Terus-Mendapat-Dukungan-Pemerintah.” 4.6/553/Set.M.Ekon.3/10, 2022. https://www.ekon.go.id/Publikkasi/Detail/4593.

Suyadi, Syahdanur, Susie Suryani. “Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Bengkalis-Riau.” Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 29 No (2018).

Syukron, M. Z. “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing UMKM Jenang Di Kabupaten Kudus.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 5. No (2016).

Wiranta, D. N. “Penguatan Peran Pemerintah Daerah Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal: Peluang Dan Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).” Jurnal Lingkar Widyaiswara Vol. 2. No (2016).

Published
2024-05-24
How to Cite
Suhartini, Ade. 2024. “Strategi Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Syari’ah : Antara Peluang Dan Tantangan ”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 21 (01), 364-84. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v21i01.823.