Pengelolaan Managemen Resiko dan Pemasaran Menurut Ekonomi Syariah
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan manajemen resiko menurut ekonomi Islam. Dimana Rasulullah Nabi terakhir dan uswatun hasanah memiliki cara yang sangat kompleks dalam membentuk kepribadian masyarakat melalui tindakannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan yang mengkaji sumber tertulis dari berbagai referensi literatur terkait gaya manajemen risiko Nabi Muhammad dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan studi pustaka. Hasilnya menemukan pengelolaan managemen nabi sangat unggul dalam mengatur system perniagan dan perdagangan di karenakan nabi dapat menekan kerugian kerugian dalam perniagaan yang dilakukannya. Namun demikian dalam pemasaran perniagaan nabi menampilkan sifat-sifat yang melekat pada kenabiannya yang menjadi contoh tauladan bagi kita dalam melakukan kegiatan management dan pemasaran. Perusahaan juga harus memperhatikan pentingnya menggunakan strategi layanan untuk meningkatkan layanan karena merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap produk yang mereka gunakan. untuk dapat memanajemeni resiko pada perusahaan dapat mengikuti keteladanan Rasulullah SAW, yaitu dengan menerapkan sifat Siddiq, Amanah, Fatonah dan Tabligh.
References
DAFTAR PUSTAKA
Adzkiya’, Ubbadul. Prophet Muhammad’s Business Ethics: History, Teachings and Practice. Semarang: books.google.com, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=M7sxEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=management+nabi+muhammad+context+management+business&ots=aE2R0nMdbM&sig=OvAgV4IgszqrjIOLx83w4VPyAzM.
Aprijon. “Kewirausahaan Dan Pandangan Islam.” Jurnal Menara 12, no. 1 (2013): 1–11.
Azizah, F N. “Pembangunan Masyarakat Berbasis Pengembangan Ekonomi Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus Tambaksari Kedungreja Cilacap …” 6, no. 03 (2018): 645–53. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4598/.
Basri. “Management and Financial Transparency of Islamic Religious Organizations: The Case Study of Modern Islamic Boarding School in Contemporary. Indonesia.” Global Journal of Humanities & Social Sciences, 2015.
Dalil, Fitri Yeni M. “The Implementation of Hadiths About Honesty and Trust in Islamic Business Ethics.” In Batusangkar Internationa; Conference, 341–49. Batusangkar, 2017.
Damayanti, Fitri, and Tridahus Susanto. “Pengaruh Komite Audit, Kualitas Audit, Kepemilikan Institusional, Resiko Perusahaan Dan Return on Asset Terhadap Tax Avoidance.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 5, no. 2 (2015): 187–206.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahan. Bandung: Hilal, 2009.
Hafidhuddin, Didin, and Hendri Tanjung. Manajemen Syariah Dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2003.
Hariyanto, Ishak, and Agus Dedi Putrawan. “Dakwah Kenabian Dan Konstruksi Masyarakat Khayalan.” Tasamuh 16, no. 1 (2018): 1–24. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.540.
Ibrahim, Abdul Halim, Noor Naemah Abdul Rahman, Shaikh Mohd Saifuddeen, and Madiha Baharuddin. “Maqasid Al-Shariah Based Islamic Bioethics: A Comprehensive Approach.” Journal of Bioethical Inquiry, 2019. https://doi.org/10.1007/s11673-019-09902-8.
MANZANI, A, and D Fadhilah. “THE INFLUENCE OF APPLICATION OF SHIDDIQ, AMANAH, FATHANAH AND TABLIGH CHARACTERISTICS ON THE SUCCESS OF ONLINE SHOP BUSINESS.” Bilal Journal: Halal Economic Business, 2021. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/362.
Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edited by Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Mukhlas, AA, and S Gresik. “Prophet’s Business Management.” Al-Iqtishod Journal, 2020. ttps://jurnal.stai-alazharmenanti.ac.id/index.php/AlIqtishod/article/download/87/72.
Nafiuddin. “Memahami Sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW Perspektif Bisnis Syariah.” BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 6, no. 2 (2018): 1–3.
Nawatmi, Sri. “Etika Bisnis Dalam Perspektif.” Fokus Ekonomi (FE) 9, no. 2 (2010): 50–58.
Oktavia, Rima. “Syariah Entrepreneurship: Explore The Basic Values of The Islamic Work Ethoh In The Business of The Rasulullsh.” IQTISADIE: Journal of ISlamic Banking and Shariah Economy 1, no. 2 (2021): 256–75. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2926029&val=25819&title=ENTERPRENEURSIP SYARIAH MENGGALI NILAI-NILAI DASAR ETOS KERJA ISLAMI DALAM BISNIS RASULULLAH.
Pheonix, Pustaka. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Team Pustaka Pheonix, 2017.
Pradesa, Dedy. “Manajemen Strategi Dakwah Nabi Muhammad Pada Masa Awal Madinah.” INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 8, no. 2 (2018): 231–56. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v8i2.151.
Qardawi, Yusuf. “Aku Dan Al Ikhwan Muslimun.” In Mudzakkirat Al Qaradhawi. Jakarta: Tarbawi Press, 2007.
Samad, Telsy Fratama Dewi, and Rosdalina Bukido. “Implementation of Normative on Business Activity in The Period of Rasulullah SAW.” AKADEMIKA 26, no. 1 (2021): 6.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Susanto, Andi. “Entrepreneurial Leadership Nabi Muhammad Saw Dalam Peristiwa Hijrah.” INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 3, no. 2 (2022): 335–56. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v3i2.191.
Susanto, Idil Rakhmat, and Tjiptohadi Sawarjuwono. “Konseptualisasi Perang Badar Sebagai Strategi Bisnis.” Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam 22, no. 1 (2021): 63. https://doi.org/10.30595/islamadina.v22i1.6378.
Trianto, Budi, Nil Firdaus, and Danil Syahputra. “ISLAMIC MANAGEMENT: SEJARAH, KONSEP DAN PRAKTEK DALAM KEHIDUPAN SOSIAL.” Jurnal Ekonomi Islam: Al Amwal 7, no. 1 (2018).
Zin, Zakaria bin Mat, and Faridah Hj Hassan. “Attributing Contemporary Leadership Moswla in Rasulullah (Peace Be Upon Him).” Journal of Islamic Management Studie2 2, no. 1 (2018): 0–22. http://www.uib.no/sites/w3.uib.no/files/attachments/1._ahmed-affective_economies_0.pdf%0Ahttp://www.laviedesidees.fr/Vers-une-anthropologie-critique.html%0Ahttp://www.cairn.info.lama.univ-amu.fr/resume.php?ID_ARTICLE=CEA_202_0563%5Cnhttp://www.cairn.info.lama.
Copyright (c) 2024 Mukhlis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.