Analisis Profesionalisasi Guru Berprestasi Di Kota Dumai
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menguraikan proses pengembangan profesional guru berprestasi di kota Dumai. Metode yang digunakan adalah jenis Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru yang berprestasi tingkat SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi kemudian dianalisa dengan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil penelitian: 1. Guru berprestasi cendrung memiliki wawasan yang luas. Hal ini diproleh melalui rangkaian kegiatan sebagai berikut: diklat, workshop, seminar, aktif pada kegiatan KKG dan MGMP. Kecintaan terhadap profesi guru menjadi dorongan untuk selalu mengembangkan wawasan. 2. Guru berprestasi menguasai kurikulum baru melalui bebarapa cara, yaitu belajar mandiri sebelum adanya pelatihan resmi dari pemerintah, mengikuti diklat dan workshop. 3. Pemanfaatan teknologi informasi menjadi cara yang efektif untuk mengembangkan kompetensi. Guru berprestasi berpandangan bahwa pemanfaatan teknologi informasi pada masa sekarang sudah menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan setiap pendidik. 4. Guru berprestasi memiliki pribadi yang kuat yaitu merasa bangga terhadap profesinya dan menganggap profesi guru sebagai bagian dari ibadah.
References
Craig, H.J., Kraft, R.J., & Plessis, J.D. Teacher development making an impact. Washington: World Bank, 1998.
Daryanto. Standar kompetensi dan penilaian kinera guru profesional. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
E. Mulyasa, Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Rosda Karya, 2009.
E. Mulyasa, Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Kompri, Manajemen sekolah: Orientasi kemandirian kepala sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Kompri, Motivasi pembelajaran: Prespektif siswa dan guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Maggioli, G.D. Professional development. Alexandria: The Association For Supervision and Curriculum Development (ASCD), 2004.
Miles, M.B. & Huberman. A.M. Qualitative data analysis. New York: SAGE Publications, 1994.
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen, 2005.
Sudarwan Danim. Pengembangan profesi guru: Dari pra jabatan, induksi, ke profesional madani. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.
Uno, H.B. Profesi kependidikan: Problema, solusi dan reformasi pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Copyright (c) 2023 Siti Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.