Hyper Religiusitas di Era Digital: Analisis Paradigma Postmodernisme Jean Baudrillard Terhadap Fenomena Keberagamaan di Media Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena hyper religiusitas yang terjadi dalam era digital di Indonesia dengan menggunakan paradigma postmodernisme Jean Baudrillard. Hyper religiusitas di era digital dapat dijelaskan dengan konsep simulasi dan tanda yang dikemukakan oleh Baudrillard. Fenomena ini dapat dilihat melalui praktik keagamaan yang tidak hanya terjadi di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya. Paradigma postmodernisme Baudrillard juga dapat digunakan untuk menjelaskan perubahan identitas dalam era modern dan pasca-modern, serta dampak media dalam memahami dan mempraktikkan agama. Selain itu, artikel ini membahas dampak masyarakat konsumeris terhadap simbol agama dan konsumsi sebagai cara masyarakat konsumeris memandang agama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan filosofis, yaitu dengan melakukan analisis terhadap konsep-konsep simulasi dan tanda dalam pandangan Baudrillard. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena hyper religiusitas yang terjadi di era digital dapat dipahami melalui konsep simulasi dan tanda, di mana agama dan simbol-simbol keagamaan dijadikan konsumsi dalam masyarakat konsumeris. Hal ini dapat berdampak pada perubahan praktik keagamaan yang sebelumnya didasarkan pada nilai-nilai keagamaan menjadi didasarkan pada nilai-nilai konsumsi.
References
Abdullah, M. Amin. “Religion, Science, and Culture: An Integrated, Interconnected Paradigm of Science.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 52, no. 1 (April 8, 2015): 175. https://doi.org/10.14421/ajis.2014.521.175-203.
Anton Bakker, Achmad Charris Zubair. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 2005.
Barker, Chris. Cultural Studies : Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Bentang Pustak, 2011.
Baudrillard, Jean. Simulations. Los Angeles: Semiotext, 1983.
———. The Consumer Society: Myths and Structures. London: Sage Publications inc., 1998.
———. The Miror of Production. St. Louis: Telos, 1975.
Dewi, Putri Aisyiyah Rachma. “Niqab Sebagai Fashion: Dialektik Konservatisme Dan Budaya Populer.” Scriptura 9, no. 1 (August 5, 2019): 9–15. https://doi.org/10.9744/scriptura.9.1.9-15.
Featherstone, Mike. Consumen Culture and Postmodernism. London: Sage Publications inc., 2007.
Fitria, Herlinda. “Hiperrealitas Dalam Social Media (Studi Kasus: Makan Cantik Di Senopati Pada Masyarakat Perkotaan).” Informasi 45, no. 2 (2016): 87. https://doi.org/10.21831/informasi.v45i2.7985.
Giddens, Anthony. Modernity and Self-Identity: Self and Society in the Late Modern Age. Stanford: Stanford University Press, 1991.
Handayani, Muslih Aris, and Mukti Ali. “Antara Agama Dan Imajinasi: Identitas Simbol Ibadah Dalam Perspektif Postkomunikasi, Postspiritualitas, Dan Hiperspiritualitas.” Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya 4, no. 2 (May 30, 2020): 125–34. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v4i2.8592.
Haryono, Cosmas Gatot. “Kepalsuan Hidup Dalam Hiperrealitas Iklan.” Profetik: Jurnal Komunikasi 12, no. 2 (March 25, 2020): 232. https://doi.org/10.14421/pjk.v12i2.1662.
Hefni, Wildani. “Religious Moderation in The Digital Space: Case Study of Mainstreaming Religious Moderation among Islamic Higher Education Institutions.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (July 21, 2020): 1–22. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182.
Humaira, Humaira -, and Evi Fitriani. “Penguatan Masyarakat Konsumen Abad Ke-21: Studi Kasus Konsumerisme Fast Fashion Di Inggris.” Paradigma: Jurnal Kajian Budaya 11, no. 2 (September 1, 2021): 238. https://doi.org/10.17510/paradigma.v11i2.506.
Ilham, Iromi. “Paradigma Postmodernisme; Solusi Untuk Kehidupan Sosial?” Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi) 12, no. 1 (2018): 1–23.
Jaenudin, Ujam, and Tahrir Tahrir. “Studi Religiusitas, Budaya Sunda, Dan Perilaku Moral Pada Masyarakat Kabupaten Bandung.” Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya 2, no. 1 (April 30, 2019): 1–8. https://doi.org/10.15575/jpib.v2i1.3445.
Jauhari, Minan. “Media Sosial: Hiperrealitas Dan Simulacra Perkembangan Masyarakat Zaman Now Dalam Pemikiran Jean Baudrillard.” Jurnal AL-’Adalah 20, no. 1 (2017): 117–36.
Juliswara, Vibriza. “Kajian Simulakra Terhadap Figur Haji Dalam Sinetron.” NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8, no. 7 (2021). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i7.2021.2119-2132.
Kellner, Douglas. Media Culture: Cultural Studies, Identity and Politics Between the Modern and the Postmodern. Routledge: Routledge, 1995.
Khasri, Muhammad Rodinal Khair. “Strukturasi Identitas Umat Beragama Dalam Perspektif Anthony Giddens.” Jurnal Sosiologi Agama 15, no. 1 (June 27, 2021): 129. https://doi.org/10.14421/jsa.2021.151-08.
Lechte, J. “50 Filsuf Kontemporer.” Yogyakarta: Kanisius, 2001.
Lubis, Akhyar Yusuf. Postmodernisme; Teori Dan Metode. Edited by Tim Pondok Penyuntingan. Depok: Rajagrafindo Persada, 2014.
Murtiningsih, Siti, Joko Siswanto, and M Mukhtasar Syamsudin. “Problem Pendidikan Video Games Baudrillard.” Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada 19, no. 1 (2013): 78–86. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/3758.
Muttaqin, Ahmad. “Islam and the Changing Meaning of Spiritualitas and Spiritual in Contemporary Indonesia.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 50, no. 1 (June 26, 2012): 23–56. https://doi.org/10.14421/ajis.2012.501.23-56.
Piliang, Yasraf Amir. Bayang-Bayang Tuhan: Agama Dan Imajinasi. Bandung: Mizan Publika, 2013.
———. Dunia Yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung: Cantrik Pustaka, 2020.
———. “Posmodernisme Dan Ekstasi Komunikasi.” MediaTor (Jurnal Komunikasi) 2, no. 2 (2001): 165–76. https://doi.org/10.29313/MEDIATOR.V2I2.716.
Putri, Dini Eka. “Representation of Conrepresentasi Budaya Konsumen Di Komunitas Minimalis Lyfe With Lesssumer Culture in Lyfe with Less Minimalist Community.” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 5, no. 2 (December 13, 2021): 85–95. https://doi.org/10.38043/jids.v5i2.3201.
Ritzer, George. Teori Sosial Postmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2010.
Sabillah, Elza. “Peran Religiusitas Dalam Membangun Motivasi Pada Generasi Z.” In The 4th Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2023.
Saumantri, Theguh. “Konsumerisme Masyarakat Kontemporer Dalam Pemikiran Jean Baudrillard.” Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya 28, no. 2 (2022): 56–68. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/paradigma.v28i2.1962.
———. “Konsumerisme Masyarakat Kontemporer Menurut Herbert Marcuse.” Media (Jurnal Filsafat Dan Teologi) 3, no. 2 (October 1, 2022): 162–77. https://doi.org/10.53396/media.v3i2.113.
Saumantri, Theguh, and Abdu Zikrillah. “Teori Simulacra Jean Baudrillard Dalam Dunia Komunikasi Media Massa.” ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 11, no. 2 (2020): 247. https://doi.org/10.24235/orasi.v11i2.7177.
Siswadi, Gede Agus. “Hiperrealitas Di Media Sosial Dalam Perspektif Simulakra Jean Baudrillard.” Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan 22, no. 1 (2022). https://doi.org/https://doi.org/10.32795/ds.v22i1.2749.
Soedjatmiko, Haryanto. Saya Berbelanja, Maka Saya Ada: Ketika Konsumsi Dan Desain Menjadi Gaya Hidup Konsumeris. Yogyakarta: Jalasutra, 2008.
Srinarwati, Dwi Retnani. “Proses Simulasi- Simulakra-Hiperealitas Dalam Majelis Taklim Jn Surabaya.” Jurnal Komunikasi Profesional 6, no. 5 (2022). https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v6i5.4975.
Sugiarto, Bambang. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme Dan Postmodernisme. Yogyakarta: Kanisius, 2010.
Tapotubun, Hanry Harlen, and Hilda Rahmah. “Religiusitas Digital Dan Dimensi Perlawanan Milenial Dalam Ruang Online.” Jurnal Sosiologi Reflektif 15, no. 2 (April 24, 2021): 298. https://doi.org/10.14421/jsr.v15i2.2042.
Ulya, Ulya. “Post-Truth, Hoax, Dan Religiusitas Di Media Sosial.” FIKRAH 6, no. 2 (December 27, 2018): 283. https://doi.org/10.21043/fikrah.v6i2.4070.
Walsh, James P. “Social Media and Moral Panics: Assessing the Effects of Technological Change on Societal Reaction.” International Journal of Cultural Studies 23, no. 6 (2020): 840–59. https://doi.org/10.1177/1367877920912257.
Zuhdi, Kalya Nabila, Hasna Bararah M, Nabilah Fina Aprilia, and Pramana Herjati Putra. “Praktik Masyarakat Konsumsi Online Dalam Perspektif Baudrillard.” Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 1, no. 6 (2021): 681–87. https://doi.org/10.17977/um063v1i62021p681-687.
Copyright (c) 2023 Theguh Saumantri
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.