Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Riset di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahap-tahap pengembangan model, menganalisis bentuk-bentuk pengembangan model, menguji tingkat kevalidan pengembangan model dan mengujii efektifitas pengembangan model pembelajaran PAI berbasis riset. Jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), model pengembangan dari research and development (R&D) Borg and Gall. Hasil penelitian pengembangan model pembelajaran PAI berbasis riset di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru, dikembangkan dengan menggunkan model pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan pembelajaran discovery learning, cooperatif learning, problem-based learning, problem-solving, aktive learning, dengan sintak, orientasi peserta didik kepada masalah, mengorganisasikan peserta didik, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menyeleksi hasil jawaban yang terkait dengan materi, siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan proses pembelajaran, menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hal tersebut model pembelajaran PAI berbasis riset di MAN Kota Pekanbaru dinyatakan valid dan ideal sesuai dengan perubahan-perubahan kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama Islam. Keampuhan model pembelajaran PAI berbasis riset (a) mengetahui apa yang diajarkan dan bagaimana mengajarkannya. Mereka tidak akan ragu-ragu nantinya ketika mengerjakan skripsi. (b) dididik dalam berpikir kritis, analisis konsep, presentasi, dan argumentasi. (c) dilatih untuk melakukan tugas secara sistematis. d) dilatih untuk melakukan banyak upaya; e) terlatih untuk berinteraksi dengan orang lain, bekerja dalam kelompok, dan membentuk jaringan.
References
AbuddinoNata, ManajemenoPendidikanoMengatasioKelemahanoPendidikan Islamodi Indonesia, (Jakarta: KencanaoPrenadaoMediaoGroup, 2012), cet. 5
Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010)
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)
AbduloMajid, Perencanaano Pembelajarano MengembangkanoStandar oKompetensioGuru, (Bandung: PToRemajaoRosdakarya, 2005)
Ardimen, PenguatanoBudaya MenelitioMelalui PembelajaranoBerbasis Riset Di Perguruan Tinggi. Budayaomeneliti, pembelajaran, riset, perguruan tinggi. TA’DIB, Vol. 21 No. 2, Desember 2018)
Agus Suprijono, CooperativeoLearning : Teori & AplikasioPaikem, (PustakaoPelajar: 2010)
Borg, WRoandoGall, MD, 1989, EducationoResearch: AnoIntroduction, (New York, FirstoEdition, Longman).
E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, (Jakarta: Rajawali Press, 2012),
HamdanioIhsan-Fuad Ihsan, FilsafatoPendidikanoIslam, (Bandung : CV PustakaoSetia, 1998),
Hafsah. ImplementasioRisetoBasedoLearningodalamoUpaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, (SNEMA, Padang-Indonesia. ISBN: 978-602-17129-5-5. 2015)
Isjoni, CooperativeoLearning: EfektifitasoPembelajaranoKelompok, (Bandung: Alfabeta, o2012)
Lukman Hakim, Model, ProblemoBasedoLearning, Madrasah, JurnaloPendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 13 No. 1 – 2015
Mohammad Ali & Muhammad Asrori, Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan, ,(Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014)
Mulyono, KeefektifanoMetodeoProblemoBasedoLearningoDalamoPembelajaran Fiqih, Effectiveness, LearningoMethod, Problem-BasedoLearning, PBL, PBM, Fiqh. (Volume 2, Nomor 2, Desember 2016)
Nana SyaodihoSukmadinata, PengembanganoKurikulumoTeoriodan Praktek, (Bandung: PT. RemajaoRosdakarya, 2011), cet. 14
Novitasari, Achmad BusrotunoNufus, Penerapan ModeloBelajaroBerbasisRiset Dalam Mengembangkan Civic Skills, (Vol. 3 No 2 .2019)
Savery, J.R. (2006). Overview of Problem Based Learning: Definition and Distinctions. InterdiciplinaryoJournaloof Problemobased Learning, (Indiana: PurdueoUniversity ovol.1 No.1, 2006)
SardimanoAM, InteraksiodanoMotivasioBelajaroMengajar, (Jakarta: Raja GrafindooPersada, 2007)
Salimi, Tri & Ratna. Research-BasedoLearningoSebagai oAlternatifoModel Pembelajaran Di LembagaoPendidikanoTenagaoKependidikan. Revitalisasi, LPTK, RBL. (JPSD Vol. 3 No. 1, Maret, 2017
Satya Widya, Pembelajaran BerbasisoRisetoMewujudkan Pembelajaran Yang Inspiratif, Aktive Learning, Inquiry-Based Learning, inspiratif, Peer Instruction, Pembelajaran Berbasis Riset, Problem-Based Learning. (Vol. 31, No.2. Desember 2015)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2012)
Sutrisno Hadi, Metodologi Resesearch, (Yogyakarta: Andi Off Set, 2004),
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, (Jakarta : Prestasi Pustaka, 2007)
TimoDisbintalad, Al-Qur’an danoTerjemahan, (Jakarta: PT SarioAgung, 2000
W.R. BorgodanoGall, M.D. EducationaloResearch: AnoIntroduction. (NewoYork: oLongman, 1983)
Widayati, Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset. (Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada 2010)
Zainal Arifin, Model Penelitian dan Pengembangan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)
Copyright (c) 2023 Abdul Rahman
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.