Pengembangan Wawasan Pendidikan Agama Islam Melalui Model Blanded Learning
Abstract
Pembelajaran merupakan inti dari pendidikan, oleh karena itu sistem pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran, pembelajaran saat ini cenderung lebih banyak menggunakan teknologi internet, pembelajaran berbasis internet dapat menciptakan pembelajaran yang fleksibel karena dengan memanfaatkan teknologi internet pembelajaran dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. kapan pun. kapan pun. Untuk menunjang keberhasilan hasil belajar, banyak sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran campuran, dengan memadukan proses pembelajaran tatap muka seperti biasa yang dilakukan di dalam kelas dan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring atau jarak jauh agar siswa dapat memaksimalkan hasil belajar. . Seperti pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, blended learning sangat memudahkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran lebih banyak, dengan memanfaatkan internet, guru dapat lebih mudah memberikan materi tambahan kepada siswa tanpa harus melakukan kegiatan tatap muka. Penelitian ini dilakukan dengan metode literature review dengan mengkaji sumber data seperti jurnal, buku, disertasi dan bahan publikasi lainnya.
References
Dwi Cahyadi, F., & Maya Probosari, R. (2012). Penerapan Blended Learning Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Ipa 4 Putra Sma Rsbi Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 the Implementation of Blended Learning Toward. 4, 15–22.
Nugroho, R. (2021). Penerapan Metode Blended Learning Dalam Pembelajaran Pai Pada Era New Normal. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 10(1), 17–30. https://doi.org/10.51226/assalam.v10i1.200
Widiara, I. K. (2020). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan, 2(December), 50–56.
Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan. Ejournal.Kopertais4, 7(1), 855–866. ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/download/3169/2359/
Rahmi, U. (2020). Indonesian Scholars Insight_Template. Ndonesian Scholars Journal – Insight, 122.
Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1137
Dayu Rika Perdana, M. M. A. (2020). Implementasi Blended Learning Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila Dan KewargaNegaraan, 8, 1–13. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/6168
Majid, D. A. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Berbasis Blended Learning. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 178–197. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v4i1.4209
Zaenab. (2020). Implementasi Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pai Di Era New Normal Covid-19 Kelas Iv Sd Negeri 4 Moutong. Lentera Pendidikan Indonesia, 1(1), 50–57.
Artikel, I. (n.d.). STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENCAPAI. 1–7.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika, 3(3), 9–19. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219
Riyana, C., & Pd, M. (2008). Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran. March. http://www.cepiriyana.blogspot.comhttp//www.projectcepi.blogspot.com
Noviansyah, N. (2015). PEMBELAJARAN BAURAN BLENDED LEARNING) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-Face, E-Learning Offline-Online dan Mobil Learning. At-Turats, 9(2), 75. https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i2.318
Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79
Khaeruddin. (2012). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. 1–124.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Title. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf
Nahariah, N. (2022). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Qiyam, 3(1), 68–72. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i1.200
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Copyright (c) 2023 Unik Hanifah Salsabila Hanifah Salsabila, Rhafid Luhur Pambudi, Desta Restu Puspita Sari, Kartika Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.