Upaya Perwujudan Moderasi Beragama Di Kalangan Siswa Melalui Buku Teks
Abstract
Perwujudan moderasi beragama di Indonesia merupakan salah satu hal yang penting untuk banyak pihak. Tidak hanya terbatas pada golongan dewasa, upaya untuk menanamkan nilai persatuan dan kebersamaan di atas perbedaan juga dilakukan pada anak-anak muda. Disamping untuk mempersiapkan generasi selanjutnya untuk mengisi Indonesia, angka intoleransi diantara pemuda tingkat pertama di Indonesia tergolong cukup tinggi. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini untuk menganalisis upaya perwujudan membangun sikap moderasi beragama di kalangan pemuda Indonesia melalui buku teks yang dilihat dari empat indikator moderasi beragama menurut Kementerian Agama RI. Penelitian ini menggunakan model studi pustaka dengan menggunakan sumber utama penelitian buku teks Pendidikan Agama Islam jenjang Sekolah Menengah Pertama kelas 7, 8, dan 9. Hasilnya adalah bahwa empat indikator moderasi beragama menurut Kementerian Agama RI yakni komitmen, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal belum secara keseluruhan termuat dalam setiap buku teks. Dengan demikian, disarankan untuk melakukan pembaruan materi terkait moderasi beragama supaya memuat pembahasan secara menyeluruh semua indikator tersebut. Selain melalui buku teks, guru juga menyampaikan moderasi beragama dengan berbagai macam model pembelajaran dengan menyesuaikan bahan ajar pada buku teks. Model-model pembelajaran yang ada diantaranya adalah problem based learning, project based learning dan contextual learning. Tulisan ini masih terbatas pembahasannya terkait upaya perwujudan moderasi beragama hanya dinilai dari empat indikator moderasi beragama menurut Kementerian Agama RI saja. Oleh karena itu, tulisan ini menyarankan untuk melakukan berbagai kajian yang lebih luas dengan menambahkan sumber buku yang dianalisa guna memberikan perwujudan generasi muda di Indonesia yang moderat.
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Siswa, Buku Teks
References
Abro, A. A., Fateh, A., & Saeed, N. INTOLERANCE AMONG YOUTH AND ITS IMPACTS ON PAKISTANI. Grassroots 51 no. 1 (2017): 143-151.
Ahsan, M., dan Sumiyati. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 8 (Revisi ed.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Ahsan, M., dan Sumiyati. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 9 (Revisi ed.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.
Ahsan, M., Sumiyati, & Mustahdi. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 (Revisi ed.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Bosi, L. et al. The Impact of intolerance On Young People's Online Political Participation. SAGE, (2022): 95-127. https://doi.org/10.1177/02633957211014453.
CNN Indonesia. BIN: 85 Persen Milenial Rentan Terpapar Radikalisme. 15 Juni 2021. Retrieved from cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210615195226-12-654763/bin-85-persen-milenial-rentan-terpapar-radikalisme.
Darmadi. “Peace Journalism and Religious Moderation in Countering Narrative Radicalism.” JICOMS: Journal of Islamic Communication and Media Studies1, no. 1 (2021): 53-66.
Destriani. “PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA MENUJU SOCIETY ERA 5.0.” INCARE : International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022). E-ISSN : 2723-2611.
Dodego, Subhan Hi Ali, dan Witro, Doli. “THE ISLAMIC MODERATION AND THE PREVENTION OF RADICALISM AND RELIGIOUS EXTREMISM IN INDONESIA.” Dialog 43, no. 2 (2020): 199-208.
Fahri, M., & Zainuri, A. “Moderasi Beragama di Indonesia.” Intizar 25, no. 2 (2019): 95-100. https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640.
Ghazali, A. M. “Toleransi Beragama dan Kerukunan dalam Perspektif Islam.” Religius: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya 1, no. 1 (2016): 25-40. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v1i1.1360.
Husna, Ulfatul dan Thohir, Muhammad. “Religious Moderation as a New Approach to Learning Islamis Religious Education in Schools.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 14 no. 1 (2020): 199-222. 10.21580/nw.2020.14.1.5766.
Idhom, A. M. Menyoal Tuduhan Intoleransi di SMPN 5 Yogyakarta. 3 Juli 2017. Retrieved from tirto.id: https://tirto.id/menyoal-tuduhan-intoleransi-di-smpn-5-yogyakarta-crUG.
Idris, M. dkk. “The Implementation of Religious Moderation Values in Islamic Education and Character Subject at State Senior High School 9 Manado.” Academy of Strategic Management Journal 20, Special Issue 6 ((2021): 1-16.
Ihsan, D. Kumpulan Kasus Intoleransi di Sekolah. 26 Januari 2021. Retrieved from kompas.com: https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/26/184625771/kumpulan-kasus-intoleransi-di-sekolah?page=all.
Jamaluddin. “IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI TENGAH MULTIKULTURALITAS INDONESIA.” AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Keislaman 7 no. 1 (2022): 1-13.
Katadata. Berapa Jumlah Sekolah di Indonesia pada Tahun Ajaran 2020/2021?. 26 November 2021. Retrieved from katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/26/berapa-jumlah-sekolah-di-indonesia-pada-tahun-ajaran-20202021#:~:text=Jumlah%20sekolah%20menengah%20pertama%20(SMP,2020%2F2021%20mencapai%2040.597%20sekolah.
KEMENDIKBUD. ANALISIS PROFIL KEBUDAYAAN INDONESIA. November 2017. Retrieved from kemendikbud.go.id: http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_FE52CE11-862A-42C3-9527-DB09E874C6C4_.pdf.
Kementerian Agama Republik Indonesia. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.
Kementerian Agama Republik Indonesia. “ Indeks Kerukunan Umat Beragama Tahun 2021 Masuk Kategori Baik.” (20 Desember 2021). kemenag.go.id. Retrieved from: https://kemenag.go.id/read/indeks-kerukunan-umat-beragama-tahun-2021-masuk-kate gori-baik.
Khoiri, Ahmad. Moderasi Islam dan Akulturasi Budaya, Revitalisasi Kemajuan Peradaban Islam Nusantara. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam 20 no, (2019): 10.30595/islamadina.v0i0.4372.
Meliani, F., Iqbal, A. M., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. “Konsep Moderasi Islam dalam Pendidikan Global dan Multikultural di Indonesia.” Eduprof : Islamic Education Journal 4 no. 1 (2022): 195-211. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i1.130.
Muttaqin, H. Menuju Sosial Profetik. Jurnal Sosial Reflektif 10 no. 1 (2015): 219-240. https://doi.org/10.14421/jsr.v10i1.1147.
Nirwana, N., & Darmadali, W. S. Instilling Religious Moderation Value in ELT through Cross-Cultural Understanding Course. Elsya : Journal of English Language Studies 3 no. 2 (2021): 117-125.
Purwanto,Yedi dkk. Internalisasi Nilai Moderasi melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum.” EDUKASI: jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 17, no. 2 (2019): 110-124. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605.
Purwati, Dede D., dan Aiman F. “Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan.” JURNAL BASICEDU 6 no. 3 (2022): 3729-3735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733.
Rizkiyah, Tahtimatur dan Istiani, Nurul. “Nilai Pendidikan Sosial Keberagamaan Islam dalam Moderasi Beragama di Indonesia.” POROS ONIM: jurnal Sosial Keagamaan 2 no. 2 (2021): 86-96. https://doi.org/10.53491/porosonim.v2i2.127.
Rosadi, Edy. “Peran Guru Agama dalam Menanamkan Moderasi Beragama.” Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis 2 no. 2 (2021): 33-51.
Sainuddin, I. H.. “Moderasi Beragama dan Radikalisme di Era Modern.” OSF Preprints. 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/t36wx.
Saputra, R. “THE ROLE OF YOUTH IN MODERATE ISLAMIC PUBLICATION EFFORT THROUGH THE LITERATURE MOVEMENT.” JOSAR 6 no. 2 (2021): 1-9. https://doi.org/10.35457/josar.v6i2.1763.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sumarto, & Harahap, E. K. “Pembangunan Agama Pada Masa Pandemi Covid-19: Meneguhkan Komitmen Kebangsaan dan Mewujudkan Perdamaian.” JURNAL LITERASIOLOGI 6 no. 1 (Januari - Juni 2021): 95-102. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i1.246.
Sumarto. “Implementasi Program Moderasi Beragama Kementerian Agama RI.” Jurnal Pendidikan Guru 3 no. 1 (2021): 1-11. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i1.294.
Tirto.Id, A.. “Menilik Laku Intoleran di Kalangan Siswa dan Mahasiswa.” 29 November 2020. Retrieved from tirto.id: https://tirto.id/menilik-laku-intoleran-di-kalangan-siswa-dan-mahasiswa-f7xs.
Wandani, A. R. dan Dewi D. A. “Penerapan Pancasila sebagai Dasar Kehidupan Bermasyarakat.” De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1, no. 2 (2021): 34-39.
Zakariyah, Umu Fauziyah, dan Muhammad Maulana Nur Kholis. “Strengthening the Value of Religious Moderation in Islamic Boarding Schools.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2022): 20-39. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.104.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 4-5
Wawancara
Ali (Guru SMPN 3 Lembang, Kabupaten Bandung Barat), Wawancara oleh Muhammad Faiz Andeaz Fawwaz, Universitas Gadjah Mada. Tanggal 30 Juni 2022
Copyright (c) 2022 Ilmi Mu'min Musyrifin, Muhammad Faiz Andeaz Fawwaz, Indah Maesaroh, Hasse Jubba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.