Strategi Guru PAI untuk Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik Muslim di SMA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih ada terdapat rendahnya religiusitas peserta didik muslim. Fokus penelitian ini adalah bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas peserta didik muslim (studi kasus SMAN 1 Bandar Petalangan Kab. Pelalawan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas peserta didik muslim karena masih ditemukan permasalahan tentang religiusitas yang rendah dimana beberapa peserta didik belum memahami dan mengamalkan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bandar Petalangan, Kab. Pelalawan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas peserta didik muslim. Setelah meneliti langsung di lokasi penelitian, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa: Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas peserta didik muslim di SMAN 1 Bandar Petalangan, Kab. Pelalawan tergolong Baik, guru sudah berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan religiusitas peserta didik muslim dengan cara memberikan keyakian dan pemahaman terhadap Allah SWT, malaikat, Nabi. Memberikan doktrin agama Islam yang benar, memperingati hari besar Islam, muhadaroh, sholat dzhuhur secara berjamaah, guru memberikan pembelajarandan contoh dari sikap akhlak yang baik, membiasakan budaya Islam, saling menghormati sesama warga sekolah, membaca al-Qur’an dan mempelajarinya
References
Fathurrohman, Muhammad, 2015, Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Kalimedia, Yogyakarta.
Fitri, Cahyani, 2020, Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Di MTs Miftah Ulum Tanjung Kuyo Kecamatan Pangkalan Lesung, Skripsi, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.
Kuncahyo, Mochammad Novian, 2019, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MTs darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Tulungagung.
Lestari, Ila, 2021, Hubungan Antara Religiusitas dan Resiliensi Dengan Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi, Skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.
Muchith, M Saekan, Guru PAI Yang Profesional, Jurnal Quality, Vol. 4, No. 2,p.217-235.
Muslikh, M Imam, 2019, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Bahrul Maghfiroh Malang, Skripsi, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.
Najib, Muhammad Ainun, 2018, Konsep dan Implementasi Pembinaan Religiusitas Siwa Di SMA, Jurnal Tawadhu, Vol. 2 no. 2, p. 556-571.
Nur’aini, Ratna Dewi, 2020, Penerapan Studi Kasus YIN Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku, Jurnal Inersia, Vol. XVI, No. 1, p. 92-104.Vol. XVI, No. 1, p. 92-104.
Purnomo, Riyadi Bagus, 2021, Pengaruh Religiusitas, Lokasi, Reputasi Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Dengan Pengetahuan Masyarakat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Semarang), Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga.
Sahlan, Asmaun, 2011, Religiusitas Perguruan Tinggi Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam, UIN-Maliki Press, Malang.
Said, Alwi, 2014, Perekembangan Religiusitas Remaja, Kaukaba Dipantara, Lhokseumawe.
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Suprapno, 2019, Budaya Religius Sebagai Sarana Kecerdasan Spiritual, Literasi Nusantara, Malang.
Suryadi, Bambang dan Bahrul Hayat, 2021, Religiusitas Konsep, Pengukuran, dan Implementasi di Indonesia, Bibliosima Karya Indonesia, Jakarta.
Zayyanti, 2021, Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Pada Kelas III MI Sullamuttaufiq Banjarmasin, Skiripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Antasari, Banjarmasin.
Copyright (c) 2022 Muhammad Alwi Saputra, Yenni Yunita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.