Konsep Pendidikan Akhlak : Kajian Tafsir Surat Al Hujurat Ayat 11-13
Abstract
Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam surat Al-Hujurat ayat 11-13. Fenomena nyata yang terjadi saat ini bahwa generasi muda kurang memiliki tata krama, etika, sopan santun terhadap orang tua, sesamanya, cara bersosial di masyarakat maupun dengan lingkunganny. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penilitian studi kepustakaan (library research), pendekatan content analysis yaitu mengunakan metode analisis isi dengan menjelaskan ayat Al-Qur’an Surat Al-Hujurat 11-13 dari segala aspeknya mulai dari kosa kata, pokok isi kandungan, asbabun nuzul serta munasabah, melalui penafsiran 3 kitab tafsir yaitu Tafsir Ibnu Katsir Pustaka Ibnu Katsir Jilid 8, Tafsir Jajalain yang ditulis Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuti, Tafsir Al-Maraghi yang ditulis Ahmad Mushthafa Al-Maraghi, dan dilengkapi dengan Kitab Ta’lim al-Muta’allim yang ditulis oleh Syaikh Burhanuddin al-Zarnuji. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam surat Al-Hujurat ayat 11-13 meliputi: perintah kepada manusia baik laki-laki maupun perempuan untuk saling menghormati dan menghargai, larangan memanggil orang dengan gelar yang mengandung ejekan, larangan untuk berburuk sangka, larangan bergunjing/ghibah, perintah untuk taubat, perintah untuk ta‟aruf/saling mengenal di antara suku dan bangsa, dan perintah untuk meningkatkan ketakwaan. Serta implikasi konsep pendidikan akhlak dalam surat Al-hujurat ayat 11-13 yaitu pendidikan akhlak dalam Islam telah berimplikasi pada pentingnya pendidikan akhlak saat ini melalui para pendidik yang mumpuni di bidang pendidikan Islam yang mampu mengajarkan fondasi-fondasi ajaran agama Islam yang kuat kepada peserta didik, sehingga dapat diperoleh makna-makna dalam menanamkan konsep pendidikan akhlak dalam Islam yang dapat diadopsi oleh tenaga pendidik sebagai agent of change yakni berperan sebagai agen perubahan yang mentransfer wawasan pendidikan Islam maupun ilmu pengetahuan secara umum kepada para peserta didik menuju perubahan yang mengarah pada peningkatan pengetahuan dan pembentukan akhlakul karimah dan mulia, yaitu melalui keteladanan, nasihat dan pembiasaan. Studi masa yang akan datang, adanya kajian tentang perilaku adaptasi dengan perkembangan zaman yang memberikan pengetahun komprehensif konteks akhlak agar tetap sesuai dengan tuntutan Al Quran. Diharapkan lebih bermakna dan memberikan manfaat bagi perjalanan kehidupan dalam merespon sensitifitas perilaku masyarakat Muslim modern.
References
Al-Mahalli, Imam Jalaluddin, and Imam Jalaluddin As-Suyuthi. Tafsir Jalalain. 4 (17). Bandung: Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2019.
Al-Maraghi, Ahmad Mushthafa. Tafsir Al-Maraghi. 2nd ed. Semarang: Semarang: CV. Toha Putra, 1993.
Aminuddin, Aliaras Wahid, and Much. Rafiq. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Arifin, H. M. Ilmu Pendidikan Islam. 4th ed. Jakarta: Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1996.
Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
Firmansyah, Deri, Asep Achamd Rifa’i, Asep Suryana, and A Idun Suwarna. “Self Identity Management UMKM Dalam Cyberspace: Perspectif Pasca Transformasi Digital UMKM Di Kawasan Destinasi Wisata Geopark Cileutuh.” J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 6 (2021): 1075–84.
Hamzah, Ya’qub. Etika Islam. Bandung: Bandung: Diponegoro, 1996.
Ismawati, Eka. “Nilai-Nilai Sikap Guru Dan Murid Menurut Az-Zarnuji Dalam Bukunya Ta’limul Muta’alim.” Pendidikan Agama Islam. UIN Raden Intan Lampung, 2017.
Istighofur, Rahmaniyah. Pendidikan Etika Konsep Jiwa Dan Etika Preshpektif Ibnu Miskawih Dalam Kontribusi Di Bidang Pendidikan. Malang: Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Keminfo. “Perkembangan Ekonomi Digital Di Indonesia : Strategi Dan Sektor Potensial.” Keminfo. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital Di Indonesia : Strategi Dan Sektor Potensial. Https://Balitbangsdm.Kominfo.Go.Id/Publikasi_665_3_230+&cd=1&hl=jv&ct=clnk&gl=id. Jakarta, 2019.
Khoerutunnisa, Siti. “Nilai-Nilai Akhlak Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Kajian Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13).” IAIN. Salatiga, 2016. /.
Mahmud, Abdul Halim. Akhlak Mulia. Jakarta: Jakarta: Gema Insani Press, 2004.
Mainuddin. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’án (Studi Teoritis Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13).” Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Wathan Samawa. P-ISSN: 2088-8503 8, no. 1–16 (2016).
Masitah, Widya. “Morality In Islam.” In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies, 1:914–22, 2020. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2448112&val=23378&title=Morality In Islam.
Nasrudin, Endin. Psikologi Pembelajaran. 3rd ed. Sukabumi: STAI Sukabumi Publishing, 2017.
———. Pskologi Agama : Anatomi Gejala-Gejala Kejiwaan Dalam Beragama. 2nd ed. Sukabumi: STAI Sukabumi Publishing, 2011.
Nufus, Hayati, Nur Khozin, and La Diman. “Nilai Pendidikan Multicultural (Kajian Tafsir Al-Qur’an Surah Al Hujurat Ayat 9-13).” Prodi PAI, FITK IAIN Ambon 2, no. 2 (2018): 130–58.
Sholeh, Sholeh. “Pendidikan Akhlak Dalam Lingkungan Keluarga Menurut Imam Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1, no. 1 (2016): 55–70.
Suryadarma, Yoke, and Ahmad Hifdzil Haq. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali.” At-Ta’dib 10, no. 2 (2015). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460.
Syaikh Safiyyurrahman al-Mubarakfuri. Shahih Tafsir Ibnu Katsir. 8th ed. Bogor: Bogor: Pustaka Ibnu Katsir 2006, 2016.
Syam, Muhammad Nuruzzaman, and Mahmud Arif. “Muamalah Dan Akhlak Dalam Islam.” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 22, no. 1 (2022): 1–11. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/mq/article/view/2866/1791.
Zakaria, Teuku Ramli. “Pendidikan Budi Pekerti.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, no. 21 (2000).
Zurayk, Ma’ruf. Aku Dan Anak, Bimbingan Praktis Mendidik Anak Menuju Remaja, Alih Bahasa M. Syaifuddin Dkk.,. Bandung: Al Bayan, 1995.
Copyright (c) 2022 Deri Firmansyah, Asep Suryana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.