Pelaksanaan Penilaian Ranah Kognitif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Mandau
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Partisipan dalam penelitan ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Mandau sebanyak 5 guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian ranah kognitif guru, faktor pendukung dan faktor penghambat pada guru dalam melaksanakan penilaian ranah kognitif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Mandau. Untuk mendapatkan data tersebut diperlukan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu penilaian kognitif di SMK Negeri 1 Mandau sudah sesuai dengan konsep yang dimana guru membuat soal berdasarkan tingkat – tingkat taksonomi Bloom, dan dimulai dari soal yang rendah, sedang dan tinggi. Pelaksanaan penilaian kognitif tidak mempengaruhi waktu dalam pembelajaran. Penilaian kognitif sangat penting dalam pembelajaran guna untuk melihat sejauh mana peserta didik dapat memahami materi yang telah dipahaminya. Dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor pendukung Guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan penilaian adalah a) Siswa/i mempunyai semangat untuk belajar, b) Tersedianya fasilitas buku dan internet. Dan Dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan penilaian adalah keterbatasan waktu.
References
Aunurrahman, (2019), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Asrul, dkk, (2014), Evaluasi Pembelajaran, Medan: Citapustaka Media
Alif Hasanah, dkk (2021), Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Media Sains Indonesia.
Arikunto Suharsimi, (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cetakan Ke-14, Jakarta: Rineka Cipta.
Djamal, (2015), Paradigma Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Elis Ratna Wulan, (2014), Evaluasi Pembelaajran denga Pendekatan Kurikulum 2013, Bandung: Pustaka Setia
E Mulyasa, (2016), Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bnadung: PT Remaja Rosdakarya
Kompri, (2019), Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofset.
M. Zain, dkk, (2016), Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris, Rawamangun: Kencana.
Musfiqon, (2012), Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya.
Ni Wayan Sri Darmayanti, dkk (2020), Evaluasi Pembelajaran IPA, Bali: Nilacakra.
Sardiman, (2016), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono, (2017), Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta
Syaodih Sukmadinata Nana, (2017), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Uswatun Khasanah, dkk, (2021), Sistem Evaluasi Pembelajaran PAI, Jombang: CV Nakomu.
Yunie Dwi Ratnawati, Penerapan Model Kreatif Produktif Dalam Pembelajaran Fisika Materi Suhu dan Kalori Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Pendidikan Empririsme, Edisi Desember, 2018.
Zuhairi, (2004), Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: UIN Pres
Copyright (c) 2022 Nova Yanti, Muhammad Ikbal, Zulfia Siskawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.