Pengaruh Citra Merek dalam Pembentukan Loyalitas dan Minat Menabung Nasabah Bank Syariah Indonesia

  • Dian Budi Wijaksono PGP Student of LSPR
  • Leavy Gaby Jeisy PGP Student of LSPR
  • Ridha Chairunissa PGP Student of LSPR
Keywords: Bank Syariah Indonesia, Citra Merek, Loyalitas, Minat

Abstract

Pada tanggal 1 Februari 2021, pemerintah telah mensahkan eksistensi bank hasil merger yang tergolong baru yaitu Bank Syariah Indonesia. Sebagaimana bank syariah pada umumnya, Bank Syariah Indonesia menghadapi isu-isu negatif yang dapat meruntuhkan citra merek positif sehingga berpotensi memberikan dampak negatif. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk memahami kemampuan dan upaya Bank Syariah Indonesia dalam membangun citra merek yang dapat berpengaruh terhadap loyalitas maupun membentuk minat menabung nasabah. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah melibatkan teknik convenience sampling kepada 104 responden. Hasil studi ini menyatakan bahwa variabel citra merek dan loyalitas secara simultan berpengaruh positif terhadap minat menabung. Variabel citra merek juga menghadirkan pengaruh yang positif terhadap loyalitas. Sementara loyalitas juga berpengaruh positif terhadap minat menabung.

References

Alhusain, Achmad Sani. “Bank Syariah Indonesia: Tantangan Dan Strategi Dalam Mendorong Perekonomian Nasional.” Info Singkat: Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik 13, no. 3 (2021): 19–24.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar, 2010.

Bancin, Jhon Budiman. Citra Merk & Word of Mouth: Peranannya Dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina. CV. Jakad Media Publishing, 2021.

Bangsawan, Moh. Indra. “Eksistensi Ekonomi Islam (Studi Tentang Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia).” Law and Justice 2, no. 1 (2017): 24–34. https://doi.org/10.23917/laj.v2i1.4334.

Chalil, Rifyal Dahlawy, Juli Dwina Puspita Sari, Zikriatul Ulya, and Abdul Hamid. Brand, Islamic Branding, & Rebranding: Peran Strategi Merek Dalam Menciptakan Daya Saing Industri Dan Bisnis Global. PT Raja Grafindo Persada, 2020.

Choirunisah. “Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Financing (NPF) Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode Tahun 2013-2016.” Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, 2017.

Fatinah, Anis, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. “Analisis Kinerja Keuangan, Dampak Merger 3 Bank Syariah BUMN Dan Strategi Bank Syariah Indonesia (BSI) Dalam Pengembangan Ekonomi Nasional.” Jurnal Manajemen Bisnis (JMB) 34, no. 1 (2021): 23–33. http://ejournal.stieibbi.ac.id/index.php/jmb.

Febrianti, Dwita, Sella Azara Lailatul Hidayah, Abdullah Abdullah, and Nadia Fathurrahmi Lawita. “Penerapan Basis Data Pada Perusahaan Perbankan (Studi Kasus Penerapan Mobile Banking Pada Bank Syariah Indonesia).” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021): 3686–93.

Firmansyah, Anang. Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Deepublish, 2018.

Gogtay, N. J., and U. M. Thatte. “Principles of Correlation Analysis.” Journal of Association of Physicians of India 65, no. March (2017): 78–81.

Harlie, M. “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Pemerintah Kabupaten Tabalong Di Tanjung Kalimantan Selatan.” Jurnal Manajemen Dan Akuntansi 10, no. 4 (2012): 860–67.

Haryono, Rudi. “Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Jambi).” Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021.

Kassim, Salina. “Islamic Finance and Economic Growth: The Malaysian Experience.” Global Finance Journal 30, no. 11 (2016): 66–76. https://doi.org/10.1016/j.gfj.2015.11.007.

Kennedy, J. E, and R. D Soemanagara. Marketing Communication. PT Bhuana Ilmu Populer, 2006.

Kurniasari, Eka. “Prospek Masa Depan Bank Syariah Di Indonesia Pasca Pemergeran Bank-Bank Syariah BUMN.” Rechtenstudent 2, no. 1 (2021): 35–45. https://rechtenstudent.iain-jember.ac.id/index.php/rch/article/view/52.

Macmillan, J. H., and S. Schumancher. Research in Education Evidence Based Inquir. Pearson Education Inc, 2010.

Marlius, Doni. “Loyalitas Nasabah Bank Nagari Syariah Cabang Bukittinggi Dilihat Dari Kualitas Pelayanan.” Jurnal Pundi 1, no. 3 (2018): 237–50. https://doi.org/10.31575/jp.v1i3.60.

Miati, Iis. “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi Pada Konsumen Gea Fashion Banjar).” Jurnal Abiwara 1, no. 2 (2020): 71–83.

Mukminin, Muhammad Amirul, and Fitri Nur Latifah. “Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Terdahap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Di Sidoarjo (The Influence of Brand Image and Trust on Sharia Bank Customer Loyalty in Sidoarjo).” Perisai: Islamic Banking and Finance Journal 4, no. 1 (2020): 54–72. https://doi.org/10.21070/perisai.v4i1.525.

Nabilla, Shafira. “Pengaruh Citra Merek Dan Minat Beli Terhadap Loyalitas Merek.” Jurnal Riset Sains Manajemen 2, no. 1 (2018): 31–38. https://doi.org/10.5281/zenodo.1322107.

Nafiah, Naslikhatun, and Abdul Aziz Nugraha Pratama. “Pengaruh Customer Intimacy, Promosi, Dan Citra Merek Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Godean 3 Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Transformatif 5, no. 2 (2021): 177–90.

Novikasari, Ifada. Uji Validitas Instrumen. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2016.

Nurrohmah, Resti Fadhilah, and Radia Purbayati. “Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah.” Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah) 3, no. 2 (2020): 140–53. https://doi.org/10.32483/maps.v3i2.36.

Porwati, Vivi, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. “Analisis Potensi Profitabilitas Bank Syariah Pasca Merger Ditinjau Dari Determinan Yang Dapat Mempengaruhinya.” Jurnal Manajemen Bisnis 34, no. 1 (2021): 34–41. http://ejournal.stieibbi.ac.id/index.php/jmb.

Pradipta, Hesti Octavia. “Pengaruh Citra Merek, Periklanan Terhadap Minat Beli Konsumen Thermometer Onemed Di Surabaya.” Ilmu Dan Riset Manajemen 4, no. 7 (2015): 1–19.

Priansa, Donni Juni. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Penerbit Pustaka Setia, 2017.

Putri, Yulia, Ani Solihat, Rani Rahmayani, Iis Iskandar, and Andry Trijumansyah. “Strategi Meningkatkan Minat Menabung Di Bank Syariah Melalui Penerapan Religiusitas.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa 16, no. 1 (2019): 77–88. https://doi.org/10.29313/performa.v16i1.4532.

Riyanti. “Strategi Membangun Brand Image Untuk Meningkatkan Minat Masyarakat Menabung Di BSI KCKediri Di Masa Pandemi Covid-19.” Institut Agama Islam Negari Ponorogo, 2021.

Rosana, Francisca Christy, and Kodrat Setiawan. “Aset Keuangan Syariah Tumbuh 21,48 Persen, Bos OJK: Lebih Baik Dari Konvensional,” 2021. https://bisnis.tempo.co/read/1424632/aset-keuangan-syariah-tumbuh-2148-persen-bos-ojk-lebih-baik-dari-konvensional.

Santoso, Singgih. Panduan Lengkap SPSS 26. PT Elex Media Komputindo, 2020.

Setiawan, Retno Agus, and Djoko Budiyanto Setyohadi. “Analisis Komunikasi Sosial Media Twitter Sebagai Saluran Layanan Pelanggan Provider Internet Dan Seluler Di Indonesia.” Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence 3, no. 1 (2017): 16–25. https://doi.org/10.20473/jisebi.3.1.16-25.

Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenadamedia Group, 2020.

Suri, Intan Permata. “Pengaruh Harga Dan Minat Beli Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Riset Sains Manajemen 2, no. 1 (2018): 39–48. https://doi.org/10.5281/zenodo.1409530.

Suryaningtyas, Sofia Alfa. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Islami, Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Semarang).” Skripsi IAIN Salatiga. Institut Agama Islam Negari Salatiga, 2021. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/10832/.

Syahputra, Angga, M Syafril Nasution, Ramadhan Razali, and Trie Nadilla. “Sosialisasi Ekonomi Syariah Bagi Generasi Milenial (Studi Kasus Pada Siswa Dayah Terpadu Al-Muslimun).” Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2021): 19–28. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.8093.

Tanjung, Hendri, and Abrista Devi. Metode Penelitian Ekonomi Islam Edisi Ke-2. Gramata Publishing, 2018.

Tjiptono, Fandy, and Anastasia Diana. Pemasaran. Penerbit ANDI, 2020.

Toyyibi, Abdul Majid. “Pemahaman Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Melalui Keberadaan Lembaga Keuangan Syariah Di Era Industri 4.0.” SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah 3, no. 1 (2021): 33–40.

Trisliatanto, Dimas Agung. Metodologi Penelitian Panduan Lengkap Penelitian Dengan Mudah. Penerbit ANDI, 2020.

Yusup, Febrianawati. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif.” Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7, no. 1 (2018): 17–23.

Published
2022-09-03
How to Cite
Wijaksono, Dian Budi, Leavy Gaby Jeisy, and Ridha Chairunissa. 2022. “Pengaruh Citra Merek Dalam Pembentukan Loyalitas Dan Minat Menabung Nasabah Bank Syariah Indonesia”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 19 (2), 156-70. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i2.460.