Urgensi Metode Cerita Islam bagi Guru PAI dalam Membentuk Akhlak Siswa di SD Sekota Tanjungpinang

Keywords: Urgensi, Cerita Islam, Akhlak

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, eksistensi cerita Islam di kalangan anak-anak mulai menurun. Metode cerita sudah mulai tergantikan dengan berbagai permainan (game) yang ada dalam gadget. Akibatnya, interaksi sosial dan akhlak anak mengalami penurunan yang cukup drastis. Hal ini dibuktikan dengan adanya perilaku menyimpang yang sering dilakukan oleh kalangan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi urgensi metode cerita Islam dalam membentuk akhlak anak, pengimplementasian dan faktor apa saja yang mempengaruhi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam melihat keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan menggunakan teknik analisis data John Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembentukan akhlak siswa melalui metode cerita Islam dinilai sangat penting karena dapat meningkatkan keaktifan siswa, melatih pendengaran dan konsentrasi, meningkatkan daya ingat, dan dapat meningkatkan pengetahuan tentang Islam secara mendalam. Sedangkan dalam proses pengimplementasiannya dengan menggunakan beberapa tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun faktor yang mempengaruhi diantaranya faktor pendukung yaitu antusiasme siswa cukup tinggi dan sarana dan prasarana. Dan faktor penghambatnya adalah penggunaan intonasi, suara atau vokal, waktu, karakteristik siswa, dan peran orangtua.

References

Arif, Armai, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Ghuddah, Abdul Fatah Abu, Ar-Rasul Al-Mu’allim Shallallhu ‘Alaihi Wasallam Wa Asalibihi Fi Al-Ta’lim, TP: Maktab Al-Matbu’at Al-Islam yah, Tt.

Https://www.islamweb.net

Http://Www.Google.Com/Amp/S/Jateng.Tribunnews.Com/Amp/2018/07/25/Kisah-Murid-Sd-Tewas-Di-Tangan-Teman-Sebangku-Dari-Buku-Hilang-Tak-Mau-Menuntut

Http://Www.Google.Com/Amp/S/Www.Kompas.Tv/Amp/Article/224777/Videos/Kasus-Penganiayaan-Siswa-Sd-Oleh-Teman-Sekolah-Bagaimana-Cegah-Anak-Bermental-Kriminal

Iqbal, Abu Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

John, Creswell W, Research Design: Qualitative, Quantitative Dan Mixed Methods, Singapore: Sage Publication, 2009.

Kartono, Kartini, Psikologi Anak; Psikologi Perkembangan, Bandung: Mandar Maju, 1995.

Moeslichatoen, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Rinekacipta, 2004.

Nurwey, Nurlela, “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Cendekia: Jurnal Pendidikan 2, No. 2 (Juni 2000): 15-30, https://doi.org/22.1098/cendekia

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Rusydie, Rusman, Kebiasaan-Kebiasaaan Khusus Pembuat Daya Ingat Anak Semakin Cemerlang, Yogyakarta: Laksana, 2012.

Sani, Muhammad Anwar, “Humor Dalam Pembelajaran Sebagai Sarana Pengembangan Potensi Agama Anak Usia Dini”, Aura: Jurnal Pendidikan 12, No. 2 (Desember 2020): 89-100, http://doi.org/12.2012/aura.auh

Sapiro, Lawrence E., Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak, Jakarta: Gramedia Pustaka, 2013.

Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Published
2022-05-16
How to Cite
Zaimah, Zaimah, Nazaruddin Nazaruddin, and Nursita Husaini. 2022. “Urgensi Metode Cerita Islam Bagi Guru PAI Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di SD Sekota Tanjungpinang”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 19 (1), 87-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.437.