Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19 di SD Education 21 Kulim Tampan Pekanbaru

  • Liana Novita Pascasarjana UIN Suska Riau
Keywords: Profesional, Pembelajaran, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19 di SD Edication 21 Kulim Tampan Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penyusunan Jurnal ini adalah Kualitatif, yaitu penulis mengumpulkan berbagai sumber atau referensi yang relevan dengan materi yang disajikan dan kemudian dilakukan pengkajian terhadap Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19 lebih lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam kajian Jurnal ini adalah menemukan adanya profesional guru dalam pembelajaran di masa covid-19 dengan menerapkan strategi/metode diantaranya, clasroom, google meet dan WhatsAap.

References

A Srinivasacharlu, “Continuing Professional Development (CPD) of Teacher Educators in 21st Century.” Shanlax International Journal of Education, Vol. 7, No. 4, September 2019.

Abdul Sattar Daulay, “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Darul ‘Ilmi, Vol. 03, No. 02, Juli 2015.

Ahmad Jaelani, Hamdan Fauzi, Hety Aisah, Qiqi Yulianti Zaqiyah, “Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Ika : Ikatan Alumni PGSD Unars, Vol. 8, No. 1, Juni 2020.

Anggun Wulan Fajriana, “Tantangan Guru dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di Era Melenial,” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, 2019.

Ayulia Septiani, “Tingkat Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19,” Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3, No. 5, 2021.

Bahar Agus Setiawan, Sofyan Rofi, and Tri Endang Jatmikowati, “The Student Learning Activity Levels on the Online Learning During the Covid-19 Pandemic.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol. 5, No. 2, April 2021.

Bunyamin, “Teacher Professionalism: A Study On Teacher’s Professional And Pedagogic Competence At Vocational High Schools In The Northern Coastal Of Jakarta,” Ijer. Vol.2, No.1, Juni 2016.

Darmadi Hamid,“Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.”Edukasi: Jurnal Pendidikan, Vol.13, Hal. 2, 2016.

Deden Danil, “Upaya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Sekolah ( Studi Deskriptif Lapangan Di Sekolah Madrasah Aliyah Cilawu Garut ),” Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 03, No.02.

Hilman Taufik Abdillah, “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Guru Pai Terhadap Evaluasi Pembelajaran PAI di SMA,” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 24, No. 2, Desember 2015.

Kagema, Josphat, and Cecilia Irungu, “An Analysis of Teacher Performance Appraisals and Their Influence on Teacher Performance in Secondary Schools in Kenya.” International Journal of Education.

Mike Okmawati,“The Use of Google Classroom during Pandemic.” Journal of English Language Teaching, Vol. 9, No. 2, March 2020.

Muttaqin Kholis Ali, and Hasan Maksum. “Utilization of E-Learning-Based ICT Learning Using the Google Classroom Application During the COVID-19 Pandemic.” Journal of Education Research and Evaluation, Vol. 4, No. 4, 2020.

Poncojari Wahyono, “Guru Profesional di Masa Pandemi Covid 19: Review Implementasi, Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring,” Jurnal Pendidikan Profesi Guru, Vol. 1, No. 1, 2020.

Rini Sefriani Rina Sepriana, Indra Wijaya, Popi Radyuli, and Menrisal, “Blended Learning with Edmodo: The Effectiveness of Statistical Learning during the Covid-19 Pandemic,” International Journal of Evaluation and Research in Education, Vol. 10, No. 1, March 2021.

Serkan Ucan, “The Role of Continuous Professional Development of Teachers in Educational Change: A Literature Review.” Harran Education Journal, Vol.1, No. 1, 2016.

Siti Karomah, “Improving Teacher Performance Competence in Teaching Students through Technology Information And Communications in Elementary School 30 Timbulun.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2017.

Sitti Roskina Mas, “Profesionalitas Guru dalam Peningkatan kualitas Pembelajaran,” INOVASI, Vol. 5, No. 2, Juni 2008.

Taufik Maulana, “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kompetensi Professional Guru PAI (Studi Penelitian di Ma Babussalaam Kota Bandung),” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1 Mei 2019.

Published
2022-02-07
How to Cite
Novita, Liana. 2022. “Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pendemi Covid-19 Di SD Education 21 Kulim Tampan Pekanbaru”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 19 (1), 13-26. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.388.