Urgensi Hukuman Edukatif dalam Manajemen Kelas
Abstract
Kedisiplinan didalam kelas terkadang sulit ditegakkan disebabkan oleh suasana disekolah yang tidak mendukung, sehingga menimbulkan tekanan psikologis bagi siswa. Misalnya, jumlah siswa yang terlalu banyak, peraturan sekolah yang terlalu keras, kebersihan lingkungan sekolah yang tidak terpelihara, fasilitas pendukung terlalaikan, keretakan dalam kalangan guru, keamanan yang kurang terjamin, manajemen informasi yang tidak baik. Hal ini menciptakan suasana penuh ketegangan yang dapat menggejala dalam perilaku negatif di dalam kelas. Pemberian hukuman adalah salah satu cara untuk mengatasi pelanggaran teradap disiplin kelas. Hukuman yang diberikan kepada siswa, hendaklah yang bersifat edukatif. Agar disiplin yang dijalankan oleh siswa, benar-benar berasal dari dalam diri siswa tersebut. Apabila kedisiplinan kelas sudah terwujud, itu membuktikan bahwa hukuman edukatif yang diberikan guru mampu menciptakan sistem manajemen kelas yang efektif dan efesien.
References
Amir Daien Indrakusuma. (1973). Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
http//copyduty.blogspot.com/2011/04
John Afifi. (2014). Inovasi-Inovasi Kreatif Manajemen Kelas & Pengajaran Efektif. Yogyakarta: Diva Press.
M.Ngalim Purwanto. (2006). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Malik Fadjar. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Novan Ardy Wiyani. (2013). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Roestiyah. (1978). Didaktik Metodik. Jakarta: Rineka Cipta.
Yanuar A. (2012). Jenis-Jenis Hukuman Edukatif Untuk Anak SD. Yogyakarta: Diva Press.
Mahmud Kholifah dan Usamah Quthub. Menjadi Guru yang Dirindu. Surakarta: Ziyad Books