Pola Asuh Orang Tua pada Anak Berprestasi Studi Kasus Minat Baca Keluarga Muslim di SD Islam As-Shofa Pekanbaru

  • Mulyadi Dosen STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Pola Asuh, Orang Tua, Anak Prestasi

Abstract

Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: Pertama, Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa mayoritas orang tua siswa berprestasi adalah orang yang sibuk bekerja dan mempunyai sedikit waktu untuk memberikan kasih sayang, perlindungan, bimbingan, mendampingi anak dalam belajar, pengarahan dan pendidikan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua Pola asuh orang tua yang dapat mempengaruhi minat baca anak berprestasi yang diterapkan keluarga muslim SD Ash-Shofa Pekanbaru Riau berdasarkan wawancara dan pendalaman langsung ke lapangan, yaitu pola asuh situasional. Ketiga Upaya orang tua dalam mengembangkan minat baca pada keluarga Muslim di SD Islam Ash-Shofa Pekanbaru Riau, adalah kepedulian masalah pendidikan anaknya, Menyediakan makanan bergizi bagi anaknya, Memotivasi agar giat belajar, Membuat jadwal kegiatan anaknya

References

Abu Ahmadi. (1991). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rieneka Cipta.

Achmadi. (1992). Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Aditya Media.

Baumrid, dalam Agus Dariyo. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rafika Aditama.

Gilber Highest. (1962). Seni Mendidik, Terjemahan Swastojo. Jakarta: Bina Ilmu.

Nurcholis Madjid, “Al Qur’an, Kaum Intelektual dan Kebangkitan Islam” dalam Kartini Kartono. (1992). Psikologi Wanita Mengenal OrangTua dan nenek. Bandung: Mandar Maju.

Paul Hauck. (1993). Psikologi Populer, (Mendidik Anak dengan Berhasil). Jakarta: Arcan.

Petri, H.L. (1981). Motivation, Theory, and Research. California: Words Word Publishing, Company.

Rahmat, Jalaluddin. (1988). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Rusydi Hamka dan Iqbal Emsyarif Saimima (ed). (1980). Kebangkitan Islam Dalam Pembahasan. Jakarta: Nurul Islam.

Shakuntala Devi. (2002). “Awaken The Genius in Your Child”, Bangunkan Kejeniusan Anak Anda. Bandung: Nuansa Cendikia.

Tim penulis Fakultas Psikologi UI. (2012) Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Thatcher. Universal World Reference Encyclopedia, jilid 2. Chicago: Consolidated Book Publisher.

Tampubolon. (1991). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung: Angkasa.

Thomas R Lindolf dan Bryan C Taylor. (2002). Qualitative Communication Research Methods. USA: Sage Publications.

Vanden Bos, Gary R. (2006). Dictionary of Psychology. Washington DC: American Psychology Assosiation.

Walgito, Bimo. (1994). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

W.J.S. Poerwadarminta. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yusuf Al-Qaradhawi. (2000). Bagaimana Berinteraksi dengan Al-Qur’an Penerjemah Kathur Suhardi. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Zahara Idris. (1992). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Zakiyah Drajadjat. (1996). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Published
2019-06-24
How to Cite
Mulyadi, Mulyadi. 2019. “Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Berprestasi Studi Kasus Minat Baca Keluarga Muslim Di SD Islam As-Shofa Pekanbaru”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 16 (1), 84-122. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/16.