Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al Washliyah 44 Sei Rampah

  • Yuhani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Akrim Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara
  • Rizka Harfiani Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara
Keywords: Peran, Kepala Madrasah, Profesionalisme

Abstract

Abstract

This study aims to examine the role of the Madrasah Principal in enhancing teacher professionalism at Madrasah Tsanawiyah Al Washliyah 44 Sei Rampah. The research utilizes a qualitative method with a case study design. Data collection was conducted through observations, interviews, and documentation, then analyzed descriptively using triangulation techniques. The findings indicate that the Madrasah Principal plays a central role as a leader, innovator, and motivator in managing and developing the madrasah. The Principal promotes teacher professionalism through various training programs, awards for outstanding teachers, and by creating a conducive work environment. As an innovator, the Principal strives to keep up with advances in science and technology by developing relevant curricula and learning programs. Furthermore, the Principal’s role as a motivator is evident in their efforts to provide guidance and motivation to teachers, encourage commitment to tasks, and address any challenges that may arise in the teaching process. In conclusion, the Principal’s effective leadership, innovation, and motivation significantly influence teacher professionalism, ultimately improving the quality of education at the madrasah.

 

Keywords: Madrasah Principal, teacher professionalism, innovation, education

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Al Washliyah 44 Sei Rampah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah memainkan peran sentral sebagai pemimpin, inovator, dan motivator dalam mengelola dan

 

mengembangkan madrasah. Kepala Madrasah mendorong peningkatan profesionalisme guru melalui berbagai pelatihan, pemberian penghargaan bagi guru yang berprestasi, serta menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Sebagai inovator, Kepala Madrasah berupaya untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengembangkan kurikulum dan program pembelajaran yang relevan. Selain itu, peran Kepala Madrasah sebagai motivator tercermin dari upayanya memberikan motivasi dan bimbingan kepada guru, mendorong komitmen terhadap tugas, serta mengatasi kendala yang mungkin timbul dalam proses pengajaran. Kesimpulannya, peran Kepala Madrasah yang efektif dalam memimpin, menginovasi, dan memotivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan profesionalisme guru, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah tersebut.

 

Kata kunci: Peran, Kepala Madrasah, Profesionalisme.

References

Amri, Khoirul, Safiyah Riyantini, and Salfen Hasri. “Starategi Pengembangan Mutu Dan Akreditasi Di Madrasah.” Sustainable 5, no. 2 (2022): 172–82.

Creswell, John W. Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approa. Book. Los Angeles.London.New De;hi.Singapore: Sage Publication,Inc, 2013.

Febriani, Eva, Muhammad Syaifuddin, and Syafaruddin. “Kebijakan Pemerintah Tentang Standar Pembiayaan Pendidikan Agama Islam.” Journal of Islamic Education El Madani 2, no. 2 (2023): 114–20. http://journal.marwah-madani-riau.id/index.php/JIEE/article/view/65#.

Hamidah, Laila, Sawaluddin Siregar, and Nuraini Nuraini. “Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka.” Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8, no. 2 (2019): 135. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668.

Harahap, Koiy Sahbudin, and Khairunnas Rajab. “Analysis of Islamic Educational Policy :” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 06, no. 01 (2022): 54–64.

Harahap, Laela Hamidah. “Penguatan Kecerdasan Sikap Multikultural (Sosiologis) Laela.” Journal of Islamic Education El Madani 2, no. 1 (2022): 53–60. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Harun, Zuhra, and Binti Masrufa. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Administrasi Di MA Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 3, no. 1 (2023): 105–17. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i1.968.

Hasibuan, Syahrul. “The Effect of Principal Leadership and Teacher Motivation on Teacher Performance.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 565, no. 01 (2022): 41–53. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.207.

Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2020.

Hully, Rahman, Ahmad Zikri, Irwan, Sawaluddin, Achmad Ghozali Syafii, Yorman. “Internalizing Religious Moderation Values Into The Islamic Education At University.” Journal of Namibian Studies 1, no. 34 (2023): 1122–38.

Muhajir Muhajir, Syahraini Tambak, Desi Sukenti , Ilyas Husti4 , Zamsiswaya Zamsiswaya, Sawa- luddin Sawaluddin, Miftah Syarif, Musaddad Harahap. “Development of Madrasa Teacher Leadership Competency : Involving Project-Based Learning Methods in Students-Centered Learning.” Pegem Journal of Education and Instruction 14, no. 3 (2024): 243–55. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23.

Munardji, Munardji. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dan Inovator Peningkatan Mutu Lembaga.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2014). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.255-270.

Murni. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Pemimpin Pendidikan.” Inspiratif Pendidikan 11, no. 2 (2022): 378–85. https://doi.org/10.24252/ip.v11i2.34753.

Musa, Faisal, and Sawaluddin. “Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI : Analisis Terhadap UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pembiayaan Pendidikan Islam Di Madrasah.” Mataazir: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2020): 14–26.

Nasution, Melda Diana. “Planning of Facilities and Infrastructure in Islamic Education.” Journal of Islamic Education El Madani 1, no. 1 (2022): 37–42. https://doi.org/10.55438/jiee.v1i1.14.

Noer, H.M. Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. “Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) Dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa Di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2, no. 1 (2017): 21–38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645.

Sahri. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Educator, Motivator, Inovator Dan Supervisor Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Pai.” Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas 6, no. 1 (2018): 1–23. https://doi.org/10.31942/pgrs.v6i1.2202.

Saihu, Made, and Sawaluddin Siregar. “Pemenuhan Biaya Pendidikan Melalui Entrepreneurship ( Studi Pada Mahasiswa STIT Al-Amin Kreo Tangerang ).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 01 (2022): 471–82.

Sandu Siyoto, M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Sawaluddin, Koiy Sahbudin Harahap, Imran Rido, Iwan Agus Supriono. “The Islamization of Science and Its Consequences : An Examination of Ismail Raji Al-Faruqi ’ s Ideas Europeans Seized the Opportunity and Attained the Golden Peak Previously Held by Islam . 3 Realized How Backward Islamic Civilization Was and Aspired to R.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 10, no. 2 (2022): 115–28.

Sawaluddin. “Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi.” Journal of Islamic Education El Madani 1, no. 1 (2021): 43–55.

Sawaluddin, Muhammad Sididiq. “Langkah-Langkah Dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal PTK & Pendidikan 6, no. 1 (2020): 13–24.

Setyaningsih, Kris, Serli Widia Astuti, Rabial Kanada, and Ibrahim Ibrahim. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Di Mts Muhammadiyah 1 Palembang.” Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan 10, no. 2 (2022): 37. https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6158.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suwandi. “Analisis Data Research Dan Development Pendidikan Islam.” Journal of Islamic Education El Madani 1, no. 1 (2021): 43–55.

Tambak, Syahraini. Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI. 1st ed. Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2014.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2021): 117–35. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i1.1055.

Published
2025-03-17
How to Cite
Yuhani, Akrim, and Rizka Harfiani. 2025. “Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al Washliyah 44 Sei Rampah”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 22 (01), 871-79. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v22i01.1507.