Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Fitrah dalam Mengenal Allah
Abstract
Artikel ini membahas tentang pentingnya pembelajaran anak usia dini yang berbasis fitrah dalam mengenal Allah. Fitrah, sebagai potensi dasar manusia yang suci dan cenderung kepada kebenaran, menjadi landasan utama dalam membentuk pemahaman tauhid sejak dini. Konsep fitrah ini disebutkan dalam Al-Qur'an, khususnya Surah Ar-Rum ayat 30, yang menyatakan bahwa manusia diciptakan sesuai ajaran Islam. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak dan memperhatikan tahap perkembangannya akan memaksimalkan potensi fitrah tersebut.Metode pembelajaran yang digunakan haruslah menarik, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini, seperti bermain, bernyanyi, dan bercerita. Melalui metode-metode tersebut, anak diajak untuk mengenal Allah melalui ciptaan-Nya, merasakan kasih sayang Allah dalam setiap aspek kehidupan, dan meneladani sifat-sifat Allah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan fitrah manusia dan Pendidikan anak usia dini , serta buku-buku dan jurnal ilmiah yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang penerapan pembelajaran berbasis fitrah dalam mengenalkan Allah pada anak usia dini. Pembelajaran Anak Usia Dini Berbaisis Fitrah ini diharapkan berdampak positif terhadap perkembangan spiritual anak, menumbuhkan rasa cinta kepada Allah, dan membentuk akhlak mulia
References
Departemen Agama RI. (2019). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Kementerian
Agama RI.
Dewantara, K. H. (1977). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur
Persatuan Taman Siswa.
Khaldun, I. (1986). Muqaddimah (Terj.Franz Rosenthal). (3 Vols.). Princeton: Princeton
University Press.
Montessori, M. (2013). The Absorbent Mind (Terj. Claude A. Claremont). New York:
Henry Holt and Company.
Al-Syaibani. (1984). Al-Asl. (Terj. Majid Khadduri). Beirut: Muassasah ar-Risalah.
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. New York: International
Universities Press.
Piaget, J., & Inhelder, B. (1969). The psychology of the child (Terj. Helen Weaver). New
York: Basic Books.
Erikson, E. H. (1963). Childhood and society. New York: W. W. Norton & Company.
Hurlock, E. B. (1978). Developmental psychology: A life-span approach. New York:
McGraw-Hill. Montessori, M. (2013). The Absorbent Mind (Terj. Claude A.Claremont).
New York: Henry Holt and Company.
Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature
and design. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Gardner, H. (1983). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. New York: Basic
Books.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological
processes.Cambridge, MA: Harvard University Press.
Dewey, J. (1938). Experience and education. New York: Macmillan.
Gardner, H. (1983). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. New York: Basic
Books.
Kohlberg, L. (1981). The philosophy of moral development: Moral stages and the idea of
justice. San Francisco: Harper & Row.
Ibnu Katsir. (2000). Tafsir Ibnu Katsir (Terj. Muhammad Nasib ar-Rifa'i). (10 Vols.).
Beirut: Dar al-Kutub al-'Ilmiyyah.
Quthb, M. (1964). Manhaj at-Tarbiyah al-Islamiyyah. Kairo: Dar ash-Shuruq
Nata, A (2005), Tokoh-tokoh Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Al Munasiroh, Q., Hidayat, S., & Salim, H. (2024). Konsep Fitrah Based Education Pada
Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam
Scholicah, A. S. (2017). Konsepsi Pendidikan Anak Berbasis Fitrah Dalam Perspektif Al-
Qur'an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 1-18.
Fitriani, N. (2019). FITRAH MANUSIA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN
IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN. Repository Raden Intan. Diakses dari
(link repository) DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN. Repository
Raden Intan.
Rahmawati, D. (2023). Pemikiran dan praktik pendidikan islam anak usia dini. Digilib UIN
SUKA.
Hasanah, U. (2022). Konsep fitrah based education dan penerapannya di Sekolah Dasar
Swasta Alam Duri. Repository UIN Suska dasar swasta alam duri. Repository UIN
Suska. Diakses dari
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods
approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Spradley, J. P. (1980). Participant observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded
sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature
and design. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Al-Ghazali. (2000). Ihya' Ulumiddin (Terj. Moh. Zuhri). Bandung: Pustaka Hidayah.
Santosa, H. (2021). Fitrah Based Education (Edisi Revisi). Bekasi: Yayasan Wira Bumi
Madani.
Fathurrahman, M. (2015). Pendidikan Berbasis Fitrah: Menyelaraskan Pendidikan dengan
Kodrat Manusia. Jogjakarta: Gama Media Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H.,
Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., … Istiqomah, R. R. (2020). Metode
Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. (H. Abadi, Ed.) (Cetakan 1). Yogyakarta: CV.
Pustaka Ilmu
Ibnu Khaldun (2000), dalam Muqaddimah, Dar al-Fikr
Moh. Surya (2017), Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, PT Remaja Rosdakarya
Zakiah Daradjat, MA (1992), Metode Pendidikan Islam, Bulan Bintang
Ramayulis (2008), Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia
Abdurrahman Mas'ud (2010), Pendidikan Keagamaan dalam Kelaurga, Raja
Grafindo Persada
Muhammad Fauzil Adhim (2017), Membentuk Karakter Anak sejak dini, Pro-U Media
Ustad Harry Santosa ( 2015), Parenting Nabawiyah : Mendidik Anak Metode
Rasulullah, Kultum Media,
Hamka (1967), Tafsiran Al-Azhar, Pustaka Panjimas
Quraish Shihab (2002), Tafsir al-Misbah, Lentera Hati
Sayyid Quthb (1990), Tafsir Fi Zilalil Quran , Gema Insana Press
M. Quraish Shihab (1996), Wawasan Al- Qur’an, Mizan
Copyright (c) 2024 Surya Arfan, Arbi Yasin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.