Strategi Bertahan Pedagang Pakaian Di Pasar Tradisional Nagari Ujung Gading Di Tengah Perkembangan E-Commerce Dalam Perspektif Ekonomi Islam

  • Adelia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fauzi Arif Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khairina Tambunan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Strategi Bertahan, Pedagang Tradisional, E-commerce, Ekonomi Islam

Abstract

Bagaimana dampak perkembangan e-commerce terhadap pedagang pakaian di pasar tradisional Nagari Ujung Gading, strategi bertahan pedagang pakaian ditengah perkembangan e-commerce dan strategi bertahan pedagang pakaian ditengah perkembangan e-commerce dalam perspektif ekonomi islam menjadi tujuan studi ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi  sumber dalam menguji keabsahan data terkait. Ditemuka hasil studi yaitu perkembangan e-commerce memberikan dampak yang besar bagi pedagang tradisional yang mana dampak yang dirasakan pedagang pakaian di pasar tradisional Nagari Ujung Gading yaitu sepinya pembeli sehingga pendapatan pun otomatis berkurang, Selanjutnya strategi bertahan yang dilakukan oleh pedagang pakaian di pasar tradisional Nagari Ujung Gading yaitu mengikuti trend barang yang dijual, memberi potongan harga (diskon), menjaga kualitas barang yang dijual, dan meningkatkan jaringan sosial dengan pembeli serta mengoptimalkan pelayanan. Selain itu, ditengah perkembangan e-commerce mereka juga mengimplementasikan asas-asas landasan Ekonomi Islam seperti prinsip tauhid dan nubuwwah yang mengacu pada sifat-sifat yang diajarkan oleh nabi dalam berdagang yakni sifat siddiq, amannah, tabligh dan fathanah sebagai strategi bertahan pedagang muslim.

Author Biographies

Fauzi Arif Lubis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Dosen Pembimbing sebagai Author ke-2

Khairina Tambunan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Dosen Penguji Reviewer sebagai Author ke-3

References

Arham, Mutmainnah, Syamsu Kamaruddin, and A Octamaya Tenri Awaru. “Strategi Bertahan Pedagang Konvensional Di Tengah Perkembangan Belanja Online Di Pasar Kariango Kabupaten Pinrang.” Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi 7, no. 1 (2024): 412–18.

Bathni, Ismul, Deni Darmawan, and Turkamun. “Pengaruh Jual Beli Online Terhadap Pasar Tradisional Pedagang Pakaian Dan Tas Di Pasar Ciputat.” Jurnal Sekretari Universitas Pamulang 1, no. 2 (2021): 267–81. https://doi.org/10.32493/skr.v9i1.18709.

Eri, Zainarti dan Muhammad Ikhsan Harahap. “Strategi Pemanfaatan Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Pada Taman Baca Spirit Book Dan Coffee Di Kota Medan.” Asian Journal of Management Analytics (Ajma) 1, no. 2 (2022): 89–96. https://doi.org/https://10.55927/ajma.v1i2.1468.

Farhanah, Dhia. “Strategi Bertahan Hidup Pedagang Konvensional Di Tengah Maraknya Belanja Online (Studi Kasus Pedagang Di Pasar Rakyat Sungguminasa Kabupaten Gowa),” 2022.

Febriani, Dewi, Fitri Ramdhani, Harahap Michael, and Jeffri Sinabutar. “Strategi Bertahan Pedagang Konvensional Di Tengah Perkembangan Online Shop (Studi Kasus Pedagang Konvensional Di Pasar Belinyu).” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial 01, no. 5 (2023): 50–60.

Fitriana, Lifia -, Rinel Fitlayeni, and Waza Karia Akbar. “Strategi Bertahan Pedagang Konvensional Di Tengah Perkembangan Pasar Online (Studi Kasus Pada Pedagang Konvensional Di Pasar Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat).” Horizon Pendidikan 1, no. 3 (2021): 543–53. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i3.5169.

Hamid, Ahmad Munir. “Revitalisasi Pasar Tradisional Dalam Sudut Pandang Ekonomi Islam Untuk Meningkatkan Kepuasan Pedagang Di Pasar Lembung.” ADILLA : Jurnal Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2022): 51–68.

Harahap, Isnaini, Yenni Samri Juliati Nasution, and Chairina Chairina. “Analysis of Muslim Customer Loyalty Shopping for Fashion in the Traditional Inpres I Market in Kisaran.” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences 4, no. 1 (2021): 28–38. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1533.

Laila Fitria, Fauzi Arif Lubis, and Nurbaiti Nurbaiti. “Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Suhada Grup.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 5, no. 3 (2024): 212–23. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i3.1904.

Lubis, Fauzi Arif, Syech Suhaimi, Dini Vientiany, Manjasari, Ahmad Riyansyah, Wahyu Syarvina, Nurramadhani Harahap, Nurul Ramadhani Pauzi Harahap, and Ataina Zulfa Nst. Pengantar Ilmu Ekonomi Islam. Medan: Febi Press, 2019.

Malazaneti, Nur, Gunawan Aji, and Farida Rohmah. “Analisis Dampak Online Shop Terhadap Para Pedagang Di Pasar Tradisional Paninggaran.” Sahmiyya 2, no. 2 (2023): 376–84.

Manzani, Astrid, Zulhendry, and Diena Fadhilah. “Pengaruh Penerapan Sifat Shiddiq, Amanah, Fathanah Dan Tabligh Terhadap Keberhasilan Usaha Online Shop.” Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal 2, no. 1 (2021): 13–23.

Mekarisce, Arnild Augina. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat 12, no. 3 (2020): 145–51. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.

Mohamad Olii, Rivai, Maria Heny Pratiknjo, and Jenny Nelly Matheosz. “Online Shop Sebagai Alternatif Berbelanja Masyarakat Kota Manado.” Jurnal Holistik 13, no. 4 (2020): 1–18.

Moleong, Lexy j. Metodologi Penelitian Kualitatif. 36th ed. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2016.

Nadia Ulva Febrianti, Shalsa Aina Widi Zahrafani, and Wafiatul Afifah. “Pengaruh Tiktok Shop Terhadap Pedagang Pasar Tradisional Di Pasar Tanjung Dan Ambulu Kabupaten Jember.” TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora 1, no. 4 (2023): 211–20. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i4.571.

Nurbaiti, Asmuni, Andri Soemitra, and Imsar dan Siti Aisyah. “Behavior Analysis Of MSMEs In Indonesia Using Fintech Lending Comparative Study Between Sharia Fintech Lending And Conventional Fintech Lending.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 9, no. 4 (2023): 1937–44. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29210/0202312273.

Prayitno, Maharipta Rezha. “Strategi Bertahan Pedagang Konvensional Di Era Digital: Studi Kasus Pada Pedagang Konvensional Di Pasar Krian Kabupaten Sidoarjo,” 2021.

Pusat Analisis Anggaran dan Akuntabilitas Keuangan Negara. “Potret Industri Digital Indonesia.” Budget Issue Brief 3, no. 9 (2023).

Qolbi, Ayada Ulufal, Husni Awali, Drajat Stiawan, and Happy Sista Devy. “Penerapan Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah Pada Pasar Tradisional Di Indonesia.” Jurnal Sahmiyya 2, no. 1 (2023): 19–30.

Rahma, Mevianti Nur, and Amin Wahyudi. “Strategi Pedagang Pasar Tradisional Senin Barokah Abadi Kecamatan Dolopo Dalam Mempertahankan Eksistensinya Pada Masa Pandemi COVID-19 Menurut Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam 3, no. 1 (2022): 49–65. https://doi.org/10.30739/jesdar.v3i1.1228.

Rianti, Nila. “Adaptasi Pedagang Konvensional Di Tengah Perkembangan E-Dagang (E-Commerce) Di Sukaramai Trade Center Pekanbaru.” Jom Fisip 9, no. 2 (2022): 1–12.

Rizal, Muhammad Syaiful, and Qoni’ah Nur Wijayani. “Persepsi Pedagang Konvensional Di Pasar Blauran Surabaya Terhadap Tren Implementasi E-Commerce Tiktok Shop.” Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora 1, no. 5 (2023): 34–44.

Statistik, Badan Pusat. “Direktori Pasar Dan Pusat Perdagangan,” 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Urika. “Dampak Dan Strategi Pedagang Pasar Tradisional Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Pasar Badak Pandeglang).” JUMERITA (Jurnal Manajemen Retail ) 2, no. 1 (2022): 91–102.

Vaicondam, Yamunah, Muthaloo Subramaniam, and Mustapha Aliyu. “Hypermarkets‟ E-Commerce Adoption among Youth in Puchong, Malaysia.” International Journal of Psychosocial Rehabilitation 24, no. 1 (2020): 766–73. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i1/pr200180.

Wawancara

Mariani (Pedagang Pakaian), Wawancara oleh Adelia, UIN Sumatera Utara, Tahun 2024.

Fitri (Pedagang Pakaian), Wawancara oleh Adelia, UIN Sumatera Utara, Tahun 2024.

Mariani (Pedagang Pakaian), Wawancara oleh Adelia, UIN Sumatera Utara, Tahun 2024.

Fitri (Pedagang Pakaian), Wawancara oleh Adelia, UIN Sumatera Utara, Tahun 2024.

Eliana (Pedagang Pakaian), Wawancara oleh Adelia, UIN Sumatera Utara, Tahun 2024.

Reka (Pedagang Pakaian), Wawancara oleh Adelia, UIN Sumatera Utara, Tahun 2024.

Masroh (Pedagang Pakaian), Wawancara oleh Adelia, UIN Sumatera Utara, Tahun 2024.

Sanah (Pedagang Pakaian), Wawancara oleh Adelia, UIN Sumatera Utara, Tahun 2024.

Rina (Pedagang Pakaian), Wawancara oleh Adelia, UIN Sumatera Utara, Tahun 2024.

Published
2024-08-07
How to Cite
Adelia, Fauzi Arif Lubis, and Khairina Tambunan. 2024. “Strategi Bertahan Pedagang Pakaian Di Pasar Tradisional Nagari Ujung Gading Di Tengah Perkembangan E-Commerce Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 21 (02), 599-674. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v21i02.1128.