Pengaruh Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Anak Di Kelurahan Simpanggambir Kecamatan Linggabayu Kabupaten Mandailing Natal
Abstract
Abstract
This research aims to find out whether parents’ interpersonal communication skills influence children’s social development in Simpanggambir Village, Linggabayu District, Mandailing Natal Regency. This research is a quantitative research using a simple linear regression analysis type. Using a purposive sampling technique, the research sample was 30 15 year old children in Simpanggambir. The Likert scale was used in assessing the questionnaire used in the data collection method. Based on the results of data analysis using the program SPSS22 determined the significance of the data obtained at 0.059. The conditions used are that data is accepted if the significance of the data obtained is >0.05 and rejected if the data obtained is <0.05. Based on the data obtained, the value of 0.059 is identical to data >0.05, it can be concluded that parental interpersonal communication has a big influence on children’s social development.
Keywords: Interpersonal communication, parents, children's social development
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi interpersonal orang tua berpengaruh terhadap perkembangan sosial anak di Kelurahan Simpanggambir, Kecamatan Linggabayu,Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis analisis regresi linear sederhana.Dengan menggunakan teknik purposive sampling,sampel penelitian berjumlah 30 anak berusia 15 tahun di Simpanggambir.Skala Likert digunakan dalam penilaian kuesioner yang digunakan dalam metode pengumpulan data.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS22 ditentukan signifikansi data yang diperoleh sebesar 0,059. Ketentuan yang digunakan adalah data diterima jika signifikansi data yang diperoleh >0,05 dan ditolak jika data yang diperoleh <0,05.Berdasarkan data yang diperoleh hasil nilai 0,059 yang identik dengan data >0,05, maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal orang tua berpengaruh besar terhadap perkembangan sosial anak.
Kata kunci: Komunikasi interpersonal,orang tua, perkembangan sosial anak
References
Amin, A. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri pada Remaja. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 5(2), 79-85. https://doi.org/10.35891/jip
Ariati, P. (2021). Meningkatkan Penyesuaian Diri terhadap Lingkungan Sekolah melalui Layanan Bimbingan Klasikal pada Siswa Kelas 7A SMP N 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 307-317. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.227
Effendi, Onong Uchjana. (2008), Dinamika Komunikasi, Bandung. PT. Remaja Rosdakary
Elizabeth B Hurlock. 1991. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.
Jakarta: Erlangga.
Deddy Mulyana, (2005), Ilmu Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya
DeVito,Joseph A.1997. Komunikasi Antarmanusia, Penerjemah Agus Maulana, Jakarta: Profesional Books.
Devito, J. A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Karisma Publishing Group.
Fauziah, R. S. P. (2013). PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SECARA SOSIAL STUDENTS ’ DEVELOPMENT ON SOCIAL ASPECT HASIL DAN PEMBAHASAN Pengertian Perkembangan Sosial. 4(2), 101–107.
Fensi, F. (2018). Membangun Komunikasi Interpersonal orang tua dengan anak dalam keluarga. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 1(1).
Hijriati. (2019). Faktor dan Kondisi yan Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V(2), 94–102.
Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Jannah, M. (2021). Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak. International Journal of Child and Gender Studies, 1(2), 87–98.
Jasmi, K. A., Hong, F. C. Shamsuddin, S. D. (2012). Perkembangan Sosial Anak dan Hubungannya dengan Rakan Sebaya in Prosiding Seminar Pertama Sains,Teknologi, dan Manusia at Marbawy Hall, Faculty of Islamic Civilization, Universiti Teknologi Malaysia on 22 September 2012, pp. 77-95. ISBN 978-967-0194-24-0 .
Junaidin, R. (2020). Pola komunikasi interpersonal orang tua terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), 11(1), 46-66.
Kusmawati, S., Agustin, L., Yunika, N., Gea, K., Tinggi, S., & Kesehatan, I. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun Di Desa Pulokalapa Tahun 2022. Borneo Nursing Journal (BNJ), 5(2), 27–34. https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ
Mardikanto. (2010). Life Balance Ways. Repositori Iain Kudus, 1–31.
Mulyana, Deddy. (2011), IlmuKomunikasiSuatuPengantar, Bandung: PT. RemajaRosdakarya
Natanael Ariesandi Rusli, & Estika P Sani. (2022). Pengaruh Pengawasan Team Work Dan Kedisiplinan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt. Primadaya Plastisindo. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.147
Nurmalitasari,F.(2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekola. Buletin psikologi,23(2),103-111
Putra, N. F. P. (2013). Peranan komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam mencegah perilaku seks pranikah di SMA Negeri 3 Samarinda kelas XII. Ejournal Ilmu Komunikasi, 1(3), 35-53.
Rakhmat, Jalaluddin.1996.Psikologi Komunikasi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502.
Sahputra, D. 2018. Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 14. Https://Doi.Org/10.31851/Juang.V1i2.2088
Sekaran,N.K.S.P.(2018). Pentingnya peran orang tua dalam pendidikan karakter anak usia sekolah dasar.Adi Widya:Jurnal Pendidikan Dasar,3(1),83-90
Studies, E. (2021). Analisis Pengetahuan Keuangan, Kepribadian Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan, 11(1), 192–201. https://journals.ekb.eg/article_243701_6d52e3f13ad637c3028353d08aac9c57.pdf
Sugiono. (2019). Bab iii metoda penelitian. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3, 1–9.
Ulvania. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Dan Staf Tata usaha (Studi Kasus pada MTsN 10 Tanah Datar Kecamatan Sungayang). Skripsi STIE Inonesia Jakarta, 2018, 1–23.
Windijarti, I. (2011). Komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam pendidikan seksual. Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi, 9(3), 274-292.
Copyright (c) 2024 rahmania rangkuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.