Konsep Guru Profesional
(Kajian Terhadap Efektivitas Sertifikasi Guru, Komitmen Kerja Guru, dan Kemampuan Kerja Guru Bersertifikasi)
Abstract
Penelitian tentang “Konsep Guru Profesional (Kajian Terhadap Efektivitas Sertifikasi Guru, Komitmen Kerja Guru dan Kemampuan Kerja Guru Bersertifikasi) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Se-Kota Pekanbaru” merupakan penelitian Lapangan (Field Research). Penelitian ini merupakan telaah Konsep guru Profesional dari efektivitas sertifikasi guru baik kemampuan kerja maupun komitmen mengajar. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1).Efektivitas sertifikasi guru profesional dapat dilihat dari aspek kuantitas, kualitas, kehandalan dan sikap guru bersertifikasi sudah mencerminkan profesionalitas. Begitu pula pada kemampuan kerja guru bersertifikasi yang sesuai dengan ekspektasi layaknya guru profesional. Komitmen kerja guru bersertifikasi sudah menunjukkan sikap profesional yang memiliki komitmen kerja yang tinggi. 2).Efektivitas sertifikasi guru mempengaruhi secara positif komitmen kerja guru, dan efektivitas sertifikasi guru juga mempengaruhi secara posiitif kemampuan kerja guru. Pengaruh efektivitas sertifikasi guru terhadap komitmen kerja guru dan pengaruh efektivitas sertifikasi guru terhadap kemampuan kerja guru, keduanya ditentukan oleh derajat kekuatan hubungan dalam bentuk koefisien kausal dan koefisien determinasi. 3). Guru profesional dapat diwujudkan melalui peningkatan efektivitas sertifikasi guru, peningkatan komitmen kerja guru dan peningkatan kemampuan kerja guru Sertifikasi guru yang efektif dapat mengakibatkan meningkatnya komitmen kerja guru dan meningkatnya kemampuan kerja guru.
References
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Peratura Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 37 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Yang Diangkat Akhir Tahun 2015.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 10 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan.
Ovi Arista. 2014. Komitmen Guru Sertifikasi Dalam Melaksanakan Tugas Mengajar Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Pauh Padang, Jurnal Administrasi Pendidikan , Volume 2 Nomor 1.
Pirdata, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Data Simpatika pada Kanwil Kemenag Provinsi Riau tahun 2018.
Jones, J., Jenkin, M., & Lord, S. 2006. Developing effective teacher performance. (London: Paul Chapman Publishing).
Gunawan. 2009. Institute for Research and Development. Banjarmasin: YBI.
Ma’mur Asmani. 2017. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Muchlas Samani dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Creswell, J. W. 2017. Research design: qualitative, quantitative, and mix methods approaches. Los Angeles: Sage Publications.
Suharsimi Arikunto. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Hamid Patilima. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Copyright (c) 2018 Mahyuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.