Optimalisasi Penggunaan Multimedia Sebagai Sumber dan Bahan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

  • Muharrani Muharrani STAI Diniyah Pekanbaru
  • Sri Murhayati UIN Suska Riau
  • Zaitun UIN Suska Riau
Keywords: Multimedia, Sumber dan Bahan, Keterlibatan Siswa, PAI

Abstract

Abstract

Efforts to face the challenges of the digital era, where students as 'digital natives' need a more interactive and interesting learning approach. For this reason, it is necessary to optimize the use of multimedia in learning, especially PAI. This research aims to explore optimizing the use of multimedia as a source and learning material for Islamic Religious Education (PAI). The method used is qualitative research with a library approach, by reviewing literature related to the use of multimedia in PAI learning, through documentation and content analysis from literary sources such as books, notes and research reports from previous researchers. The research results show that the integration of multimedia in PAI learning can increase student engagement, as well as facilitate more effective learning through simultaneous processing of visual and auditory information. In conclusion, optimizing the use of multimedia in Islamic religious education is needed to make the material more relevant and interesting for the current generation, while increasing the effectiveness of learning in the context of modern education. The contribution of this research can increase student involvement, enrich learning methods, and strengthen understanding of Islamic Religious Education material through the use of innovative multimedia.

 Keywords: Multimedia; Resources and Materials; Student Engagement; Islamic Religious Education (PAI)

 Abstrak

Upaya menghadapi tantangan era digital, di mana siswa sebagai 'digital natives' membutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Untuk itu diperlukan optimalisasi penggunaan multimedia dalam pembelajaran khusunya PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi optimalisasi penggunaan multimedia sebagai sumber dan bahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode yang digunakan adalah penelitian kualitaif dengan pendekatan kepustakaan, dengan mengkaji literatur terkait penggunaan multimedia dalam pembelajaran PAI, melalui dokumentasi dan analisis isi dari sumber-sumber literatur seperti buku, catatan, dan laporan riset dari peneliti sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi multimedia dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan keterlibatan siswa, serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif melalui pengolahan informasi visual dan auditori yang simultan. Kesimpulannya, optimalisasi penggunaan multimedia dalam pendidikan agama Islam diperlukan untuk membuat materi lebih relevan dan menarik bagi generasi saat ini, sekaligus meningkatkan efektivitas pembelajaran dalam konteks pendidikan modern. Adapun kontribusi dari penelitian ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkaya metode pembelajaran, dan memperkuat pemahaman materi Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan multimedia yang inovatif.

 Kata kunci: Multimedia; Sumber dan Bahan; Keterlibatan Siswa; PAI.

References

A.A.I.P. Ari, I.W. Lasmawan, and N.K. Suarni. “Pengembangan Buku Digital Berbasis Kontekstual Pada Materi Keberagaman Budaya Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ips.” PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 7, no. 2 (2023): 230–40. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2475.

Ahmad Husein, Eidel Putri Maharani, Muhammad Amril Saifuddin, Angga Bagas Satria, and Unik Hanifah Salsabila. “Podcast Sebagai Media Ajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2024): 104–16. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i1.65.

Ahmad Munji. “Penggunaan Media Digital Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam: Perspektif Studi Pustaka.” Adz-Zikr Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 8 No 2 (2024): 16–23. http://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/adzzikr/.

Anindito Aditomo. “Cognitive Load Theory and Mathematics Learning : A Systematic Review Cognitive Load Theory and Mathematics Learning : A Systematic Review” 24, no. June (2014): 207–17.

Ariandini, Nur, and Rizal Arizaldy Ramly. “Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Kependidikan Media Stats 12 (2023): 107–16.

Arsyad, Azhar. “Media Pembelajaran.” Edited by Rahman Asfah, 2015.

Hamzah. B. Uno, Masri Kudrat Umar. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Edited by Fatna Yustianti. Edisi 1. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Hartanto, Wiwin. “Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 10, no. 1 (2016): 1–18.

Hendra Jaya, Sapto Haryoko, Lu’mu. Praktikum Simulasi Berbasis Website, 2023.

Idrus. “Pembelajaran Berbasis Kognitif Multimedia Pada Kalbu Persfektif Al-Qur’an.” Universitas PTIQ Jakarta, 2023.

Iskandar, Akbar, Widia Winata, Farid Haluti, Muqarramah Sulaiman Kurdi, Putra Hendra S. Sitompul, Musyarrafah Sulaiman Kurdi, Sri Nurhayati, Mila Hasanah, and Ma’rifani Fitri Arisa. Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Edited by Akbar Iskandar. Sulawesi: Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia, 2023.

Miftah, Mohamad. “Pengembangan Dan Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Interaktif.” Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK 14, no. 2 (2018): 147–56. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.117.

Muhammad Rohan Saputra, Kautsar Eka Wardhana, Rahmad Effendy, and Trianisa Ayu Anastasya Rahmatul Muthmainnah. “Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” EDUCASIA Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6 (3) (2021): 167–82. file:///C:/Users/HP/Downloads/126-Article Text-435-1-10-20230105.pdf.

Oktakiawan, Deni. “Persepsi Siswa Terhadap Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP IT Al-Fajar Kedaung Pamulang Tangerang Selatan,” 2022.

Presiden Republik Indonesia. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Aparatur Sipil Negara,” no. 202875 (2023): 1–44. https://peraturan.bpk.go.id/Details/269470/uu-no-20-tahun-2023.

Putra. “Pengertian Multimedia: Sejarah, Manfaat, Komponen & Contohnya,” 2021. https://salamadian.com/pengertian-multimedia/?form=MG0AV3.

Putri Nurhasanah, Rika Hayani Putri, Sherina Birlian Yanuar, and Ani Nur Aeni. “Pengembangan E-Book Interaktif Untuk Meneladani Perilaku Jujur Pada Siswa Kelas 2 SD Dari Kisah Nabi Muhammad.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023): 4351–57. file:///C:/Users/USER/Downloads/astuti,+546.+Artikel_Putri+N_S6+4351-4357.pdf.

Qoshwa, Ghoyatul, and Evi Fatimatur Rusydiyah. “Profesionalisme Guru Dalam Implementasi Teknologi Di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Glagah Lamongan.” Tarbawi 9, no. 1 (2020): 1–20. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i1.3104.

Rahman Nur, Dedi, Pratomo Widodo, and Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro. “Digital Natives Generation Enjoyment Using Online Resources as Virtual Learning Environment in Learning English Speaking.” International Journal of Language Education 7, no. 4 (2023): 602–14. https://doi.org/10.26858/ijole.v7i4.44573.

Saas Asela, Unik Hanifah, Dkk. “Jurnal Inovasi Penelitian.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 7 (2020): 1297–1303.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., and Harjito. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers: Rajawali pers, 2012.

Scola. “Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif,” n.d. https://artikel.scola.id/pembelajaran-kreatif-dan-teknologi/pembelajaran-multimedia-interaktif/?form=MG0AV3.

Sele, Yunawati, and Vinsensia Ulia Rita Sila. “Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran.” Biocaster : Jurnal Kajian Biologi 2, no. 4 (2022): 225–30. https://doi.org/10.36312/bjkb.v2i4.152.

Shavab, Oka Agus Kurniawan, and Gurdjita Gurdjita. “Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Sejarah.” Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah 3, no. 1 (2017): 10. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2883.

Sinaga, y Ernawati Br. “Mengenal Multimedia Interaktif Dalam Pendidikan,” 2024. https://blog.advan.id/31352/mengenal-multimedia-interaktif-dalam-pendidikan/?form=MG0AV3.

Sofyan, Fatah, amir & Purwanto Agus. Digital Multimedia. Yogyakarta Andi Offset, 2008.

Subagja, Sigit, and Bibin Rubini. “Analysis of Student Learning Styles Using Fleming’s VARK Model in Science Subject.” Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus 9, no. 1 (2023): 31–39. https://doi.org/10.36987/jpbn.v9i1.3752.

Suyanto. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. 2nd ed. CV Andi Offset, 2005.

Wahyudi, Dkk. “Hubungan Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik.” Journal on Education 06, no. 1 (2023): 25–34. http://jonedu.org/index.php/joe.

Wardah. “Implementasi Pembelajaran Dengan Media Video Kisah Teladan Nabi Muhammad Saw Pada Materi Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Kelompok A Di RA Muhyiddin Pundenarum Karangawen Demak.” UIN Walisongo Semarang, 2022.

Wawan Saputra, Bambang Eka Purnama. “Microsoft Word - 09 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer.Doc” 4, no. 2 (2012): 60–67. http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/865.

Wirdati, Meti Afrina &. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 25 PASIR TIKU.” A L S Y S Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (2024): 240–48.

Wiwik Sumariati, Syarifan Nurjan, Muhammad ‘Azam Muttaqin. “Penanaman Moral Keagamaan Anak Berbasis Animasi Kisah Nabi Muhammad SAW.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 1 (2024): 1–15. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v.

Wulandari, Ida Ayu Gde, I Made Putra Aryana, and I Gede Eka Surya Kanta. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu.” JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama) 2, no. 02 (2022): 138–47. https://doi.org/10.25078/japam.v2i02.1448.

Wulandari, Sri. “Persepsi Siswa Tentang Penerapan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sumbul.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara., 2019. https://repository.uinsu.ac.id/10019/1/SRI WULANDARI.pdf.

Published
2025-03-17
How to Cite
Muharrani, Muharrani, Sri Murhayati, and Zaitun. 2025. “Optimalisasi Penggunaan Multimedia Sebagai Sumber Dan Bahan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 22 (01), 849-62. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v22i01.1089.