Konsep Pembelajaran Akhlak Imam Al-Ghazali dan Implementasinya di Pondok Pesantren Provinsi Riau
Abstract
Penelitian tentang Konsep Pembelajaran Akhlak Imam Al-Ghazali Dan Implementasinya Di Pondok Pesantren Propinsi Riau merupakan penelitian pustaka (Library Research). Penelitian ini diharapkan memberi pencerahan bagi kehidupan manusia, yang serba simpel dan praktis sesuai perkembangan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode content analisis yaitu berangkat dari aksioma bahwa studi tentang proses dan isi komunitas ini merupakan dasar bagi ilmu sosial. Subjek penelitian ini terdiri dari pemikiran Imam Al-Ghazali dan komponen yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan menghimpun dokumentasi yang relefan dan buku-buku sumber. Teknik analisis data terdiri dari; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menujukkan: Konsep Pembelajaran Akhlak Imam Al-Ghazali Dan Implementasinya Di Pondok Pesantren Propinsi Riau dapat menanamkan tiga aspek akhlak yaitu civic knowledge, civic disposition, civic skill sesuai dengan realitas. Pada akhirnya Konsep Pembelajaran Akhlak Imam Al-Ghazali Dan Implementasinya Di Pondok Pesantren Propinsi Riau, yaitu guru harus dapat menumbuhkan kesadaran to regcognation and the other dalam kehidupan akhlak santri yang beragam sehingga diharapkan menjadi smart and good citizenship dalam konteks sebenarnya
References
A. Saefuddin. 2005. Percikan Pemikiran Imam Al-Ghzali. Bandung: Pustaka Setia.
Abdurrahma saleh Abdullah. 1982. Educational Theory: Al-Qur’anic Outlook. Makkah al-Mukarrahmah: Educaional and Psychological Research Center.
Abdurrahman an-Nahlawi. 1995. Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalabi fi Baiti wa Madrasati. wal Mujtama’, (Dr alfikr al-Mu’asyr, beirut-Libanon), terj. Shihabuddin, Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Mayarakat. Jakarta: Gemma Insani Press.
Abu Al-Wafa’ al-Ghanimi al-Taftazami. 1979. Sufi dari Zaman ke Zaman. Bandung: Pustaka.
Abul A’la al-Maududi. 1983. Islamic Way of Live, Terj. Mashuri Sirajudin Iqbal. Bandung: Sinar Baru.
Asmaran, Pengantar Studi Tasawuf, (Jakarta: RajaGarafindi Persada, 2014), hlm. 32. H.A.R Tila. 1998. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspekitif Abad 21 ‘Magelang’. Tera Indonesia.
Imron Rosidi. 1429 H. Sukses Menulis Karya Ilmiah. Sidogiri: Pustaka Sidogiri.
Saifudin Azwar. 2010. Metodologi penelitian. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kwalitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwardi Endraswara. 2003. Metodelogi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Caps.
Yusuf Qordawi. 1996. Al-Ghozali antara Pro dan Kontra. Surabaya: Pustaka Progesif.
Zaim El Mubarok. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai, Cet. II. Bandung: CV. Alfabeta, September.
Zainuddin Dkk, 1991. Seluk-beluk pendidikan Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2018 Kariman Ibrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.