Guru PAI Dalam Prespektif AL-Quran dan Hadist

(Tinjauan Terhadap Profil Guru di Indonesia)

  • Ahmad Supardi STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Guru PAI perspektif Al Quran, Hadis

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Guru PAI dalam perspektif al quran dan hadis (tinjauan terhadap profil guru di Indonesia), bukan sekedar “transfer of knowledge” ataupun “transfer of training”. Tetapi lebih merupakan suatu sistem yang di tata di atas pondasi Undang Undang Guru dan Dosen. Siklus perkembangan pemikiran guru telah mengikut alur perubahan. Untuk itu pada era tersebut konsep, materi dan pendidikan guru harus sesuai tuntutan zaman, dihadapkan pada tantangan kehidupan modern, serba simpel dan praktis sesuai perkembangan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode content analisis yaitu berangkat dari aksioma bahwa studi tentang proses dan isi komunitas guru merupakan dasar bagi ilmu sosial. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI dan komponen yang terkait. Hasil penelitian menujukkan: guru PAI dalam perspektif al quran dan hadis (tinjauan terhadap profil guru di Indonesia) telah membuka aspek civic knowledge, civic disposition, civic skill sesuai dengan realitas. Pada akhirnya profil guru PAI di Indonesia, dapat menumbuhkan kesadaran to regcognation and the other dalam kehidupan peserta didik yang beragam sehingga diharapkan menjadi smart and good citizenship dalam konteks sebenarnya.

References

A.S.Hornby, E.V. Gatenby dan Wakefield. 1958. The Advenced Learn’s Dictonary of Current English. London: Oxford University Press.

Abdul Kadir. Muhammad. 1966. Falsafah al-Shoufiyah fi-Islam. Kairo: Dar al-Fikri al-Arabi.

Abdul Karim al-Jili. 1956. Al-Insan al-Kamil, fi Ma'rifah al Awakhir wa'l awail. Kairo: Mustafa al-Halabi.

Abdul Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdullah Nasih Ulwan. 1981. Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam, cet II. Beirut: dar al-Salam.

Al-Qaradhawi, Yusuf. 1996. Tsaqafatul Daiyah, cet: 10. Cairo: Maktabah Wahbah.

E.Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Imam al-Qurtubi, 2003. al-Jami` li Ahkami al-Qur`an. Cairo: Darul Hadist.

Ritzer, George., & Smart, Barry. 2001. Hand Book of Social Theory. London: Sage Publication.

Robert P Gwinn, (et al). 1987. The New Encyclopedia Britannica, Volume 27. Chicago: The University of Chocago.

Robson, S.O. 1981. Java at the Crossroads, Biljdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde (BKI) 137.

Soebardi, S., “Santri-religious Elements as Reflected in the Book of Tjentini”, Bijdragen tot de Taal-, Land-en Volkenkunde (BKI), No. 127, 1971)

Winarna. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan: Standar Isi dan Pembelajarannya, Jurnal Civics, Vol. 3.

Woodward, Max. 2011. Java, Indonesia and Islam. London and New York: Springer.

Zakiah Darajat. 2004. IlmuPendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2018-12-31
How to Cite
Supardi, Ahmad. 2018. “Guru PAI Dalam Prespektif AL-Quran Dan Hadist”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 15 (2), 121-55. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/106.