Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Bidang Studi Fikih Melalui Pendekatan Tasawuf Untuk Madrasah Aliyah

  • Yatimin MAN 1 Siak
Keywords: Fikih, Pendekatan Tasawuf, Strategi Pembelajaran Inquiri

Abstract

Penelitian tentang Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) Bidang Studi Fikih melalui pendekatan Tasawuf untuk Madrasah Aliyah, merupakan suatu penelitian yang dirancang sedemikian rupa untuk melatih pikiran siswa sehingga dalam sikap hidup dan tindakan dipengaruhi oleh nilai spritual. Mengantarkan siswa pada prilaku dan perbuatan yang berpedoman pada syari‟at Allah. Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) Bidang Studi Fikih melalui pendekatan Tasawuf bukan sekedar “transfer of knowledge” ataupun “transfer of training”. Tetapi lebih merupakan suatu sistem yang di tata di atas pondasi keimanan dan kesalehan. Siklus perkembangan perubahan Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) Bidang Studi Fikih melalui pendekatan Tasawuf harus mengikut alur perubahan. Kalau tidak mengikuti alur perubahan, maka Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) Bidang Studi Fikih akan ketinggalan dari perubahan zaman. Untuk itu pada era tersebut konsep, materi dan kurikulum dihadapkan pada tantangan kehidupan manusia modern, yang serba simpel dan praktis sesuai perkembangan teknologi. Hasil penelitian menujukkan: Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) Bidang Studi Fikih melalui pendekatan Tasawuf untuk madrasah Aliyah dapat menanamkan tiga aspek civic knowledge, civic disposition, civic skill sesuai dengan realitas. Pada akhir Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) tumbuhkan kesadaran to regcognation and the other dalam kehidupan Siswa yang beragam sehingga diharapkan menjadi smart and good citizenship dalam konteks sebenarnya.

References

Abu Bakar Aceh. 1979. Pengantar Ilmu Tasawuf. Semarang: Ramadhani.

Abuddin Nata. 2002. Akhlak Tasawuf. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ahmad Sunarto. 1982. Pembina Iman dan Akhlak. Surabaya: Mutiara Ilmu.

Alwi Sihab. 2002. Islam Sufistik. Bandung: Mizan.

Arberry, AJ. 1985. Pasang Surut Aliran Tasawuf, (terj.) Bambang Herawan, Judul Asli, Sufism: An Account of The Mystics of Islam, Cet. 1. Bandung: Mizan.

Asmaran, AS. 2002. Pengantar Studi Akhlak, Cet. 3, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tim Penyusun Kamus, Pusat Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Penerbit Balai Pustaka Jakarta. 1995.).

Titus, Harold H., Cs. 1979. Living Issues in Philosophy New York: D. van Nostrannd Co.

Tjiptoherijanto, Prijono., & Prijono, Yumiko M. 1983. Demokrasi di Pedesaan Jawa. Jakarta: Sinar Harapan & FEUI.

Triyono, Lambang., dkk (eds.). 2004. Potret Retak Nusantara: Studi Kasus Konflik di Indonesia. Yogyakarta: Center for Security and Peace Studies Gadjah Mada University Press.

Turner, Bryan S. 1994. Orientalism, Posmodernism, and Globalism. London & New York: Routledge.

Zubaedi. 2012. Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi terhadap Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2018-12-31
How to Cite
Yatimin, Yatimin. 2018. “Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Bidang Studi Fikih Melalui Pendekatan Tasawuf Untuk Madrasah Aliyah”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 15 (2), 26-38. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/102.