PEMBELAJARAN SENI SUARA DAN MUSIK AUD DI TK NURUL AZMI

  • Putri Salsabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Hilda Zahra Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Cindi Octavia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Pembelajaran, Seni Suara, Musik, Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran anak usia dini dilembaga pendidikan anak usia dini, musik merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran sehari-hari. Aspek perkembangan seni dan musik anak usia dini harus dikembangkan dejak usia dini. Pembelajaran seni suara dan musik pada anak usia dini tidaklah rumit guru hanya perlu menyediakan strategi yang benar dalam pembelajarannya. Penelitian yang digunakan oleh penulis ialah media dan wawancara, dalam pelaksanaanya menggunakan penelitian secara langsung dan tidak langsung. Penulis tertarik untuk mengangkat judul ini karena penulis ingin mengetahui bagaimana cara guru dalam mengembangkan aspek perkembangan seni suara dan musik pada anak usia dini. Terdapat lokasi penelitian pada penelitian kali ini yaitu di TK Nurul Azmi.

References

Aulia Agvely, d. (2022). Pentingnya pembelajaran musik untuk anak usia dini. jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 6 No. 01, 120-125.

Djohan. (2021). Psikologi Musik . Jakarta: Perdaba Publishing.

Eny Munisah. (2020). Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Elsa, Volume 18, No. 2.

Hamid, M. (202). Bermain Musik dan Gerak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

Hugh, M. M. (2018). Apresiasi musik. A Guide to Good Listenig (New York). . Yogyakarta: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Istifadeh. (2022). Seni musik untuk anak usia dini . Bantul: Lintas Nalar.

marta, K. s. (2021). Motivasi dan Apresiasi siswa terhadap musik keroncong di SMAN 2 Jombang. Jurnal Pendidikan sendratasik vol 10 no 2, 75-76.

Priyanto Sugeng Utuh. (2013). Pendidikan Musik untuk Anak Uisa Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Purhanudin, V. (2021). Musik dalam Konteks pendidikan anak usia dini. Jurnal Penelitian dan Pengajian senin vol 2 no 1, 23-25.

Ridwan. (2020). Belajar Melalui musik dengan menerapkan metode orff. jurnal pendidikan anak usia dini vol 4 no 1, 150-155.

Saripah. (2023). Bentuk pengembangan kemampuan seni anak usia dini . Sumatra Barat : PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Sunarto. (2017). Apresiasi Musik . Jogjakarta: Perpustakaaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Tiurina, S. (2022). Apresiasi Musik . Jurnal Seni Musik vol 11 no 2, 23-25.

Tongyong, Agus F. (2011). Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Gramedia

Udi Utomo. (2017). Daya Tarik Lagu Bagi Anak Uisa Dini. Jurnal Seni Musik.

Yeni Indra. (2019). Kesulitan yang Ditemui Pendidik Dalam Pembelajaran Musik Melalui Kegiatan Menyanyi.

Published
2023-12-31
How to Cite
Putri Salsabila, Hilda Zahra Lubis, & Cindi Octavia. (2023). PEMBELAJARAN SENI SUARA DAN MUSIK AUD DI TK NURUL AZMI. Al-Abyadh, 6(2), 81-87. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i2.880

Most read articles by the same author(s)