PERMAINAN ULAR TANGGA BAGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Reni Amiliya
  • Anung Driyas Maraning Dyah TK Perwira Selakambang, Purbalingga
Keywords: Permainan Ular tangga, Kognitif, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan yang diberikan sejak usia dini memiliki peranan yang sangat pentingĀ  dalam perkembangan anak selanjutnya. Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini berbeda dengan pembelajaran yang ada pada jenjang berikutnya. Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini harus dirancang untuk mengembangkan seluruh potensi dan aspek perkembangan anak secara optimal. Pelaksanaan pembelajaran yang cenderung verbalistik dan penggunaan media yang kurang bervariasi menyebabkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun tidak berkembang secara optimal. Untuk mengatasi pemasalahan ini, penelitian ini mengusulkan permainan ular tangga untuk memfasilitasi perkembangan kognitif anak agar berkembang secara optimal. Efektivitas permainan ular tangga dievaluasi dengan merancang kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan metode quasi eksperimen kepada 16 anak dengan usia 5-6 tahun. Dua variabel: Permainan ular tangga dan perkembangan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000 artinya nilai sig < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan nilai antara sebelum dan sesudah perlakuan sehingga disimpulkan bahwa game ular tangga dapat meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun.

Published
2019-12-23
How to Cite
Reni Amiliya, & Anung Driyas Maraning Dyah. (2019). PERMAINAN ULAR TANGGA BAGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN . Al-Abyadh, 2(2), 1-9. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/57