ANALISIS KESIAPAN DAN KESULITAN LEMBAGA PAUD DALAM MENGHADAPI AKREDITASI MELALUI PENDAMPINGAN AKREDITASI BAN PAUD DI TK ISLAM AL-MADINAH KOTA DUMAI

  • Siti Aminah STAI DINIYAH PEKANBARU
  • Reni Amiliya STAI DINIYAH
Keywords: Kesiapan, Kesulitan, Akreditasi, PAUD

Abstract

Pemerintah mewajibkan setiap jenjang pendidikan mulai dari pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi untuk melakukan proses akreditasi. Proses akreditasi dilakukan untuk mengetahui kualitas lembaga pendidikan sehingga dapat mewujudkan tujuan nasional pendidikan. Pada pendidikan anak usia dini dilakukan berbagai upaya maupun persiapan oleh lembaga untuk menghadapi proses akreditasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kesiapan dan kesulitan yang dihadapi sekolah IT AL-Madinah dalam proses pengajuan akreditasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini yakni dua orang guru serta kepala sekolah di TK islam Al- madinah. Guru sebagai informan utama sedangkan kepala sekolah menjadi infoman pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan telaah dokumen yang dimiliki oleh lembaga serta wawancara kepada informan. Hasil penelitian: (1) Sekolah IT Al Madinah belum siap menghadapi akreditasi BAN PAUD/PNF karena dokumen administrasi tidak lengkapnya. (2) Standar sekolah IT Al Madinah belum sesuai dengan Standar Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2003.

References

DAFTAR PUSTAKA
Bodrova, E., & Leong, D. (2010). Curriculum and play in early child development. Encyclopedia of Early Childhood Development, 1–6. Retrieved from http://www.child-encyclopedia.com/sites/default/files/textes-experts/en/774/curriculum-and-play-in-early-child-development.pdf

Bodrova, E., Germeroth, C., & Leong, D. (2013). Play and self-regulation: lessons from Vygotsky. American Journal of Play, 6(1), 111–123. Retrieved from http://eric.ed.gov/?id=EJ1016167

Creswell. (2014). Metodo Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Den Hoed, R. C. (Ed.). (2014). Forest and nature school in canada: a head, hands approach to outdoor learning. Ottawa: Forest School Canada

Doyla, G. (2010). Vygotsky in action in the early years: the ‘key to learning’ curiculum. New York: Routledge Publishing

Dwi Yulianti. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Indeks

Fred N, Kerlinger (2006) Asas Asas Penelitian Behavioral, Yogyakartas: Universitas Gajah Mada.

Harun Rasyid & Sudarmanto. (2008). Bermain untuk membangun centre of mind anak usia dini. Yogyakarta: Tot’s Educare

Jackman, Hilda L. (2010). Early education curiculum: a child’s connection to the world. Boston: Delmar-Thomson Learning

Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Kristiyani, A. (2014). Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa di pg-tpa alam uswatun khasanah Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.5630

Lickona, T. (2014). Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. (Terjemahan S. Lita). Bandung: Nusa Media. (Edisi Asli Educating For Character diterbitkan tahun 1991 oleh Batam Book)

Menteri Pendidikan. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Citra Umbara

Menteri Pendidikan. (2009). Peraturan Mendiknas No. 58 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Miller, R. (1996). The developmentally appropriate inclusive clasroom in early education. New York: Delmar Publisher

Mutia, D. (2010). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Prenada Media

NAEYC. (2009). Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8. United State: The National Association for the Education of Young Children Retrieved from https://www.naeyc.org/sites/default/files/globally-shared/downloads/PDFs/resources/position-statements/PSDAP.pdf

Nespeca, S. M. (2012). The Importance of Play, Particularly Constructive Play, in Public Library Programming. ALSC’s Board of Directors, 14. Retrieved from http://www.ala.org/alsc/sitkes/ala.org.alsc/files/content/FINAL/Board Approved White Paper on Play.pdf

Novan Ardy Wiyani & Barnawi. (2012). Format PAUD: konsep, karakteristik, dan implementasi pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Nucci, L.P & Narvaez, D. (2015). Handbook pendidikan moral dan karakter. Bandung: Nusa Media

Nutbrown, C & Clough, P. (2015). Pendidikan anak usia dini: sejarah, filosofi dan pengalaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ridgway, A., & Quinones, G. (2012). How do early childhood students conceptualize play-based curriculum?. Australian Journal of Teacher Education, 37(12). https://doi.org/10.14221/ajte.2012v37n12.8

Samuelsson, I. P., & Carlsson, M. A. (2008). The playing learning child: Towards a pedagogy of early childhood. Scandinavian Journal of Educational Research, 52(6), 623–641. https://doi.org/10.1080/00313830802497265

Sujiono, Y. N & Sujiono, Bambang. (2012). Bermain kreatif dengan kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks

Sutapa, P. (2018). Aktivitas fisik motorik dan pengembangan kecerdasan majemuk usia dini. (C. E. Setyowati, Ed.). Yogyakarta: PT Kanisius

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter usia dini (strategi membangun karakter di usia emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wulansari, B. Y. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kualitas proses belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 16–27
Published
2021-06-19
How to Cite
Aminah, S., & Reni Amiliya. (2021). ANALISIS KESIAPAN DAN KESULITAN LEMBAGA PAUD DALAM MENGHADAPI AKREDITASI MELALUI PENDAMPINGAN AKREDITASI BAN PAUD DI TK ISLAM AL-MADINAH KOTA DUMAI. Al-Abyadh, 4(1), 1-15. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/237
Section
Articles