ESTETIKA DESAIN DINDING KELAS ANAK USIA DINI

  • Dinar Farida Fauziah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heri Hidayat Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Estetika, Desain dinding kelas, Anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah berupa estetika desain dinding kelas anak usia dini. Dengan memberikan suatu rangsangan kepada anak tidak hanya dengan pembelajaran tetapi juga diiringi dengan desain-desain yang sesuai dengan anak usia dini. Karena anak usia dini merupakan masa yang tepat dalam memberi dan merangsang kepekaan anak sesuai dengan kebutuhan anak, terutama melalui karya seni berupa estetika dinding kelas ini. Dengan adanya estetika desain dinding kelas untuk anak usia dini diperlukan kreativitas yang dapat menarik pada aspek perkembangan anak terutama pada minat belajar anak. Penyajian yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak. Pemilihan warna sangat penting karena kompisisi warna yang bagus akan menciptakan hasil karya seni yang menarik dan membuat suasana yang menyenangkan serta dapat meningkatkan kualitas belajar anak ditambah dengan tema yang menjadi daya tarik anak. Menciptakan rancangan keestetikan pada sebuah objek perlu mengetahui adanya teori estetika, prinsrip estetika dan tingkatan estetika. Penelitian ini menggunakan metode penetilian studi literatur. Subjek penelitian ini di fokuskan kepada anak usia dini, data yang dikumpulkan serta data yang dianalisis berasal dari literature, dokumentasi maupun jurnal relavan sesuai judul yang diteliti. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwasanya estetika desain dinding kelas anak usia dini harus diterapkan pada setiap lembaga pendidikan anak usia dini, karena hal ini dapat membantu perkembangan kreativitas dan minat belajar anak dan menciptakan suasana yang aman, nyaman dan tentram bagi anak dalam proses pembelajaran. Melalui estetika desain dinding kelas ini sangat berdampak positif bagi psikologis anak dalam membantu mengembangkan pertumbuhan baik dalan aspek perkembangan, proses pembelajaran dan pengajaran bagi anak.

References

Kurnia, Rita. (2018). Desain Interior Kelas Anak Usia Dini. Riau. UR Press Pekanbaru.

Falah, Riza Zahriyal. (2013). Nilai-Nilai Estetika Dalam Penataan Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini. Kudus. Jurnal ThufuLa.

Purnama, Sigit.dkk. (2020). Desain Interior dan Eksterior Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta. PUSTAKA EGALITER.

Yuara, Ika.dkk. Perencanaan dan Perancangan Interior Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Banda Aceh.

Sardila, Vera. (2015). Implementasi Pengembangan Nilai-Nilai Etika dan Estetika Dalam Pembentukan Pola Prilaku Anak Usia Dini. Jurnal RISALAH. Vol.26, No.2.

Sindunoto, Handoko. (2013). Pengaruh Desain Interior Kelas Terhadap Minat Belajar Taman Kanak-Kanak Ciputra Di S urabaya. DIMENSI INTERIOR. Vol. 11, No. 1.

Hidayat, Heri. (2021). Pengembangan Estetika Anak Usia Dini. Sumedang. Mata Garuda Kalbar Founder Virtual Education Academy Head Of International Coordinator Oceans-Network EU President Of Indonesian Literacy Association. https://read.bookcreator.com/aRAZa8J8TCagOfJ375uqCK4OeT93/wg_InG1cTSGcU9RiE7xZ

Published
2024-06-22
How to Cite
Farida Fauziah, D., & Hidayat, H. (2024). ESTETIKA DESAIN DINDING KELAS ANAK USIA DINI . Al-Abyadh, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v7i1.334
Section
Articles