PENGARUH NILAI-NILAI ESTETIKA PADA PENATAAN POJOK BACA TERHADAP MINAT BACA ANAK USIA DINI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu agar menjawab rumusan beberapa pemahaman guru pendidikan anak usia dini tentang pemikiran esetika dalam pendidikan, pengaruh nilai-nilai estetika pada penataan pojok baca terhahadap minat baca anak. Hal ini sangat dibutuhkan karena ada beberapa pendidikan anak usia dini kurang memperhatikan nilai-nilai estetika pada penataan pojok baca, dan kurang memahami akan pentingnya diadakan ruangan pojok baca, sehingga hal tesebut dapat mengurangi minat baca anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (Library Research). Subjek penelitian difokuskan pada anak usia dini, data yang dikumpulkan serta data yang dianalisis berasal dari literature, dokumentasi, maupun jurnal yang releven dengan judul apa yang akan diteliti. Hasil dari peneilitain ini bahwasanya nilai-nilai estetika pada penataan pojok baca sangat berpengaruh terhadap minat baca anak, mengapa demikian, karena jika pojok baca ditata dengan menarik, unik dan estetik, maka anak akan tertarik mengunjungi pojok baca dan anak akan merasa nyaman berada diruangan pojok baca. Minat baca harus seharusnya ditanamkan sejak dini, bahkan ketika anak belum dapat membaca susunan huruf dalam sebuah buku. Menghadirkan pojok baca merupakan salah satu cara agar dapat menumbuhkan minat baca terhadap anak. Kebiasaan membaca sangat diperlukan karena kebiasaan membaca banyak sekali manfaatnya, dan dengan membaca anak akan mempunyai masa depan yang berkesan dan berwawasan luas.
References
Bangsa, D. (2020). Dekorasi Pojok Baca Ala Aesthetic Room- PAUD Doa Bangsa. Retrieved from https://youtu.be/S8Mfqxy01mY
Dewantara, K. H. (1977). Pendidikan (Cetak kedua). Yogyakarta: Majlis Luhur Taman Siswa.
Falah, R. Z. (2019). Nilai-Nilai Estetika Dalam Penataan Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Kudus. Thufula, Vol. 7(No. 1), 67.
Huninairoh, S. (2021). Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di TK Pertiwi Desa Wangandalam Brebes . 01.
Kompas.com. (2019). 3 Hal Ini Menjadi Penyebab Rendahnya Minat Baca Anak Indonesia. Kompas. Com. Retrieved from https://amp.kompas.com/edukasi/read/2019/09/10/15225581/3-hal-ini-jadi-penyebab-rendahnya-minat-baca-anak-indonesia
Mariyana, D. R. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Purwoko., A. M. (n.d.). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing .
Ruang Guru, P. (2016). Lima Cara Mengakrabkan Buku Pada Anak-anak PAUD. Retrieved from https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/berita/index/2016/20161205085854
Tuti Kuniati, M. T. (2018). Pengelolaan Pojok Baca Sebagai Upaya Membangun Karakter Anak Di RT 006/RW 18 Kelurahan Sungai Bangkong Pontianak Kota. Buletin Al Ribaath, Vol. 15(No. 1), 81.
Wahyu Kurniawan, A. S. (2021, Mei). Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Pakmas), Vol. 1 (No. 1), 37.
Copyright (c) 2021 Heri Hidayat, Jazilah Nayren
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.