MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DI TK AL-IKHLAS
Abstract
Penelitian ini digunakan untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada jenjang pendidikan anak usia dini. Secara umum pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang memerlukan konsep yang berbeda dengan pendidikan dasar dan menengah, konsep pendidikan anak usia dini ini lebih menekankan pada konsep bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain. Banyak cara ataupun permainan yang bisa dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf salah satunya dengan menggunakan metode bernyanyi, metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam menunjang pemberian materi tentang mengenal huruf dengan cara disajikan sebuah judul lagu kemudian dinyanyikan secara berulang-ulang diharapkan dengan metode ini anak mampu mengenal huruf yang ada pada lembaga tersebut. Penelitian ini merupakan penenlitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan beberapa siklus atau tindakan setiap siklus nya memiliki empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil dari penenlitian ini pada siklus 1 didapatkan hasil kemampuan anak dalam mengenal huruf sebesar 50,10% hal ini menunjukkan tindakan pada siklus 1 ini belum berhasil, maka penleitian dilanjtkan pada siklus 2, hasil penelitian pada siklus kedua ini diperoleh kemampuan anak dalam mengenal huruf melalui metode bernyanyi didapatkan hasil 98%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini di TK Al-Ikhlas.
References
Direktorat PAUD. (2010) Seri pamduan PAUD: Main Keaksaraan, Jakarta: Pusat : Direktorat PAUD
Masitoh, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran TK. Jakarata: Universitas Terbuka
Maimunah Hasan. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Yogyakarta: Diva Press
Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Rasyid father. (2010). Cerdas Anakmu Dengan Musik, Jogjakarta : Diva Press
Slamet Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dalam berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Soendari, Retno. (2010). Panduan Pendidikan Sentra Untuk Paud : Sentra Persiapan. Jakarta : Pustaka Al Falah
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2021 Siti Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.