MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI RA MUTTAQIEN PEKANBARU

  • Trimono STAI Diniyah Pekanbaru
  • Taufik Helmi STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Peningkatan Membaca, Media Kartu Gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak usia di  RA Muttaqien melaui penggunaan media kartu bergambar. Berdasarkan hsil penelitian media kartu bergambar ini memilki dampak yang signifikan dalam meningkatkan perkembangan membaca permulaan bagi anak usia dini apa bila dilakukan dengan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang baik dan pengawasan yang serius. Dari pra penelitian yang penulis jalani sampai pada hasl akhir didapati hasil peningkatan kemampuan membaca anak di RA baitul Muttaqien ini yang pada pra riset menunjukkan dari 15 anak hanya 3 anak saja yang mampu membaca perkata selanjutnya setelah dilakukan kolaborasi antara peneliti dengan guru RA Muttaqien disepakati tentang penggunaan media kartu bergambar untuk mengatasi permasalahan yang ada. Akhirnya melalui penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan bersama guru RA Muttaqien didapatkan hasil peningkatan membaca permulaan pada anak usia dini secara signifikan yang semula hanya 3 anak saja yang mampu membaca perkata dengan penggunaan media kartu bergambar ini menjadi 14 anak yang mengalami peningkatan kemampuan dalam membaca perkata dari 15 anak di RA Muttaqien.

References

Aulia. (2011). Mengajarkan Balita Anda Membaca. Yogyakarta: Intan Media.

Arief S. Sadiman, Rahardjo, Anung Haryono, & Rahardjito. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Agus Hariyanto. (2009). Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca.Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).

Ahmad Rofi’udin & Darmiyati Zuchdi (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Arief S. Sadiman, Rahardjo, Anung Haryono, & Rahardjito. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Djauhar Siddiq, Nelva Rolina, & Unik Ambarwati. (2006). Strategi Belajar Mengajar Taman Kanak-kanak.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Dwi Sunar Prasetyono. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini.Yogyakarta: Think.

Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Noviar Masjidi. (2007). Agar Anak Suka Membaca. Yogyakarta: Media Insani.

Nurbiana Dhieni, Lara Fridani, Gusti Yarmi, Nany Kusniati, & Sri Wulan. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.Slamet Suyanto. (2005a). Dasar–dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Slamet Suyanto. (2005b). Pembelajaran untuk Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
How to Cite
Trimono, & Taufik Helmi. (1). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI RA MUTTAQIEN PEKANBARU. Al Abyadh, 3(2), 82-90. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/196