PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MA DARUL ULUM PULAU KIJANG INDRAGIRI HILIR RIAU
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui problem atau permasalahan-permasalahan yang terjadi pada pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi covid 19 yang mengacu kepada kebijakan pemerintah yaitu pembatasan berskala besar atau social distancing. sehingga seluruh proses pembelajaran dilakukan di rumah. Diterapkannya pembelajaran online menimbulkan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk mengetahui permasalahan tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut.
Adapun jenis penelitian yang dipilih yaitu penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilaksanakan dengan mengumpulkan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan Pertama, mengenai perancanaan pembelajaran guru pendidikan agama islam belum mengubah sepenuhnya tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dari yang sebelumnya ke daring, yang dirubah hanya sebatas alokasi waktu dan media yang digunakan saja mengenai tujuan, isi materi, metode masih sama dengan yang sebelumnya. Kedua, mengenai Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19 Di MA Darul Ulum Pulau Kijang ditemukan : 1).tingkat pemahaman siswa yang berbeda bagi siswa yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi tidak menjadi permasalahan namun bagi siswa yang tingkat pemahamannya rendah menemui kesulitan dengan waktu yang lebih pendek dibanding sebelumnya, 2). Siswa yang belum memiliki smartphone sendiri atau masih bergantian dengan orang tuanya ketika sama-sama membutuhkan harus ada yang berkorban, 3) masalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, 4)keterbatasan guru dalam mengontrol aktivitas siswa, 5) Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran