PERBANDINGAN MOTORIK KASAR MURID TK PERTIWI 1 DI KECAMATAN PADANG BARAT PROVINSI SUMATERA BARAT (DAERAH PERKOTAAN) DAN MURID TK ALHIDAYAH DESA PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR PROVINSI RIAU(DAERAH PEDESAAN)

  • Ahmadi Satria SMP IT Al-Izhar School Pekanbaru
Keywords: perbandingan, motorik kasar, perkotaan, pedesaan

Abstract

Penelitian ini berawal dari keigintahuan peneliti mengenai Kemampuan Motorik Kasar Murid TK (Daerah Perkotaan) dan Murid TK (Daerah Pedesaan). Jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah murid TK Pertiwi 1 Padang dan murid TK Alhidayah Desa Pulau Rambai Kampar dengan jumlah 110 orang murid semuanya. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan tes motorik kasar yang meliputi melompat, berjalan, berlari, latihan, keseimbangan, melempar, dan menangkap bola. Data dianalisis dengan statistic komparatif menggunakan ujibeda mean (t-test) yang diolah melalui proses komputerisasi dengan program Excel dan manual. Hasil penelitian diperoleh Thit= 11.29>ttab 1.65885, dengan dk = 108, menyatakan terdapat perbedaan kemampuan motorik kasar murid TK Pertiwi 1 Padang dengan TK Alhidayah Desa Pulau Rambai. 

References

Agus, Apri. (2012). Olahraga Kebugaran Jasmani Sebagai Suatu Pengantar. Padang. Sukabina Press.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. EdisiRevisi.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asep Deni Gustiana. (2011). Pengaruh Modifikasi terha¬dap kemampuan Motorik Kasar dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Upi, Edisi Khusus, No 2.

Depdikbud. (1995). Garis-garis Besar Program Kegiatan Belajar (GBPKB) TK

Depdiknas. (2008) .Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah.
Gusril. (2004). Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-anak. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

. (2007). Peningkatan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar( Pidato Pengukuhan Guru Besar). Padang: UNP

. (2008). Model Kurikulum Motorik Kasar Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Dikti Depertemen Pendidikan Nasional.
. (2009). Model Pengembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar. Padang: FIK UNP

Hurlock, Elizabeth B. (1996). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi VI. Jakarta: Erlangga.

Komaini. (2010). Kontibusi Aktivitas Bermain dan Status Gizi Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Taman Kanak-kanak Kecamatan Padang Utara (TESIS). Padang: Universitas Negeri Padang.

K. Wardiyatmoko. (1996). Geografi Untuk SMU Kelas 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lutan,Rusli. (1988). Belajar Keterampilan Motorik, PengantarTeori Dan Metode. Jakarta. Direk. Jendral Pendidikan Tinggi.

Musfiroh,Tadkiroatun. (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo

Rachmawati, Yeni. ,dkk. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak – kanak. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Rumini, Sri, dkk. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta. PT.RINEKA CIPTA. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Samsudin. (2008). PembelajaranMotorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Litera Prenada Media Group.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: ALFABETA.

Sujiono, Bambang. , dkk. (2005). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka

UU Republik Indonesia No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

www.kamparkab.go.id Pemerintahan (diakses pada 10 April 2012).

www.padang.go.id Pemerintahan (diakses pada 21 September 2013)
Published
2020-07-24
How to Cite
Ahmadi Satria. (2020). PERBANDINGAN MOTORIK KASAR MURID TK PERTIWI 1 DI KECAMATAN PADANG BARAT PROVINSI SUMATERA BARAT (DAERAH PERKOTAAN) DAN MURID TK ALHIDAYAH DESA PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR PROVINSI RIAU(DAERAH PEDESAAN). Al-Abyadh, 3(1), 37-51. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/169
Section
Articles