MENJADI PEMIMPIN (KEPALA TAMAN KANAK-KANAK) DI ERA INDUSTRI 4.0
Abstract
Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menjadi seorang pemimpin di era industri 4.0 yang tepat bagi para pemimpin pendidikan yakni kepala Taman kanak-kanak dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin dalam menghadapi era industri 4.0 yang terkenal dengan perkembangan tekhnologi, maka sudah seharusnya walaupun kita berada di pendidikan tingkat kanak-kanak harus mengikuti perkembangan zaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan mengkaji literatur yang berhubungan dengan obek pembahasan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemimpin pendidikan dalam hal ini kepala taman kanak-kanak yang penulis rangkum dari berbagai sumber dan jurnal-jurnal yang teraktiditasi diantaranya: pemimpin pendidikan harus yang jujur, berani, menerima mendorong dan memotivasi tim untuk bergerak dalam mencapai tujuan yang diharapkan, Membutuhkan pemimpin yang kreatif, mampu membaca peluang terhadap segala perubahan yang terjadi pada abad 21 ini, Pemimpin yang berfikir cepat, tanggap terhadap segala perubahan memiliki arah tujuan yang jelas dan mampu memberikan rasa aman, nyaman terhadap orang yang dipimpin, pemimpin yang Mampu mengembangnkan potensi yang ada, memanajemen resiko, Pemimpin harus mampu memberikan teladan yang baik, Pemimpin harus mampu mengarahkan yang dipimpin kepada yang lebih baik, dan Mampu melakukan lompatan berfikir jauh,dan membawa organisasi bawahannya menjadi rujukan bagio organisasi lainnya.
References
Baharun, H. (2017). Total Moral Quality: A New Approach for Character Education in Pesantren. Ulumuna, 21(1), 57-80.
Brodjonegoro. (2018). The Analytic Hierarchi Process. Jakarta: Sapta Utama
Fitzpatrick, J. (2011). Planning Guide for Creating new Models for Student SucceSS Online and Blended Learning. Michigan Virtual University. Retrieved from
https://michiganvirtual.org/wpcontent/uploads/2017/03/PlanningGuide-2012.pdf
Kasali, R. (2018). Disruption (9th ed.). Jakarta: Gramedia.
Nugroho, A. (2019). Menjadi Pemimpin di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved from
http://jogja.tribunnews.com/2019/01/13/menjadi-pemimpin-di-era-revolusi-industri-40-
harus-memiliki-4-kunci-ini
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 22-27.
RISTEKDIKTI. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved from https://www.ristekdikti.go.id/siaran-pers/pengembangan-iptek-danpendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/
Rudiantara. (2018). 2019, Seluruh Wilayah Indonesia Sudah Terhubung Internet. Retrieved February 7, 2019, from
https://www.republika.co.id/berita/trendtek/internet/18/02/25/p4p6uu383-2019
Suliastini, R. (2016). 42.352 Desa di Indonesia Belum Tersentuh Listrik. Retrieved February
6, 2019, from https://tirto.id/42352-desa-di-indonesia-belum-tersentuh-listrik-89i
Surahman, A. (2015). Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Al-Qur’an. Jurnal
Studi Al-Qur’an
Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahan. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Wibawa, S. (2018). Pendidikan dalam era revolusi industri 4.0. Indonesia. Yogyakarta: UST Yogyakarta.
Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Pidato Pengukuhan Penerimaan Jabatan Professor, Disampaikan Pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar, Tanggal 14 Maret 2018.
Soetjipto, B. W. (2008). Kisah sukses para kampium SDM. Penerbit Salemba.