MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS PADA KELOMPOK B DI TK TRISULA ROKAN HILIR

  • Ahmad Denico Institut Agama Islam Dar Aswaja Rokan Hilir
Keywords: Motorik Halus, Melipat kertas

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas. Keterampilan Motorik halus yaitu keterampilan mengkoordinasikan penggunaan sekolompok otot kecil seperti jari jemari dan tangan yang sering membutuhkan kecermatan dan koordinasi antara mata dan tangan. Dibutuhkan kerjasama antara mata dengan gerakan tangan dalam mengasah motorik halus anak. Kegiatan melipat kertas terdengar biasa ditelinga orang dewasa namun didunia anak-anak ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan sekaligus kegiatan yang menyenangkan yang mampu meningkatkan kerjasam antara tangan dengan mata. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 93% keterampilan motorik halus anak dapat meningkat dengan permainan atau kegiatan melipat kertas dengan berbagai macam model dan bentuk.

References

Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asri Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dwi Yulianti. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: PT Indeks.

Eggen, Paul & Kauchak, Don. 2004. Educational Psychology Windows on Classrooms. New Jersey: Pearson education.

Einon, Dorothy. (2005). Permainan Cerdas untuk Anak. (Alih bahasa: Fita Fitria Agriningrum). Jakarta: Erlangga.

Menteri Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman kanak-Kanak. Jakarta: Litera.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan NasionalDirektorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.
How to Cite
Ahmad Denico. (1). MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS PADA KELOMPOK B DI TK TRISULA ROKAN HILIR. Al Abyadh, 3(2), 74-81. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/195