Kesabaran Perspektif Psikologi Islam : Pada Ustadz Yang Tinggal dan Mengajar di Pondok Pesantren

  • Ahmad Hidayat Universitas Islam Riau
  • Muhammad Asrofi Furqan
Keywords: Sabar, Ustadz, Pondok Pesantren, Psikologi Islam

Abstract

Kesabaran pada ustadz yang tinggal di pondok pesantren merupakan hal yang menarik untuk diteliti Sering kali seorang ustadz dituntut untuk berlaku sabar dalam mendidik dan mendisiplinkan santri. Namun, Ustadz tetaplah manusia yang tidak luput dari kesalahan sehingga dalam beberapa kejadian ustadz dapat kehilangan kesabaran demi mendisiplinkan santri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui kesabaran perspektif psikologi Islam pada Ustadz yang tinggal di pondok pesantren. Metode penelitian yang digunakan adalah peneltian kualitatif . Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini, sehingga penelitian ini mendapatkan 2 orang ustadz sebagai partisipan yang tinggal  dan mengajar di pondok pesantren. Penelitian ini menemukan perbedaan kesabaran pada dimensi “Patience to do obedience” antara kedua partisipan. Partisipan pertama mengutamakan semangat, ketahanan, dan doa dalam menjalankan kewajiban, sementara partisipan kedua memperbolehkan marah sebagai upaya mendidik. Dalam Dimensi ”patience from suffering”, partisipan pertama menekankan menahan amarah, sedangkan partisipan kedua menekankan menahan emosi dengan batasan. Pada dimensi ”Patience to avoiding”, sabar pada partispan pertama dimaknai sebagai usaha menahan diri dari keburukan dan menerapkan nilai-nilai kebaikan, sementara partisipan kedua lebih menekankan sabar sebagai  pasrah menerima nasib yang ditentukan Allah dalam Islam dikenal dengan tawakal.

 

References

Affandi, A. A. (2019). Perbedaan Kesabaran Ditinjau Dari Kepribadian big-five. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Agte, V. V., & Chiplonkar, S. A. (2007). Linkage of Concepts of Good Nutrition in Yoga and Modern Science. Current Science, 92(7), 956–961. https://www.researchgate.net/publication/215654768%0ALinkages

Akmal, Z., Gimin, Kartikowati, S., & Edi, F. (2021). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai. Instructional Development Journal, 4, 94–103. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ

Al-Jawziyyah, I. Q. (2002). The Way To Patience & Gratitude (Second). Umm al- Qura.

Al Furqan. (2015). Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren dan Upaya Pembenahannya. UNP Press Padang.

Dahlan, Z. (2018). Sejarah Pendidikan Islam: Signifikansi Jejak Pendidikan Islam Bagi Pengembangan Pendidikan Islam Masa Kini dan Masa Depan. Widya Puspita.

Given, L. M. (2008). The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods. Sage Publications.

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi (Kesatu). Pena Persada.

Herdiansyah, H. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi (Pertama). Salemba Humanika.

Hidayat, A., Azhar, M., Anis, M., Purnomo, H., & Muliadi, R. (2023). Characteristics of Patience in Parents with Autistic Children: A Phenomenological Study. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(1), 86–101. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i1.17498

Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan Antara Kesabaran dan Stres Akademik pada Mahasiswa di Pekanbaru. An-Nafs: Jurnal Fakultas Psikologi, 13(1), 21–34.

Juana dkk, R. (2016). Peran Komunikasi Interpersonal Ustadz Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah di Pondok Pesantren Darul Ilmi Banjarbaru. Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen, 3(5).

Lopez, S. J., Pedrotti, J. T., & Snyder, C. . (2014). Positive Psychology The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. Sage Publications.

Najib, A. A. (2020). Peran Ustadz dalam Membimbing Mental Santri Membentuk Kepribadian Islam di Pondok Pesantren an-Najah Kudus. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(1), 67–80. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1388

Nata, A. (2004). Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan (Pertama). PT Raja Grafindo Persada.

Nurul, U., & Maryam, E. W. (2021). Patience and Adjustment to New Santri at Pondok Pesantren Manba’ul Hikam Sidoarjo : Kesabaran dan Penyesuaian Diri pada Santri Baru di Pondok Pesantren Manba’ul Hikam Sidoarjo. 1(1), 1–6.

Pakar, S. I. (n.d.). Pendidikan dan Pesantren. Elsi Pro.

Qordhowi, Y. (2003). al-Qur’an Menyuruh Kita Sabar (Kedua pulu). Gema Insani Press.

Rusdi, A. (2017). Patience in Islamic Psychology and Its Measurement. The 3rd Inter-islamic University Conference on Psychology. https://www.researchgate.net/publication/317063350%0APatience

Safrilsyah, Ulfa, N., Karjuniwati, & Barnawi. (2022). Patience and Adjustment for New Students In Darussa’adah Teupin Raya Islamic Boarding School Aceh. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion and Humanity, 4, 56–68. https://doi.org/10.32923/psc.v4i1.2312

Schnitker, S. A. (2012). An Examination of Patience and Well-Being. The Journal of Positive Psychology, 7, 263–280. http://dx.doi.org/10.1080/17439760.2012.697185

Shihab, Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.

Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2002). Handbook of Positive Psychology. Oxford University Press. https://doi.org/10.5860/choice.185217

Subandi. (2011). Sabar: Sebuah Konsep Psikologi. Jurnal Psikologi, 38(2), 215– 227.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Ke-19) Alfabeta.

Tus, J., Espiritu, N. A., Paras, N. E., Perante, L., Aglamma, J. A., Gumpas, A. C., Ronda, R., Garcia, R. J., & Mohamitano, A. (2021). Amidst the COVID-19 Pandemic : The Correlation between Psychological Resilience , Patience and Happiness Among Filipino Tertiary Students. International Journal of Psychology and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.17707484.v1

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.

Yusuf, U. (2020). Sabar Sebagai Psychological Strength Untuk Mencapai kesukseksana (edisi. Pertama). Siraja.

Published
2024-06-28
How to Cite
Hidayat, A., & Furqan, M. A. (2024). Kesabaran Perspektif Psikologi Islam : Pada Ustadz Yang Tinggal dan Mengajar di Pondok Pesantren. Nathiqiyyah, 7(1), 1-15. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v7i1.989