Pengaruh Intensitas Iklan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa

Ansyar & Lita Ariani

  • Ansyar ansar Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Keywords: Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Intensitas Iklan, Mahasiswa, Keywords: Consumptive Behavior, Advertising Intensity, Students

Abstract

Indonesia menempati urutan keempat sebagai pengguna internet aktif, aktivitas penggunaan internet tidak hanya digunakan untuk mencari informasi, tetapi juga untuk aktivitas berbelanja. data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) tahun 2021-2022, mahasiswa mendapatkan posisi kedua tertinggi sebagai pengguna internet untuk aktivitas berbelanja Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh intensitas iklan media sosial terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan metode Kuantitatif dan analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa perguruan tinggi di Kalimantan Selatan dengan total sampel 202 subjek. Berdasarkan teknik sampel purposive sampling, hasil uji regresi linier sederhana, didapatkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000, yang artinya intensitas iklan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa.

 

Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Intensitas Iklan, Mahasiswa

 

Indonesia ranks fourth as an active internet user, the activity of using the internet is not only used to find information, but also for shopping activities. data from the Association of Internet Service Providers (APJII) for 2021-2022, students get the second highest position as internet users for shopping activities. The purpose of this research is to determine the effect of the intensity of social media advertising on consumer behavior in students. The research method used is quantitative and the data analysis used is a simple linear regression test. The subjects of this study were university students in South Kalimantan with a total sample of 202 subjects. Based on the purposive sampling technique, the results of a simple linear regression test, it was found that the significance value was 0.000, which means that the intensity of social media advertising has a significant effect on consumer behavior in students.

 

Keywords: Consumptive Behavior, Advertising Intensity, Students

References

Adinda, (2022). Analisis Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Smartphone Mahasiswa Ekonomi Syariah Uin Suska Riau Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah.H.13.
Ajzen, I. (1991). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa. Acta Psychologia.
Andarwati, S. R. & Sankarto, B. S. (2005). Pemenuhan Kepuasan Menggunakan Internet Oleh Peneliti Badan Litbang Pertanian di Bogor. Jurnal Perpustakaan Pertanian. 4 (1), 10-17.
APJI (2020). Laporan survei internet APJII 2021-2022. Survei. Diunduh pada 14 februari 2023 dari https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022.
Astitiani, k. r. (2021). Pengaruh iklan sosial medai terhadap keputusan pembelian konsumen dilingkungan universitas bali internasional. Iklan sosial media, 7.E-Jurnal Manajemen [e-ISSN 2302-8912]. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i02.p05
Aziz, A. A. Al. (2020). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Tingkat Depresi pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 2(2), 92–107.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2019). Metode Penelitian Psikologi (2nd ed). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bayu, D. (2022, juni 10). APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022. pengguna internet, p. 1.
CNN Indonesia. (2015, 02 November). Generasi millenial RI paling implusif belanja barang mewah.Surat Kabar. Diunduh pada 02April, 2021 dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20151102182452-92- 88999/generasi-millenial-ri-paling-impulsif-belanja-barang-mewah/
Dian, S. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Remaja Terhadap Pakaian : Jurnal Spirits Vol. 2 No. 1, November 2011.
Ekasaputra, W. (2019). Pengaruh Kualitas Pesan Iklan Dan Kreativitas iklan terhadap daya tarik iklan "udah waktunnya pake GO-JEK- veretibokek". iklan, 2.
Empati, E. A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Cermin : Jurnal Penelitian, 136.
Fardesi, m. (2020, juli 20). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Gaya Hidup. perilaku konsumtif , p. 2.
Fauzi, M. A. M., Ibrahim, M. A. Y., Rahim, N. H. A., & Molok, N. N. A. (2019). Assessing The Risks Of Social Media And Profiling The Behavior Of Potential Victims Among Youth. Malaysian Journal of Youth Studies, 19, 154–167.
Fromm, E. (1997). Masyarakat Yang Sehat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Imanisa, M. (2019). Rancangan hipotetik konseling kelompok restrukturisasi kognitif untuk mengendalikan perilaku konsumtif remaja (studi deskriptif terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2014/2015). Skripsi. Program studi pendidikan psikologi dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Informatika, r. i. (2019). Diunduh pada 2.(11/2022). Dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan-bagaimana-indonesia.
Laila, N. Y. (2014). Korelasi antara kebuthan afiliasi dan keterbukaan diri dengan intensitas menggunakan jejaring sosial pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi. Program studi bimbingan dan konseling fakultas ilmu pendidikn Universitas Negeri Yogyakarta.
Lina & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsutif berdasar locus of control pada remaja putri. Jurnal psikologika. 4, 5-13.

Mertisa Fardesi (2020), Analisis perilaku konsumtif dan gaya hidup santri ditinjau dalam perspektif religiusitas (studi pada dayah modern darul ulum banda aceh).
Mujahidih, N. (2020). Perilaku konsumtif . Analisis perilaku konsumtif dan penangannanya, 3.
Nasrullah.R. (2017). Media sosial perspektif komunikasi budaya dan sosioteknologi media sosial 19.
Neti, U. (2020). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa prodi pendidikan ekonomi Universitas Tanjungpura. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak. Tidak diterbitkan.
Nur Fitriyani, P, N. Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku KOnsumtif Pada Mahasiswa Di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip Vol.12 No.1 April 2013.
Periantalo, J. (2015). Penyusun Skala Psikologi: Asyik, Mudah, Bermanfaat. Pustaka Belajar Yogyakarta.
Periantalo, J. (2019). Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Pustaka Belajar Yogyakarta.
Pratama, Henky S. 2017. Hubungan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Merchandise Liverpool Pada Anggota Suporter Klub Sepakbola Liverpool Di Bekasi. Jurnal PSikologi. Vol. 10 No. 2
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA.
Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan: MeneroPONG Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta
Published
2023-12-31
How to Cite
ansar, A. (2023). Pengaruh Intensitas Iklan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Nathiqiyyah, 6(2), 8 - 14. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v6i2.767