Pengertian Dan Ruang Lingkup Psikologi Agama

  • Zamrotul Aqidah STAI Bandung
Keywords: Ruang Lingkup, Psikologi

Abstract

Artikel ini mengangkat pembahasan mengenai studi psikologi agama dan perannya dalam membentuk tingkah laku manusia. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakanpendekatan dan metode kepustakaan  (library  research). Hasil kajian psikologi agama tersebut, ternyata dapat dimanfaatkan dalam berbagai lapangan kehidupan, seperti dalam bidang pendidikan, psikoterapi, kedokteran, pengobatan alternatif misalnya ruqyah, ekonomi/perikanan, dakwah, politik maupun mendorong program-program Pemerintah seperti KB, transmigrasi, pelestarian lingkungan hidup dan sebagainya

References

Agustina, A., Suwandewi, A., Tunggal, T., Daiyah, I., & Latifah. (2022). Sisi Edukatif Pendidikan Islam Dan Kebermaknaan Nilai Sehat Masa Pandemi Covid-19 Di Kalimantan Selatan. JIS: Journal Islamic Studies, 1(1), Article 1.
Aprianty, R. A., & Ngalimun, N. (2022). Model Bimbingan Konseling Perkembangan Dalam Aktivitas Bermain Sebagai Strategi Pengalaman Belajar yang Bermakna di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31602/jt.v4i1.7360
Bakar, A., & Ngalimun. (n.d.). Psikologi Perkembangan (Konsep Dasar Pengembangan Kreativitas Anak) (Juli 2019). K-Media.
Hadziq, A. F. (2019). Konsep Psikologi Pendidikan Islam Dalam Prespektif Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Aksioma Ad-Diniyah, 7(2). https://doi.org/10.55171/jad.v7i2.408
Jalil;, B. S. A. M. A. (2008). Psikologi Agama / Bambang Syamsul Arifin (Bandung). Pustaka Setia. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11960&keywords=
Kurniawan, I. J. (n.d.). Disusun Untuk Memenuhi Tugas dan Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah).
Latifah, L., Ngalimun, N., Setiawan, M. A., & Harun, M. H. (2020). Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal: Behavioral Proficiency In The PAI Learning Process Through Interpersonal Communication. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1747
Riinawati, N. (2022). Implementation of Character Education in Islamic Perspective at School. Journal of Positive Psychology and Wellbeing, 6(1), Article 1.
Robikah, S. (2022). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DI SMA AS-SA’ADAH BUNGAH GRESIK [Univeristas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/52471/2/Safinatur%20Robikah_F02319081.pdf
Septia, N. I., Kamal, N., & Ngalimun. (2023). Kesehatan Mental Dan Ketenangan Jiwa Kajian Psikologi Agama. JIS: Journal Islamic Studies, 1(2), Article 2.
Published
2023-12-31
How to Cite
Aqidah, Z. (2023). Pengertian Dan Ruang Lingkup Psikologi Agama. Nathiqiyyah, 6(2), 15 - 23. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v6i2.663