KONFORMITAS DENGAN BRAND SWITCHING PADA MEREK HANDPHONE REMAJA

KONFORMITAS DENGAN BRAND SWITCHING PADA MEREK HANDPHONE REMAJA

  • Dwi Hurriyati Universitas Bina Darma
  • Mardiansyah Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma
Keywords: Conformity, Brand Switching, Adolescents

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan brand switching pada remaja di sukabangun I. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara konformitas dengan brand switching pada remaja di sukabangun I.

Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 remaja dan yang dijadikan sampel sebanyak 105 remaja yang didapat melalui teknik purposive random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konformitas dan skala brand switching. Teknik analisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 20.

Hasil analisis data penelitian dengan komputer menggunakan program SPSS versi 20 for windows, menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,261 koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,068 serta nilai p = 0,007 p < 0,05 pada uji nova dua jalur. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara konformitas dengan brand switching pada remaja di sukabangun I . sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 6,8%.

 

Kata Kunci: konformitas, Brand Switching, Remaja

Abstract

This study aims to determine the relationship between conformity and brand switching in adolescents in Sukabangun I. The hypothesis proposed in this study is that there is a relationship between conformity and brand switching in adolescents in Sukabangun I.

The population in this study were 150 adolescents and 105 adolescents were sampled through purposive random sampling technique. The measuring instruments used in this research are conformity scale and brand switching scale. The analysis technique uses simple regression analysis techniques with the help of SPSS version 20.

The results of research data analysis using the SPSS version 20 for windows program showed a correlation coefficient (r) of 0.261 coefficient of determination (R Square) of 0.068 and p = 0.007 p <0.05 in the two-way Nova test. This shows that the hypothesis is accepted. The results of the analysis indicate that there is a significant relationship between conformity and brand switching among adolescents in Sukabangun I. the contribution of the independent variable to the dependent variable is 6.8%

 

Keywords : Conformity, Brand Switching, Adolescents

 

 

References

Asmidar, Y. Zulkarnain, & Ginting E. D. J. (2016). Pengaruh komunikasi dari mulut kemulut dan tipe kepribadian terhadap intensi perpindahan merek kosmetik. Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi 12(1):30-42

Chatrin.,& Karlina, S. (2007). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Melakukan Brand Switching Terhadap Bread Boutiques Di Supermall Pakuwon Indah Surabaya.(Doctoral dissertation).Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.

Davidoff. 2007, Psikologi Suatu Pengantar Jilid 2, Jakarta : Erlangga

Djan, Ismulyana, dan Ramlan Ruvendi. 2006. “Prediksi Perpindahan Penggunaan Merek Handphone di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE Binaniaga)”. Jurnal Ilmiah Binaniaga, Vol.2 No.1.

Erikson, Erick, H. 2009. Identitas dan Siklus Hidup Manusia. Bunga Rampai Penerjemah : Agus Cremers. Jakarta : PT. Gramedia

Givon, Moshe, (2001), “Variety Seeking Through Brand Switching,” Marketing Science, Vol.3, No.1, Winter, 1-22

Gunarsa & Gunarsa. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Haryono, Cahyo Tri, Harry Soesanto. 2011. Analisis pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Produk, Harga Produk dan Iklan Produk Pesaing terhadap Perpindahan Merek”. karya ilmiah. Semarang. Diakses pada 24 September 2014 di www.google.com

Lestari, M. 2010. Analisa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan Merek (Brand switching) Pada Konsumen Biore Facial Foam (Facial fit-expert). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Mantasari, A.D., Rahmawati, I., Silviandari, I.A. (2013). Perilaku brand switching (perubahan merek) pada telepon seluler yang dipengaruhi oleh reference group (kelompok acuan) (studi pada mahasiswa psikologi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Universitas Brawijaya Malang.

Monks, F.J, Knoers, A.M.P, Haditono, S.R.2002. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Myers, David G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika

Pradipta, A. (2016). Fenomena perilaku hatters di media sosial. Skripsi Sarjana Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Diponegoro.

Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1, Penerjemah: Widyasinta,B). Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S.W, Effendi. U, & Batubara, A.R. 2016. Psikologi Konsumen. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sears David O 1991 “ Psikologi Sosial “ Jakarta : Erlangga,. Edisi Kelima, Jilid 2Sozer, E. 2019. The Effect of Social Media Mix on Brand Switching Intention: The Mediating Role of Risk Perception. Journal of Yasar University.

Taylor, Shelley E., Letitia Anne Peplau & David O. Sears. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yunita, D, & A Rosa. (2016). Pengaruh mencari variasi, ketidakpuasan dan ketidaktersediaan produk terhadap perpindahan merek. Manajemen Dan Sriwijaya 14(4).
Published
2021-06-30
How to Cite
Hurriyati, D., & Mardiansyah, A. (2021). KONFORMITAS DENGAN BRAND SWITCHING PADA MEREK HANDPHONE REMAJA. Nathiqiyyah, 4(1), 18-27. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v4i1.217