PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • eva oktavia Universitas Sultan Ageng Tirrayasa
  • Sholih Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Prabowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Motivasi Belajar, Pengembangan buku panduan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan metode diskusi.

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan bimbingan
kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan pelaksanaan bimbingan
kelompok dengan metode diskusi, tujuannya adalah untuk memudahkan guru Bimbingan dan
Konseling dalam melakksanakan bimbingan kelompok dan memberikan gambaran serta inovasi
dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dengan metode diskusi dan diharapkan mampu
meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kegiatan bimbingan kelompok yang menarik. Metode
yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model
ADDIE yang di sederhanakan dalam tiga tahapan yaitu tahap analisis, perancangan dan
pengembangan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu melakukan uji kelayakan ahli
terhadap produk yang dikembangkan. Adapun teknik analisis data untuk menguji kelayakan produk
pengembangan adalah dengan menggunakan kriteria kelayakan dari Arikunto. Hasil uji ahli materi
menyatakan kesesuain materi memperoleh persentase sebesar 71%, mendorong keingintahuan
memperoleh persentase sebesar 62,5%, teknik penyajian, lugas, komunikatif, kesesuain dengan
kaidah Bahasa memperoleh persentase sebesar 75%. Sedangkan hasil uji ahli media menyatakan
ukuran buku memperoleh persentase sebesar 75%, desain cover buku memperoleh persentase sebesar
92% dan desain isi buku memperoleh presentase sebesar 81%. Hasil uji kelayakan produk
pengembangan yang telah dilakukan oleh satu dosen ahli media dan satu dosen ahli materi dari
keduanya diperoleh hasil penilaian rata-rata adalah 80 %, artinya buku panduan pelaksanaan
bimbingan kelompok dengan metode diskusi yang dibuat peneliti termasuk dalam kriteria “layak”

References

DAFTAR PUSTAKA

A.M. Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S., et al. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Cetakan ke VII). Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta

Fattah, N. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Bani Quraisy

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Latief. 2014. Berita Buruk Pendidikan Indoensia. Diakses pada alamat web: https://edukasi.kompas.com/read/

/12/02/18365971/Berita.Buru k.Pendidikan.Indonesia. Di akses pada tanggal 14 Februari 2020

Maslow, A. 2010. Motivation And Personality. Jakarta: Rajawali

Nashar, H. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Prayitno & Amti. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Romlah, T. 2001. Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang Press

Published
2020-12-27
How to Cite
oktavia, eva, Sholih, & Prabowo, A. S. (2020). PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Nathiqiyyah, 3(2), 126-136. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i2.177