Burnout Pada Guru Sekolah Dasar Fullday : Menguji Peranan Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial

Burnout Pada Guru Sekolah Dasar Fullday : Menguji Peranan Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial

  • Lufiana Harnany UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Putra UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: burnout,kecerdasan emosional, dukungan sosial, guru

Abstract

Burnout adalah kelelahan emosi yang seringkali dialami oleh individu yang bekerja di bidang pelayanan seperti kesehatan, pendidikan, dan pelayanan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap burnout pada guru sekolah dasar yang menerapkan fullday school. Rancangan penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan 87 guru sekolah dasar fullday yang diambil melalui  teknik quota sampling. Ada tiga instrumen yang digunakan yaitu maslach burnout intentory (MBI), emotional intelligence questionnarire (EI), dan multidimensional scale of perceived social support (MSPSS). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap burnout. Selanjutnya, kajian kualitatif akan dapat menggali lebih dalam apa saja bentuk dukungan sosial yang dimiliki para guru dan upaya yang dilakukan dalam mengasah kecerdasan emosi mereka. 

References

Adawiyah, R.A. (2013). Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial dan Kecenderungan Burnout. Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 99–107.
Adawiyah, R., dan Blikololong, J. B. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Burnout pada Karyawan Rumah Sakit. Jurnal Psikologi 11(2), 110-119
Adyanswari dan Adnyani. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial dan Burnout Terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap RSUP Sanglah. Jurnal Manajemen Unud, 6(5), 2474-2500
Suryati, dan Wati. (2019). Gambaran Burnout Perawat Pelaksana di Ruang Intensif RSUP Sanglah Denpasar. Jurnal Kesehatan dr. Soebandi. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit), 8(1), 40–48.
Budiasih. (2017). Burnout Pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Provinsi Bali. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan 5(3), 1589–1600.
Avionela dan Fauziah. (2016). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Burnout pada Guru Bersertifikasi di Sma Negeri Kecamatan Bojonegoro. Jurnal Empati, 5(4), 687–693.
Back, Hyun, et all. (2020). Mediating Effects of Burnout in the Association Between Emotional Labor and Turnover Intention in Korean Clinical Nurses. Journal Safety and Health at Work, 11(1), 88–96.
Beierle, Shannon, et all. (2019). Evaluating and Exploring Variations in Surgical Resident Emotional Intelligence and Burnout. Journal of Surgical Education, 7(3), 628–636.
Bianchi, R. (2020). Do burnout and depressive symptoms form a single syndrome? Confirmatory factor analysis and exploratory structural equation modeling bifactor analysis. Journal of Psychosomatic Research, 1(2). 131-140
Cofer, Kefin, et all. (2018). Burnout is Associated With Emotional Intelligence but not Traditional Job Performance Measurements in Surgical Residents. Journal of Surgical Education. 1(1). 1–9.
Colomeischi, A. A. (2015). Teachers ` Burnout in Relation with Their Emotional Intelligence and Personality Traits. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(2), 1067–1073.
Darmaningtyas. (2015). Pendidikan yang memiskinkan (edisi revisi). Yogyakarta: Intrans Publishing.
Dewi dan Paramita. (2012). Tingkat Burnout Ditinjau dari Karakteristik Demografis (Usia , Jenis Kelamin dan Masa Kerja) Guru SDN Inklusi di Surabaya. Jurnal Psikologi. 1(2), 107–115.
Dogan, Betul, et all. (2015). Predicatives of the Workers’ Burnout Level: Life Satisfaction and Social Support. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191(312), 1801–1806.
Fajriani dan Septiari. (2015). Pengaruh Beban Pekerjaan terhadap Kinerja Karyawan: Efek Mediasi Burnout. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 7(9) 20-32
Fiorilli, Caterina, et all. (2019). Family and nonfamily support in relation to burnout and work engagement among Italian teachers. Journal Psychology in the Schools, 6(5), 781–791.
Friana. (2017) KPAI Nilai Full Day School Bisa Picu Kekerasan di Sekolah. https://tirto.id/cqVP. Diakses pada taggal 17 februari 2020.
Ghodsi, M. (2015). Investigating The Effects Of Emotional Intelligence On Social Mental Factors Of Human Resource Productivity. Journal of Work and Organizational Psychology, 31(31), 129-134.
Goleman, D. (2007). Kecerdasan emosi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hamaideh. (2014). Quality Of Life, Social Support, And Severity Of Psychiatric Symptoms In Jordanian Patients With Schizophrenia. Journal of Psychiatric and Mental Health Nursing. 21(21), 455-465.
Huarcaya dan Calle. (2020) Influence of the burnout syndrome and sociodemographic characteristics in the levels of depression of medical residents of a general hospital. Journal Educacion Medica, 1(1), 1–5.
Ilmi, D. (2013). Sertifikasi guru hanya sebatas sertifikasi kesejahteraan. Diakses dari :http://www.kompasiana.com/ dahnial/ sertifikasi-guru-hanya-sebatas- sertifikasi kesejahteraan_5520bbeaa333116e4946cdb8. Diakses pada tanggal 5 januari 2020.
Kang, Bomi, et all. (2010). An examination of social support and social identity factors and their relationship to certified chefs’ burnout. International Journal of Hospitality Management, 29(1), 168–176.
Karimi, Yusef, et all (2014). Comparison between Perfectionism and Social Support Dimensions and Academic Burnout in Students. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(5), 57–63.
Labiib, A. (2013). Analisis Hubungan Dukungan Sosial dari Rekan Kerja dan Atasan dengan Tingkat BurnOutpada Perawat Rumah Sakit Jiwa. Jurnal Kesehatan Masyarakat 2(1), 1-11
Laura-elena, N., & Daniela, A. (2015). The Effect of Emotional Intelligence on Burnout in Healthcare Professionals. Journal Procedia - Social and Behavioral Science. 1(2), 78–82.
Leonard, E. (2017). Nurses’ burnout and counterproductive work behavior in a Nigerian sample: The moderating role of emotional intelligence. International Journal of Africa Nursing Sciences, 7(2), 106–113.
Lindeman, Brenessa, et all (2017). Association of Burnout With Emotional Intelligence and Personality in Surgical Residents : Can We Predict Who Is Most at Risk ?. Journal of Surgical Education,1(1). 1–9.
Lopez dan Extremera. (2017). Emotional Intelligence and Teacher Burnout: A Systematic Review. Departement of Social Psychology, University of Mallaga, Spain
Lu, Frank, et all. (2016). Interaction Of Athletes "Resilience And Coaches" Social Support On The Stress-Burnout Relationship : A Conjunctive Moderation Perspective. Journal Psychology of Sport & Exercise, 2(2), 202–209.
Mardianto. (2014). Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing,
Mariyanti, S., dan Citrawati, A. (2009). The Effect of Emotional Freedom Technique Therapy on Nurse Burnout. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 8 (3): 173-178
Maslach , C., Schaufeli, B., W., & Leiter, P., M. (2005). Banishing Burnout, Six Strategies For Improving Your Relationship With Work. San Fransisco: Jossey-Bass.

Maslach, C., Leiter, M. P., & Schaufeli, W. (2009). Measuring Burnout. The Oxford Handbook of Organizational Well Being, 86–108.
Mehmet, Altinoz, et all, (2016). The Influence of Organization Support Perceived in Enterprises on Burnout Feeling: A Field Research. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 427–434.
Molero, Pliar et all, G. G. (2019). Influence Of Emotional Intelligence And Burnout Syndrome On Teachers Well-Being: A Systematic Review. Journal Social Sciences, 8(6). 45-55
Morhar, Felicitas, et all. (2009). Brand-specific leadership turning employees into brand champions. Journal of Marketing, 70,(73). 122–142
Muna, N. (2020). Strategi Guru BK dalam Mengatasi Burnout Study Siswa Smkn 1 Widasari. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam. 4(1), 81–92.
Mustikasari Dan Prakoso. (2018). Hubungan Dukungan Social, Rekan Kerja Dengan Burnout Pada Perawat ICCU RSHS Bandung. Jurnal Psikologi. 1(2): 2460-6448.
Nastasa dan Farcas. (2015). Emotional intelligence , satisfaction with life and burnout among university students. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(2), 1574–1578.
Pacewicz, Cristine, et all, (2019). Psychology Of Sport & Exercise A Meta-Analytic Review Of The Relationship Between Social Constructs And Athlete Burnout. Journal Psychology of Sport & Exercise, 3(3), 155–164.
Partiwi Nur Novianti. (2015). Stress Kerja ditinjau dari Kecerdaasn Emosional, Modal Psikologi, dan Dukungan Sosial. Jurnal Psikologika. 20(1), 27-38
Penberthy, K, (2018). Impact of Coping and Communication Skills Program on Physician Burnout, Quality of Life, and Emotional Flooding. Journal Safety and Health at Work, 9(4), 381–387.
Puspitaningrum, K. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Burnout pada Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Konseling, 4(1), 10.
Putri, D. R. (2016). Peran Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Remaja Awal. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 12.-21
Rahmayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia
Rajan. (2016). Role Of Personality And Affect On The Social Support And Work Family Conflict Relationship. Journal of Vocational Behavior. 9(4): 39–56.
Sarafino, E.P. (2002). “Health Psychology Biopsychosocial Interactions”, (4th ed.) John Wiley & Sons, Inc, United State.
Sarafino, E. P. (2011). Health psycology: biopsychososial interactions. Seven edition. New York: John Wiley and Sons.
Suwanto, I., & Fitriyadi, S. (2019). Burnout Guru BK di Kota Singkawang. Jrunal Bimbingan dan Konseling. 9(2), 127–136.
Swasti, Keksi, et all. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Burnout pada Wanita Bekerja di Kabupaten Banyumas. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130–141.
Tridhoranto, A. & Berada, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Elex Mediakomputindo.
Ugwu, Leonard, et all, (2017). Nurses’ burnout and counterproductive work behavior in a Nigerian sample: The moderating role of emotional intelligence. International Journal of Africa Nursing Sciences, 7(2), 106–113.
Valero. (2019). Influence of emotional intelligence and burnout syndrome on teachers well-being: A systematic review. Journal Social Sciences, 8(6). 01-12
Widjaja, S, dan Himawan. (2016). Kecenderungan Burnout Pada Karyawan Bagian Pemasaran. Jurnal Psikologi Ulayat, 3(1), 18–33.
Yandri, H., & Juliawati, D. (2017). Burnout pada Guru Bk atau Konselor Sekolah. Jurnal Psikologi , 1(1), 128–133.
Zuraida. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial dengan Burnout. Jurnal Psikologi, 3(1), 1689–1699.
Published
2021-06-30
How to Cite
Harnany, L., & Putra , F. W. (2021). Burnout Pada Guru Sekolah Dasar Fullday : Menguji Peranan Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial . Nathiqiyyah, 4(1), 1-17. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Nathiqiyyah/article/view/173