MUHASABAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG MELALUI PENDEKATAN KONSELING INDIVIDUAL PADA SISWA SMA TA’MIRIYAH SURABAYA

  • Maretta Dwi Kurniasanti Mahasiswi S1, Prodi, Tasawuf Psikoterapi
Keywords: Muhasabah, Konseling Individual, Perilaku Menyimpang, Pembinaan Karakter, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pendekatan muhasabah dalam konseling individual sebagai upaya mengatasi perilaku menyimpang pada siswa SMA Ta’miriyah Surabaya. Pendekatan muhasabah, yang berakar pada konsep Islam, digunakan untuk membantu siswa merefleksikan tindakan mereka dan membangun kesadaran diri yang lebih baik. Dengan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dan observasi terhadap dua siswa berusia 16 tahun, selama empat bulan. Temuan ini menunjukkan bahwa konseling berbasis muhasabah cukup  efektif dalam untuk menurunkan perilaku menyimpang seperti membolos, merokok, dan bullying, serta meningkatkan aspek spiritualitas, kedisiplinan, dan empati siswa.Dari hasil penelitian juga mengungkapkan tantangan seperti keterbatasan keterbukaan siswa, khususnya yang berasal dari keluarga broken home atau memiliki kecanduan game. Namun, intervensi ini berhasil menciptakan dampak positif pada perilaku dan motivasi siswa melalui proses konseling yang bersahabat dan tidak menghakimi. Temuan ini mendukung pentingnya integrasi muhasabah dalam strategi konseling untuk meningkatkan pembentukan karakter dan perilaku positif di lingkungan sekolah.

References

Abdiyantoro, R., Sari, N., Amrullah, A., & Fakhruddin, F. (2024). Pemahaman Guru pada Konsep Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib dalam Pembelajaran untuk Pembentukan Karakter. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 11–20. https://doi.org/10.31004/ijim.v2i2.74
Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232
Ardimen, A., Zahira, N., Silvianetri, S., & Hidayat, R. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.19105/ec.v4i2.10072
Asmita, W., Yanti, N., Samad, D., Uin, P. B., & Yunus Batusangkar, M. (2022). Konseling dengan Pendekatan Muhasabah sebagai Salah Satu Model Konseling Religius. Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(2), 30–36. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/al-kaaffah
Harmalis, H. (2023). The Effectiveness of Content Mastery Services with a Muhasabah Approach in Reducing Bullying Behavior in Students. PPSDP International Journal of Education, 2(2), 193–202. https://doi.org/10.59175/pijed.v2i2.122
Irsyad, A. L., & Maulana, M. A. (2024). Konseling Realitas Berbasis Muhasabah Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Lansia. 15, 73–82.
J. Fajri, E. yuli, Ardimen, & Silvianteri. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), h 5739.
Listiyandini, R. A., Karimulloh, K., & Kumalasari, D. (2021). Pengembangan Pengenalan Diri dan Karakter bagi Remaja melalui Program SADARI (Sadar dan Kenali Diri). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 634–639. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i4.6350
Mahfudzoh, L., Kuswoyo, N. A., Mahmud, A., Rohtih, W. A., Islam, F. A., Pasuruan, U. Y., Attribution-, C., & License, I. (2024). Copyright : Author Publish by : Tashdiq. 6(2), 0–11.
Muslima, Yuliana Nelisma, & Elviana. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1905–1914. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5337
Rohmani, A. H., & Aini, N. (2024). The Impact of Bullying on Children’s Education and Mental Health at UPT SDN 325 Gresik. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 174–193. https://doi.org/10.33477/alt.v9i1.7328
Shofa, A. F., & Prabawa, A. F. (2024). Kajian literatur: Terapi Istighfar Dalam Konseling Kelompok Behavioral Dapat Mengurangi Perilaku Bullying. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 296–306. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91562
Syafri, I., Qotadah, H. A., & Achmad, A. D. (2020). Muhasabah Diri Sebagai Media Penanggulangan Perilaku Juvenile Delinquency. Khazanah Pendidikan Islam, 2(3), 126–138. https://doi.org/10.15575/kp.v2i3.9983
Tanjung, F., Ellisa, & Alwiansyah, M. (2021). Implementasi Metode Muhasabah Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di Smp It Ibnu Halim Medan. Umsu Repository, 2(1), 1–7.
Zulamri, Z. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Individual Terhadap Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Pekanbaru. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 19. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6526
Konsep Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib dalam Pembelajaran untuk Pembentukan Karakter. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 11–20. https://doi.org/10.31004/ijim.v2i2.74
Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232
Ardimen, A., Zahira, N., Silvianetri, S., & Hidayat, R. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.19105/ec.v4i2.10072
Asmita, W., Yanti, N., Samad, D., Uin, P. B., & Yunus Batusangkar, M. (2022). Konseling dengan Pendekatan Muhasabah sebagai Salah Satu Model Konseling Religius. Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(2), 30–36. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/al-kaaffah
Harmalis, H. (2023). The Effectiveness of Content Mastery Services with a Muhasabah Approach in Reducing Bullying Behavior in Students. PPSDP International Journal of Education, 2(2), 193–202. https://doi.org/10.59175/pijed.v2i2.122
Irsyad, A. L., & Maulana, M. A. (2024). Konseling Realitas Berbasis Muhasabah Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Lansia. 15, 73–82.
J. Fajri, E. yuli, Ardimen, & Silvianteri. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), h 5739.
Listiyandini, R. A., Karimulloh, K., & Kumalasari, D. (2021). Pengembangan Pengenalan Diri dan Karakter bagi Remaja melalui Program SADARI (Sadar dan Kenali Diri). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 634–639. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i4.6350
Mahfudzoh, L., Kuswoyo, N. A., Mahmud, A., Rohtih, W. A., Islam, F. A., Pasuruan, U. Y., Attribution-, C., & License, I. (2024). Copyright : Author Publish by : Tashdiq. 6(2), 0–11.
Muslima, Yuliana Nelisma, & Elviana. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1905–1914. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5337
Rohmani, A. H., & Aini, N. (2024). The Impact of Bullying on Children’s Education and Mental Health at UPT SDN 325 Gresik. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 174–193. https://doi.org/10.33477/alt.v9i1.7328
Shofa, A. F., & Prabawa, A. F. (2024). Kajian literatur: Terapi Istighfar Dalam Konseling Kelompok Behavioral Dapat Mengurangi Perilaku Bullying. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 296–306. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91562
Syafri, I., Qotadah, H. A., & Achmad, A. D. (2020). Muhasabah Diri Sebagai Media Penanggulangan Perilaku Juvenile Delinquency. Khazanah Pendidikan Islam, 2(3), 126–138. https://doi.org/10.15575/kp.v2i3.9983
Tanjung, F., Ellisa, & Alwiansyah, M. (2021). Implementasi Metode Muhasabah Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di Smp It Ibnu Halim Medan. Umsu Repository, 2(1), 1–7.
Zulamri, Z. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Individual Terhadap Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Pekanbaru. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 19. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6526
Published
2024-12-29
How to Cite
Maretta Dwi Kurniasanti. (2024). MUHASABAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG MELALUI PENDEKATAN KONSELING INDIVIDUAL PADA SISWA SMA TA’MIRIYAH SURABAYA. Nathiqiyyah, 7(2), 205 - 216. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v7i2.1344