INTEGRASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN PSIKOLOGIS

  • mirza dwi permana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Islam, Psikologi, Kesejahteraan Mental, Pengembangan Karakter.

Abstract

Penelitian ini mengkaji hubungan antara nilai-nilai agama Islam dengan pengembangan psikologis melalui metode studi literatur. Pendidikan agama Islam memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk karakter, kesejahteraan mental, dan pengendalian diri. Dalam kajian ini, integrasi nilai-nilai agama Islam dianalisis menggunakan konsep-konsep psikologi positif, seperti kesejahteraan emosional dan moralitas. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan psikologis individu, khususnya dalam aspek emosi dan moral. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru dalam psikologi pendidikan yang integratif.

References

Adilla, A. C. (2022). Konsep Sabar Dalam Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Journal Of Islamic Education: The Teacher of Civilization, 3(1), 1–16.
Alansyari, R. (2021). No Title. Pendidikan Karakter Melalui Tasawuf Akhlaki Perspektif Al-Quran.
Barella, Y., Fergina, A., Achruh, A., & Hifza, H. (2023). Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam: Membangun Kesadaran dan Toleransi dalam Keanekaragaman Budaya. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2028–2039. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.476
Dayusman, E. A. (2023). Pola modern organisasi kurikulum Pendidikan Agama Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 115–130. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i2.14793
Dewi, K. S. (2012). Buku ajar kesehatan mental. In UPT UNDIP Press Semarang. http://eprints.undip.ac.id/38840/1/KESEHATAN_MENTAL.pdf
Diana, R. R. (2015). Pengendalian Emosi Menurut Psikologi Islam. Unisia, 37(82), 41–47. https://doi.org/10.20885/unisia.vol.37.iss82.art5
Fitriani, A., Talitha, A. S., Riady, S. A., & Nashori, F. (2024). Tawakal dan Resiliensi Akademik Dalam Setting Blended Learning Pada Mahasiswa Muslim Di Yogyakarta. 8(1), 34–43.
Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature Review is A Part of Research. Sultra Educational Journal, 1(3), 64–71. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.203
Hassan, R. (2011). Identity Construction in Post-Apartheid South Africa: The Case of Muslim Community. 61.
Hilmin, Dwi Noviani, & Eka Yanuarti. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.53649/symfonia.v3i1.34
Ibrahim, Muhammad Buchori, D. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=OCW2EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=metode+penelitian+campuran&ots=XqNXCWppa8&sig=vd-PFXG63FBzf0trpLWt9FGYfbY
Irawan, D. (2022). Pendidikan Agama Islam dalam Menciptakan Kepribadian yang Baik di Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 11(2), 222–231. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v11i2.14664
Istiningtyas, L. (2014). Kepribadian tahan banting (hardiness personality) dalam Psikologi Islam. Jurnal Ilmu Agama UIN Raden Fatah, 14(1), 81–97. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/index%0Ahttp://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/463.
Jalaluddin, A. (2018). Ketenangan Jiwa Menurut Fakhr Al-Dīn Al-Rāzī Dalam Tafsīr Mafātih Al-Ghayb. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 3(1). https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i1.2288
Junaedi Sitika, A., Rezkia Zanianti, M., Nofiarti Putri, M., Raihan, M., Aini, H., Nur Aini, I., & Walady Sobari, K. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Memperkuat Nilai-Nilai Keagamaan. Journal on Education, 6(1), 5899–5909.
Kasmayanti, E. (2023). Membangun Karakter Islami Melalui Muatan Nilai-nilai Moral dalam Pendidikan Agama Islam mentransfer pengetahuan keagamaan. 3. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau%0AMembangun
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Foera-era Lase, J., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z di Era Digital. 132. https://books.google.co.id/books/about/Pendidikan_Karakter_Gen_Z_di_Era_Digital.html?id=seH8EAAAQBAJ&redir_esc=y
Lickona, T. (2001). What is Effective Character Education? Paper Presented at The Stony Brook School Symoposium on Character, 1985, 1–12. https://wicharacter.org/wp-content/uploads/What-is-Effective-Character-Ed-Stonybrook-debate-by-Thomas-Lickona.pdf
Mustaqim, D. Al. (2023). Transformasi Diri: Membangun Keseimbangan Mental dan Spiritual Melalui Proses Islah. Jurnal Kawakib, 4(2), 120–134. https://doi.org/10.24036/kwkib.v4i2.173
Musyafak, N., & Nisa, L. C. (2020). Resiliensi Masyarakat Melawan Radikalisme.
Nisa, U., Mahfuzah, G. S., & Fakhrurrozi, M. (2024). Upaya Peningkatan Well Being dalam Pengasuhan Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Kesadaran Spiritual pada Budaya Masyarakat Religi Banjarmasin. The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education, 4(1), 1–16.
Purnamasari, D. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i1.233
Riftyanti, I. A., Saifullah, I., & Nasrullah, Y. M. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Q . S Yusuf Ayat 90 ( Perspektif Pendidikan Islam ) Character Education Values in Q . S Yusuf Verse 90 ( Islamic Education Perspective ). 3528–3557.
Rosyad, R. (2021). Pengantar Psikologi Agama dalam Konteks Terapi. http://digilib.uinsgd.ac.id/46118/
Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081. https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069
Santoso, S. A. (2020). Pendidikan Agama Islam Berbasis IT. 10(July), 1–23. www.penerbitzahir.com
Seligman. (2002). Authentic happiness. Utilitas, 22(3), 272–284. https://doi.org/10.1017/S0953820810000191
Shofiyyah, N. A., Komarudin, T. S., & Ulum, M. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan: Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Berdaya Saing. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 66–77. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.19383
Sofi, D. N. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Surah Al-Baqarah. 3.
Subahri, B. (2024). Edukasi Dakwah Berbasis Teknologi Perspektif Psikologi Pendidikan Technology-Based Da ’ wah Education as seen in Educational Psychology Perspective. 10(1).
Sulaiman, M., Hamdani, M. D. Al, & Azis, A. (2018). Emotional Spiritual Quotient ( ESQ ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. 6(1).
Sumiasih. (2019). Kajian Literatur Dan Teori Sosial Dalam Penelitian.
Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian Teori Penelitian. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49–58. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1880
Surawan, S., & Mazrur, M. (2020). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN AGAMA: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia. Penerbit K-Media, 236. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2620/1/Psikologi Perkembangan dan Agama.pdf
Syakur, M., & Andry Budianto, A. (2024). Peran Bibliocounseling Dalam Meningkatkan Kedamaian Psikologis. Journal of Counseling and Education, 5, 63–72. https://www.journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/1539%0Ahttps://www.journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/download/1539/1055
Syed Muhammad Naquib al-Attas. (1991). The Concept of Education in Islam.
Zaini, A. (2023). Harmonisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Agama Dalam Membentuk Karakter. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(3), 122–138. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/1250
Published
2024-12-30
How to Cite
mirza dwi permana. (2024). INTEGRASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN PSIKOLOGIS. Nathiqiyyah, 7(2), 217 -228. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v7i2.1264